Apa penyakit sipilis itu? Penyakit sipilis adalah infeksi bakteri yang biasanya ditularkan melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Sangat penting untuk melakukan tes atau pengujian dan pengobatan sesegera mungkin jika kemungkinan menderita penyakit sipilis, karena dapat menyebabkan masalah serius jika dibiarkan dan tidak segera diobati. Biasanya dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik singkat.

Apa Penyakit Sipilis Itu?

Apa penyakit sipilis itu? Penyakit sipilis adalah penyakit kelamin atau penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang pada tubuh ketika tidak segera diobati. Apa penyakit sipilis itu? Penyakit sipilis disebabkan oleh kontak seksual dengan penis, vagina, mulut atau anus dari seseorang yang memilikinya atau yang terinfeksi. Pengobatan antibiotik dapat menyembuhkan penyakit sipilis akan tetapi bukan kerusakan yang disebabkan oleh infeksi.

Apa Penyebab Utama Penyakit Sipilis?


Apa penyakit sipilis itu? Bakteri Treponema Pallidum adalah yang menyebabkan penyakit sipilis. Ini dapat masuk melalui luka yang terinfeksi secara normal selama hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral atau dengan berbagi mainan seks dengan seseorang yang terinfeksi. Selain itu, ibu hamil yang terinfeksi dapat menularkan kondisinya ke bayi yang belum lahir.

Ini dapat menyebabkan kelainan bawaan pada bayi atau bahkan lahir mati. Penyakit sipilis juga dapat menular dengan berbagi jarum dengan seseorang yang terinfeksi atau yang menerima transfusi darah dan terinfeksi. Cara penularan terakhir ini sangat jarang sekali terjadi karena semua transfusi darah diuji untuk penyakit sipilis. Penyakit sipilis tidak dapat menyebar atau menular dengan berbagi kursi toilet, pakaian, peralatan makan atau kamar mandi dengan seseorang yang terinfeksi karena bakteri ini tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia.

Baca Juga : Apa Itu Sipilis Pada Umumnya?

 

Gejala Penyakit Sipilis Dapat Meliputi:

Apa penyakit sipilis itu? Penyakit ini memiliki 3 tahap yang berbeda. Gejalanya bervariasi sesuai dengan tahapan penyakit, seperti:
 
• Tahap Primer
Tahap primer ini muncul sebagai penyakit namun tanpa rasa sakit akan tetapi sangat menular pada alat kelamin atau terkadang di sekitar mulut. Luka berlangsung 2 minggu hingga 6 minggu sebelum menghilang.
 
• Tahap Sekunder
Tahap sekunder dengan adanya gejala lain seperti ruam kulit dan sakit tenggorokan. Ini juga dapat hilang dalam beberapa minggu. Infeksi kemudian masuk ke tahap laten atau tahap tersier tanpa adanya gejala yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Penyakit sipilis dapat berkembang ke tahap tersier.
 
• Tahap Tersier
Tahap tersier ini adalah tahap paling berbahaya. Sebagian dari orang yang tidak melakukan pengobatan karena gejala penyakit ini akan mengembangkan tahap tersier yang dapat merusak otak, mata dan tubuh dengan parah.

Bagaimana Penyakit Sipilis Didiagnosis?


Sebagian orang yang menderita penyakit sipilis dengan perilaku seksual yang berisiko tinggi dapat menjalani tes atau pengujian di Klinik Utama gracia. Semakin dini penyakit sipilis diobati, maka semakin kecil kemungkinan adanya komplikasi yang serius. Penyakit sipilis ini jangan pernah diabaikan. Karena bisa sangat berdampak fatal untuk kesehatan organ tubuh yang lainnya.

Penanganan Aman Untuk Penyakit Sipilis


Jika didiagnosis lebih awal, pengobatan dan penyembuhan mudah dilakukan dengan pengobatan antibiotik dan biasanya dengan pengobatan intravena. Namun jika tidak segera diobati, penyakit sipilis dapat berkembang menjadi bentuk penyakit yang lebih berbahaya. Selain itu, seseorang yang menderita penyakit sipilis selama 3 kali hingga 5 kali maka lebih mungkin dapat tertular infeksi HIV.

Ini dikarenakan adanya luka genital yang disebabkan oleh penyakit sipilis dan dapat berdarah dengan mudah memungkinkan masuknya HIV dalam darah selama aktifitas seksual. Salah satu cara untuk mencegah infeksi penyakit sipilis adalah dengan menghindari hubungan seksual tanpa kondom dan melakukan tindakan seks yang aman. Segera menghubungi kami Klinik Utama Gracia di 081336361555 atau konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Beginilah Cara Penyembuhan Sipilis Pada Pria Yang Benar

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.