Sipilis adalah IMS yang dapat disembuhkan dengan cara penyembuhan sipilis pada pria yang disebabkan oleh bakteri. Tanda dan gejala sipilis mirip dengan penyakit lainnya. Sipilis tahap awal dan tahap kedua sangat tinggi terjadi pada pria usia 35 tahun hingga 29 tahun. Jika tidak segera mendapatkan pengobatan dengan dokter, penyakitnya bisa memburuk seiring waktu dan dapat menyebabkan amsalah kesehatan yang serius.

Arti Sipilis Pada Pria Secara Umum

Infeksi ini dapat aktif sewaktu-waktu dan dapat tidak aktif di waktu lain. Ketika infeksinya aktif memiliki gejala. Ketika infeksinya tidak aktif tidak memiliki gejala, meskipun masih memiliki sipilis. Akan ettapi ketika tidak adanya gejala, namun masih dapat menularkan sipilis ke orang lain. Tidak harus dari hubungan seksual untuk tertular sipilis. Dengan berhubungan dekat dengan alat kelamin, mulut atau dubur seseorang yang terinfeksi sudah cukup dapat membuat terpapar infeksi.

Penyebab Sipilis Yang Mempengaruhinya


Sipilis ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan rasa sakit sipilis. Luka terjadi terutama pada alat kelamin luar seperti anus dan rektum. Luka juga bisa terjadi di bibir dan di mulut. Sipilis tidak dapat disebarkan atau ditularkan melalui kontak kursi toilet, gagang pintu, kolam renang, bathub, pakaian bersama atau peralatan makan lainnya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengetahui Penularan Penyakit Sipilis?

 

Tanda Dan Gejala Sipilis Pada Pria

Tanda dan gejala sipilis pada pria menurut tahapan infeksinya meliputi:
 
• Tahap Primer
Tahap primer ditandai dengan munculnya rasa sakit tunggal (chancre), akan tetapi kemungkinan adanya beberapa luka. Antara infeksi sipilis yang muncul dari gejala utama sekitar 21 hari. Chancre biasanya berbentuk bulat, kecil dan tidak menyakitkan. Muncul di area dimana sipilis memasuki tubuh. Chancre berlangsung dari 3 minggu hingga 6 minggu dan sembuh dengan sendirinya akan tetapi jika pengobatan tidak diberikan infeksinya dapat brelanjut ke tahap sekunder.
 
• Tahap Sekunder
Ruam kulit dan luka yang terjadi selama tahap sekunder. Tahap ini baisanya muncul dengan perkembangan ruam pada 1 area atau lebih di tubuh. Ruam biasanya tidak menyebabkan rasa gatal. Ruam yang berhubungan dengan sipilis tahap sekunder dapat muncul saat chancre sembuh atau beberapa minggu setelah chancre sembuh.
 
Ruam khas sipilis tahap sekunder dapat muncul sebagai bintik-bintik yang kasar, berwarna merah atau cokelat kemerahan pada telapak tangan dan bagian bawah kaki. Namun ruam dengan penampilan yang berbeda dapat terjadi pada bagian tubuh yang lain terkadang menyerupai ruam yang disebabkan oleh penyakit lain. Terkadang ruam ini samar-samar sehingga tidak diketahui. Gejala ini kemungkinan termasuk demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok, sakit kepala, penurunan berat badan, nyeri otot dan kelelahan.
 
• Tahap Laten Dan Tahap Tersier
Tahap laten sipilis muncul ketika gejala tahap primer dan tahap sekunder hilang. Tanpa adanya pengobatan, orang yang terinfeksi akan terus menderita sipilis walaupun tidak adanya tanda dan gejala. Tahap laten ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Tahap tersier dapat berkembang pada sebagian orang yang belum diobati dan dapat muncul setelah 10 tahun hingga 20 tahun setelah infeksi saat pertama kali didapat.
 
Pada tahap tersier, penyakit ini selanjutnya dapat merusak organ dalam termasuk otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan persendian. Gejala tahap tersier termasuk kesulitan mengkoordinasikan gerakan otot, kelumpuhan, mati rasa, kebutaan bertahap dan demensia. Kerusakan ini dapat menyebabkan kematian.

Sipilis Dan Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?


Sipilis dapat diidentifikasi dengan melakukan pemeriksaan chancre dengan menggunakan mikroskop khusus. Tes atau pengujian darah juga dapat menentukan infeksi. Jika memiliki luka, benjolan, ruam atau kutil di sekitar area genital atau anal atau jika terkena IMS maka segera konsultasikan dengan dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan akan menanyakan mengenai gejala dan riwayat seksual. Kemungkinan harus melakukan tes atau pengujian darah untuk memeriksa infeksi. Karena luka terbuka akibat sipilis membuat infeksi HIV lebih mungkin terjadi dan kemungkinan juga di tes untuk HIV.

Penanganan Dan Penyembuhan Sipilis Pada Pria


Sipilis mudah disembuhkan pada tahap awal. 1 dosis pengobatan untuk penyembuhan sipilis pada pria yang menderita sipilis kurang dari 1 tahun. 1 dosis tambahan diperlukan untuk mengobati dan penyembuhan sipilis pada pria yang menderita sipilis lebih dari 1 tahun. Untuk orang yang memiliki alergi terhadap pengobatan, bisa direkomendasikan dengan pengobatan antibiotik lain untuk penyembuhan sipilis pada pria.

Pengobatan dan penyembuhan sipilis pada pria akan membutuh bakteri sipilis dan mencegah kerusakan lebih lanjut akan tetapi tidak akan memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi. Karena pengobatan dan penyembuhan sipilis pada pria yang efektif tersedia, maka sangat penting semua orang untuk diskrining sipilis secara terus menerus jika perilaku seksual membuat berisiko terkena PMS.

Orang yang menerima pengobatan atau penyembuhan sipilis pada pria harus menjauhkan diri dari kontak seksual dengan pasangan baru sampai luka sipilis benar-benar sembuh dan dinyatakan sembuh oleh dokter. Seseorang dengan sipilis, pasangan seksualnya juga harus melakukan tes atau pengujain serta pengobatan. Pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Kontak pengobatan ada di 081336361555 atau seperti dibawah ini.

Baca Juga : Kenali Ciri Ciri Terkena Penyakit Sipilis Sejak Awal

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.