Apa penyebab penyakit sipilis secara umum? Penyakit sipilis adalah IMS yang disebabkan oleh bakteri. Jika tidak segera diobati oleh dokter, penyakitnya bisa memburuk seiring waktu dan apa penyebab penyakit sipilis yang sebenarnya? Penyakit ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Infeksinya dapat aktif sewaktu-waktu dan dapat tidak aktif di waktu lain. Ketika infeksinya aktif kemungkinan memliki gejala.

Dan ketika infeksinya tidak aktif, tidak adanya gejala meskipun masih terinfeksi penyakit sipilis. Akan tetapi ketika tidak memiliki gejala masih dapat menularkan infeksinya ke orang lain. Tidak harus dari berhubungan seksual untuk tertular penyakit sipilis. Hanya dengan berhubungan dekat dengan alat kelamin, mulut atau dubur seseorang yang terinefksi sudah cukup untuk membuat terpapar infeksi.

Apa Pengertian Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis adalah PMS dengan gejala pertama biasanya berupa luka kecil tanpa rasa sakit (chancre) pada kulit, penis, vagina, anus atau mulut. Apa penyebab sipilis pada umumnya? Penyakit sipilis tersebar dengan seks vagina, seks anal atau seks oral dengan seseorang yang memiliki chancre.
 
Penularan tidak bisa terjadi dengan berbagi toilet atau kolam renang dengan orang yang terinfeksi. Atau dengan menyentuh barang yang sudah disentuh oleh orang yang terinfeksi. Apa penyebab penyakit sipilis secara umum? Bakteri yang menyebabkan penyakit sipilis memasuki tubuh melalui kulit atau melalui selaput lendir.

Apa Penyebab Penyakit Sipilis Secara Umum?


Apa penyebab penyakit sipilis pada umumnya? bakteri yang menyebabkan penyakit sipilis biasanya memasuki tubuh melalui jaringan yang melapisi tenggorokan, hidung, dubur dan vagina. Apa penyebab penyakit sipilis? bakteri penyakit sipilis juga dapat ditularkan melalui kontak dengan penis atau vulva. Seseorang dengan penyakit sipilis yang memiliki luka atau ruam dapat menularkan infeksinya pada orang lain. Wanita hamil yang terinfeksi juga dapat menularkan penyakit sipilis ke bayinya. Beberapa hal yang dapat meningkatkan peluang terkena penyakit sipilis kemungkinan termasuk:

• Berhubungan seksual tanpa kondom (seperti tidak menggunakan kondom atau tidak menggunakannya dengan benar). Risiko ini tinggi diantara pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi.
• Memiliki lebih dari 1 pasangan seksual dan tinggal di area dimana penyakit sipilis sangat umum terjadi.
• Mengidap HIV.

Baca Juga : Inilah Akibat Penyakit Sipilis Tanpa Pengobatan

 

Apa Saja Gejala Penyakit Sipilis?

Orang dengan penyakit sipilis seringkali tidak menyadari bahwa memiliki gejala infeksi. Seseorang dapat terinfeksi tanpa menyadarinya. Jika tidak segera diobati, penyakit sipilis berkembang dalam beberapa tahap dan gejalanya bervariasi meliputi:
 
• Tahap Primer
Salah satu gejala adanya luka yang kemungkinan muncul pada alat kealmin (penis, skrotum, vulva dan vagina), disekitar anus, didalam atau disekitar mulut dan tenggorokan. Luka ini tidak sakit dan dapat muncul hingga 3 bulan setelah penularan bakteri. Luka muncul dan hilang tanpa pengobatan setelah 3 minggu hingga 6 minggu. Namun bakteri tetap berada di tubuh seseorang. Infeksi dapat terus menyebar atau menular dan dapat menyebabkan komplikasi.
 
• Tahap Sekunder
Gejala tahap ini muncul selama 6 bulan setelah penularan bakteri. Kemungkinan gejalanya termasuk gejala yang mirip dengan flu, demam, sakit kepala, kelelahan, nyeri otot, kelenjar bengkak di berbagai bagian tubuh, ruam di telapak tangan dan ditelapak kaki atau di area tubuh yang lainnya. Apa penyebab penyakit sipilis? bakteri penyebab sipilis ini tetap berada di tubuh seseorang. Infeksi dapat terus menyebar atau menular dan menyebabkan komplikasi.
 
• Tahap Laten
Seseorang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala pada tahap ini. Apa penyebab penyakit sipilis? bakteri penyebab penyakit sipilis ini masih berada di dalam tubuh. Tahap ini bisa berlangsung beberapa tahun.
 
• Tahap Tersier
Selama tahap ini, infeksinya tidak lagi menular akan tetapi orang yang terinfeksi dapat mengembangkan masalah kesehatan yang serius seperti kerusakan di hati, otak dan tulang. Masalah-masalah ini dapat terjadi 5 tahun hingga 30 tahun setelah infeksi.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Sipilis?


Seseorang yang melakukan hubungan seksual tanpa kondom harus mengkonsultasikannya dengan dokter untuk mengetahui tes atau pengujian yang tepat untuk kondisi itu. Seseorang dengan penyakit sipilis dapat menghindari penularan pada orang lain dan mencegah komplikasi. Tes atau pengujian darah dapat mendeteksi jika menderita penyakit sipilis.

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Sipilis?


Penyakit sipilis diobati dengan pengobatan. Ketika infeksinya berada pada tahap primer atau tahap sekunder, pengobatan dapat menyembuhkan sepenuhnya. Namun kerusakan yang disebabkan oleh penyakit sipilis pada tahap tersier dapat bersifat permanen. Orang yang terinfeksi harus segera melakukan pengobatan untuk menghindari komplikasi.

Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar menerima resep yang sesuai dan pengobatan dapat tepat dilakukan. Pengobatan penyakit sipilis ini bisa didapatkan di Klinik Utama Gracia. Pengobatan ini sangat terjangkau oleh karena itu jangan tunggu lama-lama untuk menghubungi kami di 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Salah Satu Ciri Sipilis Pada Pria Pada Umumnya

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.