Kutil di kelamin apakah berbahaya? Kutil di kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) yang muncul secara eksternal pada genitalia, area anal, internal di vagina bagian atas atau serviks (leher rahim) dan uretra pria. Luka baisanya meningkat dan berwarna merah muda. Kondisi ini kemungkinan tidak menghasilkan tanda dan gejala sama sekali atau menyebabkan rasa gatal, seperti terbakar, nyeri tekan, nyeri saat berhubungan intim atau sering kencing.

Fakta Umum Mengenai Kutil Di Kelamin Apakah Berbahaya?

Kutil di kelamin apakah berbahaya? Kutil di kelamin adalah benjolan berwarna kulit atau keputihan yang muncul pada alat kelamin atau anus. Kutil di kelamin tersebut sangat umum dan disebabkan oleh jenis virus tertentu. Meskipun dapat mengganggu, kutil mudah diobati dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun harus mewaspadai setiap virusnya yang dapat menyerang tubuh.

Penyebab Utama Kutil Di Kelamin


Tertular kutil di kelamin karena melakukan kontak kulit dengan seseorang yang terinfeksi, dan selama berhubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Kutil di kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Virus bisa ditularkan meski tidak berhubungan seksual, atau bahkan tanpa penetrasi namun ada kontak kulit. Jika kemungkinan terinfeisi tanpa mengetahuinya saat pasangan seksual Anda terkena virus juga. Kondom adalah salah satu tindakan pencegahan yang dapat mengurangi risiko terkena kutil di kelamin.

Baca Juga : Apakah Benar Kutil Kelamin Tanda Kanker Serviks?

 

Kutil Di Kelamin Apakah Berbahaya? Ini Tanda Dan Gejalanya

Kutil di kelamin apakah berbahaya? Pada kebanyakan orang tidak menyadari telah membawa virus, karena tidak adanya tanda dan gejala virus. Sementara yang lainnya dengan kutil yang terlihat, baik sebagai kutil tunggal maupun kutil berkelompok dan besar atau kecil. Beberapa akan menyerupai potongan-potongan kecil seperti bunga kol. Beberapa kutil terasa gatal, akan tetapi pada kebanyakan tidak terasa sakit. Jika tidak yakin memiliki kutil, dokter akan mendiagnosis kondisinya.

Bagaimana Mendiagnosis Kutil Di Kelamin?


Kutil di kelamin apakah berbahaya? Adanya pertumbuhan seperti bunga kol pada alat kelamin harus segera mengkonsultasikan dengan dokter dan melakukan pemeriksaan. Dokter akan melakukan pemeriksaan kutil di kelamin dan jenis pertumbuhan yang berbeda. Dengan menggunakan jenis mikroskop atau Colposcope untuk memeriksa serviks (leher rahim) pada wanita untuk melihat adanya tanda dan gejala internal.

Kolposkopi dapat mendeteksi luka datar yang tidak terlihat oleh kasat mata. Pengambilan sampel sel dengan biopsi dan tes atau pengujian untuk bahan genetik HPV kemungkinan diperlukan untuk mengkonfirmasi diagnosis. Pap smear yang abnormal (tidak normal) terkadang dapat mengindikasikan infeksi HPV serviks (leher rahim). Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim), sementara yang lainnya dapat menyebabkan kanker vulva atau anal. Dengan pap smear yang abnormal (tidak normal) wanita harus memeriksakannya ke dokter.

Bagaimana Mengobati Kutil Di Kelamin Yang Berbahaya?


Jika didiagnosis dengan kutil di kelamin, kemungkinan memiliki beberapa kemungkinan untuk mendapatkan pengobatan. Kutil kelamin tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan dan seringkali hilang dengan sendirinya. Pengobatannya biasanya dengan membekukan kutil (Cryotherapy), membakar kutil dan pengobatan lainnya seperti laser.

Pengobatan kutil ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Pengobatan yang dilakukan harus efektif dan rutin. Konsultasikan semua kondisi Anda ke dokter yang menangani kutil kelamin. Penanganannya bervariasi tergantung penyebab, letak kutil dan penampilan kutil. Untuk melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Hubungi kami di nomor 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Penyakit Kutil Di Kelamin Bahaya Atau Tidak Jika Dibiarkan?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.