Penyebab atau akibat penyakit sipilis adalah IMS dari bakteri Spirochete Treponema Pallidum. Penyakit sipilis sering disebut peniru karena gejalanya hampir sama dengan penyakit lain. Penyakit sipilis adalah IMS. Akibat penyakit sipilis jika tidak segera diobati oleh dokter, penyakitnya bisa memburuk seiring waktu dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Fakta Unik Mengenai Penyakit Sipilis

Akibat penyakit sipilis adalah bakteri. Jika tidak segera diobati oleh dokter, penyakitnya bisa memburuk seiring waktu dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Infeksi dapat akhir sewaktu-waktu dan dapat tidak aktif di waktu lain. Ketika infeksinya aktif, kemungkinan memiliki gejala. Ketika infeksinya tidak aktif, kemungkinan tidak memiliki gejala.
 
Akan tetapi ketika tidak memiliki gejala, namun masih dapat menularkan penyakit sipilis ke orang lain. Tidak harus dari melakukan hubungan seksual untuk tertular penyakit sipilis. Hanya dengan berhubungan dekat dengan alat kelamin, mulut atau dubur seseorang yang terinfeksi sudah cukup untuk membuat terpapar infeksi.

Apa Penyebab Dan Akibat Dari Penyakit Sipilis?


Penyebab atau akibat penyakit sipilis adalah bakteri yang dikenal dengan sebutan Treponema Pallidum. Bakteri akibat penyakit sipilis ini dapat memasuki tubuh melalui jaringan yang melapisi tenggorokan, hidung, dubur dan vagina. Bakteri akibat penyakit sipilis ini juga dapat ditularkan melalui kontak dengan penis dan vulva. Seseorang dengan penyakit sipilis yang memiliki luka atau ruam dapat menularkan infeksinya pada orang lain. Wanita hamil yang terinfeksi juga dapat menularkan penyakit sipilis ke bayinya.

Baca Juga : Salah Satu Ciri Sipilis Pada Pria Pada Umumnya

 

Tanda-Tanda Penyakit Sipilis Yang Umum

Akibat penyakit sipilis pada kebanyakan orang yang terinfeksi penyakit sipilis tidak memiliki gejala selama bertahun-tahun namun tetap berisiko untuk komplikasi jika tidak segera diobati. Meskipun penularan yang terjadi dari orang dengan luka berada pada tahap primer atau tahap sekunder, namun kebanyakan dari luka ini tidak dikenali. Dengan demikian penularan dapat terjadi dari orang yang tidak mengetahui infeksinya.
 
• Tahap Primer
Seseorang dengan tahap primer penyakit sipilis biasanya memiliki 1 luka yang disebut chancre, akan tetapi kemungkinan ada beberapa luka. Waktu infeksi antara awal gejala pertama yang berkisar 10 hari hingga 90 hari (namun rata-rata 21 hari). Luka chancre biasanya terasa keras, berbentuk bulan dan kecil yang tidak nyeri. Luka ini muncul di area bakteri penyakit sipilis yang memasuki tubuh. Luka chancre berlangsung 3 minggu hingga 6 minggu dan akan sembuh tanpa pengobatan. Namun jika pengobatan tidak dilakukan, infeksinya dapat berlanjut ke tahap sekunder.
 
• Tahap Sekunder
Seseorang pada penyakit sipilis tahap sekunder memiliki ruam kulit dan luka membran mukosa. Pada tahap ini biasanya muncul dengan ruam pada 1 bagian tubuh atau lebih. Ruam biasanya tidak menyebabkan gatal. Ruam penyakit sipilis tahap sekunder dapat muncul karena luka chancre sedang sembuh atau beberapa minggu setelah chancre sembuh. Ruam ini biasanya berupa bintik-bintik yang kasar dan berwarna merah atau cokalat kemerahan pada telapak tangan dan bagian bawah kaki.
 
Terkadang ruam dengan penampilan berbeda muncul di bagian tubuh lain dan bisa terlihat seperti ruam yang disebabkan oleh penyakit lain. terkadang ruam ini tidak diketahui. Selain ruam, gejala penyakit ini kemungkinan termasuk demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok, sakit kepala, penurunan berat badan, nyeri otot dan kelelahan. Tanda dan gejala ini akan hilang dengan atau tanpa pengobatan. Namun jika tidak segera ditangani infeksinya akan berlanjut ke tahap laten atau tahap tersier.
 
• Tahap Laten
Tahap laten muncul ketika gejala tahap primer dan tahap sekunder hilang. Tanpa pengobatan, seseorang yang terinfeksi akan terus menderita penyakit sipilis walaupun tidak adanya gejala. Infeksinya tetap di dalam tubuh. Tahap laten ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Tahap tersier berkembang pada sebagian orang yang belum melakukan pengobatan.
 
Akibat penyakit sipilis bisa muncul antara 10 tahun hingga 20 tahun setelah infeksi penyakit sipilis pertama kali memasuki tubuh. Pada tahap tersier ini penyakitnya dapat membahayakan otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan persendian. Tanda dan gejala tahap tersier ini termasuk kesulitan mengoordinasi gerakan otot, kelumpuhan, mati rasa, kebutaan bertahap dan demensia. Kerusakan ini kemungkinan cukup serius untuk menyebabkan kematian.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Sipilis?


Untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit sipilis dokter biasanya menanyakan riwayat seksual secara terperinci dan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan melakukan tes atau pengujian di laboratorium termasuk tes atau pengujian untuk HIV. Dokter juga menyarankan pencegahan penyebaran penyakit sipilis ke pasangan seksual.

Pengobatan Umum Untuk Penyakit Sipilis Menular


Penyakit sipilis mudah disembuhkan pada tahap awal. Pengobatan intravena dapat menyembuhkan seseorang yang menderita penyakit sipilis yang kurang dari 1 tahun. Pengobatan intravena tambahahan diperlukan untuk mengobati seseorang yang menderita penyakit sipilis selama lebih dari 1 tahun. Untuk seseorang yang alergi terhadap pengobatan, pengobatan antibiotik lain bisa direkomendasikan untuk mengobati penyakit sipilis.

Tidak ada pengobatan yang dijual bebes untuk menyembuhkan penyakit sipilis. Pengobatan akan membunuh bakteri penyakit sipilis dan mencegah kerusakan lebih lanjut, akan tetapi tidak akan memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi. Pengobatan bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia yang ditangani langsung oleh dokter yang ahli. Hubungi kami segera di 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Fahami Salah Satu Cara Mengatasi Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.