Kenali penularan penyakit sipilis sejak dini. Penyakit sipilis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Seseorang dapat menderita penyakit sipilis lebih dari 1 kali dalam hidupnya. Oleh karena itu pengobatannya bisa dilakukan oleh dokter yang sudah berpengalaman di dalam bidangnya serta terpercaya dalam hal menangani penyakit tersebut.

Pengertian Penyakit Sipilis Adalah

Penyakit sipilis adalah penyakit kelamin menular yang menular dan disebabkan oleh mikroba. Ini adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang kurang umum. Infeksi ini hampir menghilang selama bertahun-tahun akan terapi dilihat dari peningkatan kasus terutama di kalangan pria gay dan biseksual sangat meningkat.

Apa Yang Menjadi Penyebab Penularan Penyakit Sipilis?


Penyakit sipilis disebabkan oleh suatu bakteri Spirochete Treponema Pallidum. Spirochete berbentuk bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui mukosa dengan kontak seksual. Transmisi nya dengan transfusi darah. Akan tetapi Spirochete mati dalam waktu 24 jam. Treponema Pallidum mudah dibunuh oleh panas dan pengeringan.

Baca Juga : Kenali Ciri Ciri Terkena Penyakit Sipilis Sejak Awal

 

Apa Saja Tanda Dan Gejala Penyakit Sipilis?

Masa inkubasi (waktu antara kontak dan muncul gejala pertama) agak bervariasi antara 10 hari hingga 90 hari. Gejala penyakit sipilis dapat dilalui tanpa sadar atau terkadang tidak adanya gejala awal sama sekali. Ketika adanya gejala, dapat melalui beberapa tahap, seperti:
 
• Tahap Primer
Antara 3 minggu hingga 4 minggu setelah kontak seksual dengan pasangan seksual yang terinfeksi dan menular, chancre (ulkus kulit dan peradangan berdiameter) dapat muncul di area masuknya mikroba. Chancre biasanya menimbulkan rasa sakit (berbeda dengan herpes genital yang menyebabkan bisul yang menyakitkan).
 
Kemungkinan berhubungan dengan pembengkakan kelenjar getah bening (benjolan kecil tanpa rasa sakit yang merupakan pusat aktifitas sistem kekebalan) di area inguinalis (selangkangan). Ini adalah kontak dengan chancre penyakit sipilis sehingga infeksi ditularkan. Chancre awal ini secara rutin menyembuhkan secara spontan dalam waktu 3 minggu hingga 8 minggu.
 
• Tahap Sekunder
Jika penyakit sipilis dibiarkan dan tidak diobati, infeksi akan berevolusi, beberapa minggu setelah tahap primer, dengan erupsi kulit dan selaput lendir (luka yang memerah), demam, kelelahan, sakit kepala dan nyeri otot. Jika tidak segera diobati, gejala ini akan sembuh dengan sendirinya akan tetapi mikroba infeksius tetap ada. Pada kondisi ini penyakit sipilis memasuki tahap laten. Yang berlangsung selama bertahun-tahun dan kemungkinan infeksi ini berevolusi tanpa adanya gejala ekternal yang jelas. Tes atau pengujian darah untuk mendeteksi keberadaan penyakit sipilis.
 
• Tahap Tersier
Setelah bertahun-tahun, bahkan selama 10 tahun hingga 30 tahun, penyakit sipilis dapat berkembang ke titik dimana dapat mengakibatkan komplikasi sistem organ yang serius termasuk kulit, tulang dan sistem saraf vital atau sistem kardiovaskular.

Inilah Cara Mendiagnosis Penularan Penyakit Sipilis Secara Umum


Secara umum, penyakit sipilis adalah penyakit yang mudah didiagnosis. Ketika chancre muncul pada tahap awal, evaluasi mikroskopis sekresi yang diseka dari permukaan luka akan memungkinkan dokter untuk mengamai keberadaan mikroba Treponama Pallidum. Pada tahap yang lebih lanjut dan selama tahap laten, tes atau pengujian darah sederhana akan memungkinkan infeksi. Terkadang tes atau pengujian darah memungkinan sulit untuk diketahui dan tes atau pengujian darah tambahan akan dilakukan jika diperlukan.

Penanganan Untuk Penyakit Sipilis Yang Parah


Penyakit sipilis merespon dengan sangat baik pengobatan. Dosis pengobatan yang diresepkan akan tergantung pada tahapan infeksi. Dokter akan menentukan jumlah dan masa pengobatan. Jika alergi terhadap pengobatan, ada beberapa pengobatan antibiotik lain yang tersedia yang sama efektifnya. Setelah melakukan pengobatan, tes atau pengujian darah berkala (setiap 6 bulan) selama 2 tahun dilakukan untuk penyembuhan dan untuk mencegah penularan penyakit sipilis.

Pengobatan untuk mencegah penularan penyakit sipilis ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Pengobatan yang dilakukan sangat aman dan terpercaya. Ditangani langsung oleh para dokter ahli yang sudah berpengalaman di dalam bidangnya. Pengobatan untuk mencegah penularan penyakit sipilis ini biayanya sangat terjangkau. Hubungi kontak kami di 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Ketahui, Apa Penyebab Penyakit Sipilis Yang Dapat Menular?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.