Penyakit sipilis adalah IMS yang disebabkan oleh bakteri, dan ketika tidak segera diobati infeksi penyakit sipilis bermanifestasi dalam 3 tahaoan klinis yang berbeda seperti ciri ciri terkena penyakit sipilis pada umumnya. Ciri ciri terkena penyakit sipilis dapat melibatkan hampir semua sistem organ. Pengobatan sejak dini adalah salah satu pengobatan untuk mencegah perkembangan penyakit dan komplikasi yang tidak dapat disembuhkan.

Penyakit Sipilis Adalah

Ciri ciri terkena penyakit sipilis adalah PMS dimana seseorang tidak mengetahuinya. Penyakit sipilis disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini dapat terjadi melalui transfusi darah melalui luka terbuka atau membran mukosa selama hubungan seksual. Penyakit sipilis juga dapat ditularkan dari ibu ke anak melalui plasenta selama kehamilan yang mengarah ke kasus bawaan penyakit sipilis.
 
Ciri ciri terkena penyakit sipilis memiliki beberapa tahap dengan gejala khas dimana penularan terbesar terjadi pada 2 tahap pertama. Penyakit sipilis awal ditandai oleh ulkus yang tidak nyeri dan baisanya di lokasi infeksi dan pembengkakan kelenjar getah bening. Penyakit sipilis tahap kedua biasanya terjadi ketika penderitanya terinfeksi karena luka yang menyakitkan serta ruam pada tangan dan kaki yang muncul.
 
Ini adalah tahap ketika transmisi ke janin dapat terjadi. Penyakit sipilis lanjut tidak memiliki gejala lebih lanjut dibandingkan dengan tahapan sebelumnya. Sebagian kecil mengalami gumma yang terdapat di organ-organ penting seperti jantung dan hati. Pada kebanyakan orang meninggal karena komplikasi kardiovaskular dan neurologis.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Sipilis?


Bakteri Spirochete Treponema Pallidum yang menyebabkan penyakit sipilis biasanya memasuki tubuh melalui jaringan yang melapisi tenggorokan, hidung, dubur dan vagina. Bakteri penyakit sipilis juga dapat ditularkan melalui kontak dengan penis atau vulva. Seseorang dengan penyakit sipilis yang memiliki luka atau ruam dapat menularkan infeksinya pada orang lain. Beberapa hal yang dapat meningkatkan peluang terkena penyakit sipilis termasuk:

• Berhubungan seksual tanpa kondom (seperti tidak menggunakan kondom atau tidak menggunakan kondom dengan benar) risiko ini sangat tinggi pada pria yang berhubungan sekusal dengan pria lagi.
• Memiliki lebih dari 1 pasangan seksual dan tinggal di wilayah dimana penyakit sipilis sangat umum terjadi.
• Memiliki pasangan seksual yang menderita penyakit sipilis.
• Berhubungan seksual dengan pasangan yang memiliki banyak pasangan seksual.
• Mengidap HIV.

Baca Juga : Ketahui, Apa Penyebab Penyakit Sipilis Yang Dapat Menular?

 

Inilah Ciri Ciri Terkena Penyakit Sipilis

Ciri Ciri terkena penyakit sipilis yang pertama pada wanita adalah adanya chancre atau sakit tanpa rasa sakit. Muncul dimana saja dari 10 hari hingga 90 hari setelah terpapar bakteri. Luka biasanya ditemukan pada bagian tubuh yang terpapar pada ulkus pasangan seksual seperti vulva atau vagina akan tetapi dapat juga berkembang pada serviks (leher rahim), lidah atau bibir.
 
Dan sering kali pada tahap awal ini tidak diperhatikan dan lukanya akan hilang. Sebagian dari infeksi kemudian akan pindah ke tahap kedua dan sering ditandai dengan ruam kulit yang berwarna merah yang biasanya ditangan atau di kaki. Ciri ciri terkena penyakit sipilis lain seperti demam ringan, sakit kepala, sakit tenggorokan, rambut rontok dan kelenjar getah bening yang membengkak dapat terjadi.
 
Luka akan muncul ketika bakteri pertama kali memasuki tubuh dan bisanya dari 3 minggu hingga 90 hari setelah infeksi. Selama tahap ini, pria yang menderita penyakit sipilis sangat menular. Luka akan muncul dimana saja di area genital pada penis dan seringkali tidak menyakitkan. Luka akan berlangsung hingga 40 hari dan dapat sembuh dengan sendirinya. Saat penyakit ini berkembang, ruam berwarna cokelat kemerahan akan muncul di tubuh yang kemungkinan menjadi berisi nanah. Ciri ciri terkena penyakit sipilis yang lain termasuk demam, sakit tenggorokan, kelalhan atau penurunan berat badan.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Sipilis?


Penyakit sipilis yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum ini untuk mengidentifikasi parasit nya membutuhkan waktu, seperti tes atau pengujian antibodi langsung. Tes atau pengujian serologis lebih lanjut seperti tes atau pengujian imun juga digunakan untuk mendeteksi keberadaan bakteri Treponema Pallidum ini.

Inilah Pengobatan Khusus Untuk Penyakit Sipilis


Penyakit sipilis dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Anda dan pasangan seksual Anda yang kemungkinan terpapar infeksi harus segera dilakukan pengobatan. Sangat penting untuk mengetahui bahwa penyakit sipilis bukanlah infeksi yang dapat diobati sendiri. Harus diobati dengan pengobatan yang diberiksan dengan resep dokter.

Dengan pengobatan, untuk menghindari masalah kesehatan yang serius lainnya. Pengobatan agar penyakitnya tidak menyebar atau menular pada orang lain. Pada wanita hamil yang memiliki penyakit sipilis yang tidak diobati dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran mati yang juga dapat menyebabkan bayi terlahir dengan infeksi atau disebut penyakit sipilis bawaan.

Pada setiap tahap infeksi, pengobatan antibiotik bekerja dengan baik untuk menyembuhkan penyakit sipilis. Akan tetapi pengobatan dapat membantu menghindari masalah lebih lanjut dari infeksi. Lakukan pengobatan ini di Klinik Utama Gracia. Pengobatan ini bisa dilakukan dengan menghubungi nomor 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Inilah Akibat Penyakit Sipilis Tanpa Pengobatan

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.