Herpes genital menular adalah infeksi menular seksual (IMS) yang menunjukkan adanya lepuhan atau luka pada alat kelamin. Ini disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV). HSV tipe 1 lebih umum pada mulut dan HSV tipe 2 pada alat kelamin, akan tetapi ke 2 virus ini dapat menginfeksi mulut dan area genital.

Herpes genital menular adalah penyakit menular seksual (PMS). Ini disebabkan oleh virus. Seseorang yang aktif secara seksual dapat tertular virus ini. Pada kebanyakan orang yang tertular virus tidak pernah mengetahui saat mengidapnya karena tidak mengalami adanya gejala. Maka tidak pernah mendapatkan luka yang menyakitkan.

Herpes Genital Adalah

Herpes genital dapat muncul di berbagai bagian tubuh dan paling sering pada alat kelamin atau mulut. Ada 2 jenis Herpes Simpleks Virus (HSV).
 
• HSV-1
Menyebabkan herpes oral dan umumnya luka dan lepuhan demam di sekitar mulut dan wajah.
 
• HSV-2
Menyebabkan herpes genital dan umumnya berjangkitnya herpes genital.

Apa Yang Menjadi Penyebab Herpes Genital Menular?


Herpes Simpleks Virus (HSV) adalah virus menular yang dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung. Anak-anak sering terkena HSV-1 dari kontak awal dengan orang dewasa yang terinfeksi. Virus kemudian menyebar atau menular selama hidupnya.

• Penularan HSV-1
 Makan dari peralatan makan yang sama.
 Berbagi lip balm.
 Ciuman.

Virus menyebar atau menular lebih cepat ketika orang yang terinfeksi mengalami gejala. Seseorang dengan usia 49 tahun atau dibawah itu kemungkinan tidak pernah mengalami adanya gejala. Kemungkina juga untuk tertular herper genital menular dari HSV-1 jika seseorang melakukan seks oral dengan seseorang yang memiliki luka.

• Penularan HSV-2
HSV-2 menular melalui bentuk kontak seksual dengan seseorang yang menderita HSV-2. Dan sebagian orang yang aktif secara skeusal terinfeksi HSV-2. Pada kebanyakan orang mendapatkan HSV-1 dari orang yang terinfeksi yang tidak menunjukkan gejala atau tidak memiliki luka.

Baca Juga : Atasi Bakteri Herpes Genital Sejak Awal

 

Beberapa Tanda Dan Gejala Mengenai Herpes Genital

Ketika pertama kali terinfeksi, kemungkinan tidak mendapatkan luka. Pada kebanyakan orang dengan herpes genital menular tidak mengetahui saat mengalaminya karena tidak memiliki gejala. Untuk yang pertama kali mengalami luka dan biasanya adalah gejala yang paling buruk. Secara umum kemungkinan merasa tidak sehat seperti terserang flu dan kemudian lepuhan kecil muncul.
 
Saat lepuhan itu pecah dan menjadi luka kemudian berbentuk keropeng dan akhirnya kulit sembuh setelah 1 minggu hingga 2 minggu. Pada wanita, lepuhan dapat muncul di sekitar vagina, uretra, serviks (leher rahim) atau antara vagina dan anus atau disekitar anus. Pada pria, lepuhan dapat muncul pada penis dan kulup dan terkadang didalam uretra, pada skrotum atau di area antara penis dan anus atau disekitar anus. Maka akan sangat menyakitkan untuk kencing jika urine mengalir diatas luka.
 
Herpes genital menular dapat muncul di bokong, punggung bagian bawah dan area lain dibawah pinggang, serta tangan, payudara, punggung, dari dan dimana saja yang menyentuh area yang terinfeksi. Pada kebanyakan kasus herpes genital menular tidak muncul sebagai lepuhan. Namun dapat muncul sebagai area kecil ruam, kulit pecah-pecah atau kondisi kulit lainnya pada alat kelamin. Meskipun luka herpes sembuh, virus akan tetap berada di dalam tubuh dan dapat memiliki lebih banyak gejala yang disebut gejala berulang.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Herpes Genital Menular?


Jenis virus ini umumnya didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Dokter kemungkinan melakukan pemeirksaan luka di tubuh dan menanyakan mengenai beberapa gejala. Dokter juga dapat merekomendasikan tes atau pengujian. HSV ini harus didiagnosis jika memiliki luka pada alat kelamin. Selama tes atau pengujian dokter akan mengambil sampel cairan dari luka dan kemudian dilakukan analisis di laboratorium untuk infeksi ini. Pengambilan sampel ini sangat membantu ketika tidak adanya luka.

Obati Penyakit Herpes Genital Menular Dengan Cepat


Dokter meresepkan pengpbatan antivirus. Pengobatan ini dapat meringankan rasa sakit dan keparahan luka terutama jika sampel diambil dalam waktu 2 hari dari gejala lepuhan tersebut. Jika memiliki banyak gejala, maka harus melakukan pengobatan secara rutin. Pengobatan antivirus tidak dapat menyembuhkan atau menghentikan penyakit herpes.

Namun, pengobatan ini dapat mengurangi gejala dan menurunkan risiko penularan pada orang lain ketika tidak adanya gejala apapun. Tidak ada pengobatan untuk virus ini. Pengobatan berfokus untuk menghilangkan luka dan membatasi gejala. Pengobatan ini dapat membantu seseorang yang terinfeksi virus mengurangi risiko penularan pada orang lain.

Pengobatan ini juga membantu menurunkan intensitas dan frekuensi gejala. Untuk info pengobatan yang tepat segera hubungi Klinik Utama Gracia. Jangan khawatir untuk biaya pengobatannya sangat terjangkau. Anda bisa mengkonsultasikannya melalui layanan dibawah ini. Atau dengan menghubungi kontak 081336361555 .

Baca Juga : Kenali Penyakit Herpes Genital Pria Sejak Dini

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.