Dampak kutil kelamin pada wanita disebabkan oleh virus. Virus ini menyerang kulit pada vagina dan kulit pada anus. Virus ini dapat menyebabkan kutil seperti yang tumbuh di bagian tubuh lainnya. Kutil kelamin sangat umum. Kebanyakan orang terinfeksi virus ini, namun virus ini berbeda dari yang menyebabkan kanker.

Arti Dari Kutil Kelamin

Dampak kutil kelamin pada wanita adalah pertumbuhan yang berwarna seperti daging atau berwarna abu-abu yang ditemukan di area genital dan area anal pada wanita. Kutil kelamin terkadang disebut sebagai Condyloma Acuminata. Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum yang disebabkan oleh virus. Kutil kelamin mempengaruhi wanita dan dapat terjadi pada usia berapapun. Sebagian orang dengan kutil kelamin akan menderita penyakit menular seksual (PMS) lainnya.

Penyebab Yang Berpengaruh Pada Kutil Kelamin


Dampak kutil kelamin pada wanita disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Dan lebih dari 100 jenis HPV telah diidentifikasi sekitar ada 40 jenis berpotensi menginfeksi area genital. Sebagian besar kutil kelamin disebabkan oleh 2 jenis virus yaitu tipe 6 dan tipe 11. Dan jenis HPV ini dianggap berisiko rendah yang berarti memiliki potensi penyebab kanker yang rendah.

Jenis HPV lainnya diketahui sebagai penyebab perubahan kanker serviks (leher rahim) pada wanita. HPV tipe 16 adalah salah satu tipe yang berisiko tinggi dan penyebab kanker serviks (leher rahim). HPV tipe 18, 33, 35, 39, 45, 51, 52, 56, 58, 59 dan 68 adalah jenis virus berisiko tinggi lainnya. Kutil biasa tidak sama dengan kutil kelamin dan disebabkan oleh berbagai jenis HPV yang menginfeksi kulit.

Virus mampu menembus kulit dan permukaan mukosa melalui abrasi mikroskopis di area genital yang terjadi selama aktifitas seksual. Setelah sel diserang oleh HPV, tahap laten terjadi dimana tidak adanya gejala infeksi. Secara umum sebagian orang yang melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang memiliki kutil kelamin maka dapat terpapar dalam 3 bulan. Kutil kelamin secara tidak langsung terkait dengan penggunaan kelahiran serta peningkatan kontak seksual tanpa menggunakan kondom dan banyaknya pasangan seksual atau berhubungan seksual pada usia dini.

Baca Juga : Kutil Di Kelamin Apakah Berbahaya Jika Tidak Segera Diobati?

 

Gejala Dan Dampak Kutil Kelamin Pada Wanita

Meskipun dampak kutil kelamin pada wanita tidak menimbulkan rasa sakit, kemungkinan karena lokasinya, ukurannya dan karena rasa gatal. Ukurannya bisa berkisar kurang dari 1 milimeter sampai beberapa sentimeter ketika banyaknya kutil yang berkelompok. Wanita dengan kutil kelamin sering mengeluh adanya benjolan, terasa gatal dan keputihan yang tidak menyakitkan. Perdarahan sangat jarang terjadi dan obstruksi urine kemungkinan merupakan masalah awal ketika kutil berada di uretra. Kutil berada di salah 1 area dan kemungkinan memiliki riwayat penyakit menular seksual (PMS) sebelumnya atau terjadi secara bersamaan.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Kutil Kelamin Pada Wanita?


Diagnosis sering didasarkan pada riwayat dan penampilan kutil kelamin. Terkadang lukanya hanya terlihat dengan menggunakan:

• Pembesaran area (kolposkopi) untuk melihat luka, pada wanita Colposcope dapat digunakan untuk mencari luka di saluran vagina dan di serviks (leher rahim).
• Pap smear secara rutin harus selalau dilakukan untuk mencari adanya infeksi HPV dan sel-sel abnormal (tidak normal) pada serviks (leher rahim).
• Biopsi dapat dilakukan jika lukanya tampak tidak biasa atau kambuh setelah pengobatan.
• Tes atau pengujian laboratorium khusus juga dapat digunakan untuk mengkonfirmasi keberadaan infeksi HPV.

Inilah Pengobatan Ampuh Untuk Menangani Kutil Kelamin Pada Wanita


Tidak ada pengobatan yang efektif untuk dampak kutil kelamin pada wanita. Sejumlah pengobatan tersedia di Klinik Utama Gracia. Tidak ada pengobatan yang efektif dalam menghilangkan kutil dan mencegahnya kambuh pada semua penderitanya. Pengobatannya bisa meliputi:

• Cryotherapy
Membekukan kutil adalah pengobatan yang sangat baik karena responsnya tinggi dengan sedikit efek samping.

• Pengobatan Laser
Pengobatan ini digunakan untuk kutil kelamin yang luas atau berulang. Kemungkinan memerlukan anestesi lokal atau umum. Laser secara fisik dapat menghancurkan luka yang diinduksi HPV.

• Elektrodeskasi
Untuk menghancurkan kutil dengan anestesi lokal.

Untuk jenis pengobatan dampak kutil kelamin pada wanita ini segera hubungi kami di Klinik Utama Gracia dengan nomor 081336361555 atau bisa mengkonsultasikannya dibawah ini. Pengobatan ini harus dilakukan secara efektif dan rutin untuk menghasilkan hasil yang memuaskan. Biaya yang harus dikeluarkan dalam pengobatan ini juga sangat terjangkau.

Baca Juga : Apakah Benar Kutil Kelamin Tanda Kanker Serviks?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.