Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh jenis bakteri. Ciri sipilis pada pria adanya luka atau chancre. Sipilis dibagi menjadi beberapa tahapan. Sipilis yang tidak segera diobati dapat menyebabkan kesehatan serius pada pria. Oleh karena itu harus segera diatasi sejak dini agar penyakitnya tidak berkembang atau bertambah semakin parah.

Apa Pengertian Sipilis Secara Umum?

Sipilis adalah infeksi bakteri yang menghasilkan morbiditas dan mortalitas yang substansial. Sipilis adalah IMS yang baisanya menyebar atau menular melalui kontak dengan luka infeksi pada alat kelamin, dubur, bibir atau mulut, melalui transfusi darah atau melalui penularan lain. Penggunaan kondom yang benar dan konsisten secara signifikan dapat mengurangi risiko infeksi.
 
Penularan sipilis dapat dicegah dan dapat diskrining atau pengobatan dini. Diagnosis sipilis biasanya didasarkan pada riwayat medis, pemeriksaan fisik dan pengujian di laboratorium. Sipilis tanpa komplikasi dapat dengan mudah disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Namun jika tidak segera diobati penyakit ini dapat bertahan selama bertahun-tahun dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Apa Penyebab Utama Sipilis?


Sipilis disebabkan oleh bakteri Spirochete Treponema Pallidum. Sipilis dikategorikan ke dalam infeksi awal (kurang dari 2 tahun) yang meliputi tahap primer, tahap sekunder, tahap laten dan tahap tersier (kurang dari 2 tahun) yang mencakup penyakit klinis tahap laten dan tahap tersier. Sipilis berlangsung pada pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi, pria yang berhubungan dengan wanita heteroseksual dan penderita sipilis dengan HIV positif. Sipilis dapat menyebabkan komplikasi serius termasuk neurosifilis dan sipilis okular.

Baca Juga : Fahami Salah Satu Cara Mengatasi Sipilis

 

Tanda Dan Ciri Sipilis Pada Pria

Tanda dan ciri sipilis pada pria ada 3 tahap berbeda untuk infeksi sipilis, seperti:
 
• Tahap Primer
Sekitar 10 hari hingga 3 bulan setelah terpapar sipilis, muncul luka kecil yang disebut chancre. Luka akan muncul pada bagian tubuh dimana infeksi ditularkan dan biasanya di penis, anus, dubur, lidah atau bibir. Pada kebanyakan orang memiliki 1 luka, akan tetapi beberapa orang kemungkinan memiliki lebih banyak luka.
 
Kemungkinan mengalami pembengkakan di kelenjar getah bening seperti di leher, di pangkal paha atau di ketiak. Luka kemudian akan hilang dalam 2 minggu hingga 6 minggu dan jika kondisi ini tidak segera diobati, sipilis akan berpindah ke tahap sekunder. Pada kebanyakan orang tidak memperhatikan pada tahap ini.
 
• Tahap Sekunder
Gejala atau ciri sipilis pada pria tahap sekunder akan muncul dalam beberapa minggu setelah rasa sakitnya hilang. Pada tahap ini gejala atau ciri sipilis pada pria yang umum dapat meliputi ruam kulit yang tidak gatal muncul di bagian tubuh dimana saja akan tetapi umumnya pada telapak tangan atau pada telapak kaki, kelelahan, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening, masalah mata seperti rasa sakit atau pandangan memudar.
 
Gejala atau ciri sipilis pada pria ini dapat hilang dalam beberapa minggu atau muncul dan hilang selama beberapa bulan. Sipilis kemudian akan berpindah ke tahap dimana tidak mengalami adanya gejala atau ciri sipilis pada pria, meskipun masih tetap terinfeksi. Dan ini disebut tahap laten namun tidak dapat menularkan sipilis pada orang lain meskipun masih terinfeksi. Tahap laten dapat berlanjut selama bertahun-tahun setelah terinfeksi. Jika tidak segera dilakukan pengobatan maka akan berisiko sipilis tahap laten yang berpindah ke sipilis tahap tersier yang dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius.
 
• Tahap Tersier
Gejala atau ciri sipilis pada pria tahap tersier akan tergantung pada bagian tubuh dimana infeksi itu menyebar atau menular. Misalnya dapat mempengaruhi otak, saraf, mata, jantung, tulang, kulit atau pembuluh darah. Pada tahap ini sipilis yang tidak segera diobati bisa menjadi penyakit yang serius untuk menyebabkan kematian. Oleh karena itu harus menghidnari tahap ini dengan melakukan tes atau pengujian jika berisiko dan harus mendapatkan pengobatan sejak dini. Tes atau pengujian dan pengobatan akan mencegah sipilis tahap tersier jika berisiko segera lakukan tes atau pengujian.

Diagnosis Untuk Sipilis Secara Efektif


Sipilis biasanya didiagnosis melalui tes atau pengujian darah. Terkadang swab diambil dari luka dan umumnya di lakukan tes atau pengujian infeksi menular seksual (IMS) juga. Dengan melakukan tes atau pengujian adalah salah satu cara yang dapat diandalkan untuk mengetahui saat menderita sipilis atau tidak nya.

Menangani Sipilis Pada Pria Dengan Tepat


Sipilis harus dilakukan pengobatan selain itu IMS juga harus dilakukan pengobatan. Sipilis dapat diobati dan disembuhkan dengan pengobatan antibiotik dan biasanya dengan pengobatan intravena. Pengobatan baisanya diberikan dengan pengobatan intravena dan kemungkinan melibatkan 1 dosis atau lebih tergantung pada jenis sipilis yang dimiliki dan tahapan infeksinya.

Setelah melakukan pengobatan, maka harus melakukan tes atau pengujian darah lebih lanjut lagi untuk memastikan infeksinya telah hilang. Tes atau pengujian darah ini sangat penting untuk memantau seberapa baik pengobatan merespon nya. Pengobatan ini dapat dilakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik ini ditangani langsung oleh dokter yang ahli didalam bidangnya. Biaya yang harus dikeluarkan juga sangat terjangkau. Hubungi segera kami di 081336361555 atau seperti dibawah ini.

Baca Juga : Waspada Saat Mengalami Ciri Ciri Gejala Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.