Adanya cara penularan sipilis maka harus ada cara mengatasi sipilis juga. Cara penularan yang biasa adalah hubungan seksual. Bakteri ini terjadang dapat ditularkan melalui kontaminasi darah seperti cedera oleh jarum suntik atau penggunaan alat suntik secara bersamaan dan melalui kontak langsung dengan luka terbuka.

Pengertian Sipilis Adalah

Sipilis menular melalui kontak dengan luka seseorang yang menderita sipilis. Luka ini bisa terdapat pada penis, vagina, anus, kulit atau di dalam serviks (leher rahim) dan mulut. Sebagian besar sipilis ditularkan melalui kontak seksual seperti seks oral, seks vaginal atau seks anal. Meskipun dapat melewati kulit yang pecah dan yang terinfeksi dapat menularkannya pada bayinya saat hamil.

Apa Penyebab Utama Sipilis Yang Umum?


Sipilis adalah PMS yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi ketika masuk ke kulit yang rusak atau selaput lendir dan biasanya pada alat kelamin. Sipilis paling sering ditularkan melalui kontak seksual meskipun juga dapat ditularkan dengan cara lain. Sipilis terjadi di seluruh dunia dan paling umum di kota yang sudah maju dan berkembang.

Jumlah kasus meningkat tercepat pada pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi. Seseorang dengan usia 20 tahun hingga 35 tahun dengan pepolasi risiko tertinggi. Karena kemungkinan seseorang tidak menyadari saat terinfeksi sipilis. Pada semua wanita hamil yang menerima pengobatan pranatal harus diskrining untuk sipilis karena untuk mencegah infeksinya menular ke bayinya (sipilis bawaan).

Baca Juga : Waspada Saat Mengalami Ciri Ciri Gejala Sipilis

 

Gejala Yang Berpengaruh Terkadap Sipilis

Sipilis gejalanya mirip dengan gejala penyakit lain. Kemungkinan sangat sulit untuk mengetahui saat seseorang terinfeksi sipilis karena kemungkinan tidak melihat adanya gejala sama sekali. Ada beberapa tahap sipilis dengan berbagai gejala, seperti:
 
• Tahap Primer
Tahap pertama sipilis adalah chancre. Chancre yang membentuk area seseorang terpapar. Pada kebanyakan orang tidak memperhatikan adanya chancre di dalam mulut, serviks (leher rahim) atau anus. Ukuran chancre dapat berkisar dan tampak seperti benjolan berwarna merah pada kulit jika terlihat. Chancre dapat muncul dalam 10 hari hingga 3 bulan setelah paparan. Chancre akan hilang dalam beberapa minggu, akan tetapi masih bisa menyebarkannya atau menularkannya setelah chancre nya hilang.
 
• Tahap Sekunder
Ada banyak gejala sipilis tahap sekunder dan kemungkinan termasuk ruam kulit (yang dapat menutupi seluruh tubuh dan hanya pada beberapa area tubuh), demam yang ringan, kelelahan, sakit kepala, sakit tenggorokan, kerontokan rambut yang merata.
 
• Tahap Laten
Tahap ini bisa bertahan lama. Tidak ada gejala pada tahap ini, akan tetapi ada orang-orang yang masih terinfeksi sipilis. Namun tidak dapat menyebarkan atau menularkan penyakitnya ke orang lain selama tahap ini.
 
• Tahap Tersier
Tahap ini dapat terjadi jika seseorang telah terinfeksi untuk waktu yang sangat lama. Pada tahap ini seseorang yang tidak melakukan pengobatan kemungkinan mengalami kerusakan pada jantung, mata, hati, otak, tulang dan persendian. Penderitanya juga dapat terserang mentalnya, kebutaan, menderita penyakit jantung dan bahkan kematian.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Sipilis?


Sipilis didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan cairan dari luka, tes atau pengujian darah atau pemeriksaan cairan tulang belakang. Doter melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan gejalanya. Tes atau pengujian ini dapat dilakukan meliputi:

• Pemeriksaan cairan.
• Ekokardiogram, Angiogram Aorta dan kateterisasi jantung untuk melihat pembuluh darah utama dan jantung.
• Aliran tulang belakang dan pemeriksaan cairan tulang belakang.
• Tes atau pengujian darah untuk menyaring bakteri sipilis.

Bagamana Cara Mengatasi Sipilis Yang Parah?


Lamanya cara mengatasi sipilis tergantung pada seberapa parahnya sipilis dan faktor-faktor kesehatan keseluruhan penderitanya. Cara mengatasi sipilis selama kehamilan, pengobatannya bisa direkomendasikan oleh dokter. Seseorang yang alergi terhadap pengobatan bisa direkomendasikan cara mengatasi sipilis dengan cara lain.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena cara mengatasi sipilis di Klinik Utama Gracia sangat efektif dan bisa dilakukan dengan rutin. Selain itu, pengobatannya ditangani langsung oleh dokter dan peralatan medis yang canggih serta modern. Biayanya pun sangat terjangkau. Oleh karena itu klinik ini sangat merekomendasi pengobatan sipilis. Info cara mengatasi sipilis ada di 081336361555 atau di bawah ini.

Baca Juga : Simak, Beberapa Cara Mengatasi Penyakit Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.