Apakah benar kutil kelamin tanda kanker serviks (leher rahim)? Virus yang menyebabkan kutil kelamin juga menjadi penyebab sebagian besar kasus kanker serviks (leher rahim). Kutil kelamin adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum di dunia. Sebagian besar dari semua kutil kelamin disebabkan oleh virus yang juga menyebabkan sebagian dari semua kanker serviks (leher rahim). Infeksi ini ditularkan melalui kontak kulit ke kulit selama hubungan seksual vagina, oral dan anal dengan pasangan seksual yang terinfeksi.

Apa Pengertian Dari Kutil Kelamin?

Kutil kelamin adalah pertumbuhan yang lembut pada kulit dan selaput lendir alat kelamin. Kutil ini dapat ditemukan pada vulva, uretra, vagina, serviks (leher rahim) dan di sekitar anus. Kutil kelamin tersebar atau tertular melalui kontak seksual. Gejala, komplikasi dan pengobatan kutil kelamin harus dikonsultasikan dengan dokter.

Penyebab Umum Kutil Kelamin Adalah


Kutil kelamin disebarkan atau ditularan melalui kontak seksual dengan pasangan yang terinfeksi dan sangat menular oleh Human Papilloma Virus (HPV). Kutil sering muncul dalam 3 bulan setelah kontak. Kondom dapat mencegah akan tetapi tidak dapat menjamin pencegahan kutil kelamin tanda kanker serviks (leher rahim). Meskipun masih banyak yang harus diketahui mengenai virus ini berkembang.

Lingkungan yang hangat dan lembab di area genital tampaknya sangat mendukung pertumbuhan kutil kelamin tanda kanker serviks (leher rahim) ini. Gejala tampaknya memburuk selama kehamilan dan pada saat seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang rusak. Penderita dengan riwayat kutil kelamin tanda kanker serviks (leher rahim).

Dan kemungkinan berisiko lebih tinggi untuk jenis kanker tertentu. HPV dikaitkan dengan sebagian dari semua keganasan serviks (leher rahim) dan juga kemungkinan memainkan peranan penting dalam kanker vagina, kanker anus dan kanker vulva. Kutil serviks (leher rahim) dapat ditularkan ke bayi yang baru lahir melalui jalur saluran lahir yang terinfeksi.

Baca Juga : Penyakit Kutil Di Kelamin Bahaya Atau Tidak Jika Dibiarkan?

 

Tanda Tanda Kutil Kelamin Secara Umum

Karena kebanyakan orang yang kemungkinan tidak memiliki tanda dan gejala kutil kelamin tanda kanker serviks (leher rahim), infeksinya sering tidak diketahui atau tidak terdeteksi. Kutil kelamin muncul dalam 3 bulan setelah kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Kutil muncul sebagai pertumbuhan seperti bunga kol berwarna merah muda yang lembut atau benjolan berwarna daging pada vagina atau di sekitar anus yang dapat menyebabkan rasa gatal, nyeri dan sensasi terbakar.

Diagnosis Untuk Penyakit Kutil Kelamin


Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Pada wanita termasuk tes atau pengujian panggul (pelvic). Prosedur yang dilakukan seperti Colposcopy yang digunakan untuk menemukan kutil yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Dengan menggunakan mikroskop untuk membantu dokter menemukan kutil kelamin tanda kanker serviks (leher rahim) dan kemudian sampel (biopsi) diambil dari area abnormal (tidak normal) di serviks (leher rahim).

Virus yang menyebabkan kutil kelamin tanda kanker serviks (leher rahim) dapat menyebabkan hasil abnormal (tidak normal) pada pap smear. Jika memiliki jenis perubahan ini, kemungkinan memerlukan pap smear atau kolposkopi lebih sering. Tes atau pengujian DNA HPV dapat mengetahui jika memiliki jenis HPV yang berisiko tinggi yang diketahui dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim). Tes atau pengujian ini dapat dilakukan karena:

• Memiliki kutil kelamin.
• Sebagai tes atau pengujian skrining untuk wanita di atas usia 30 tahun.
• Pada wanita dari segala usia yang memiliki tes atau pengujian pap abnormal (tidak normal).

Selalu pastikan diskrining untuk kanker serviks (leher rahim), vagina, vulva atau anal jika telah didiagnosis dengan kutil kelamin.

Bagaimana Menangani Kutil Kelamin Secara Cepat?


Tidak ada pengobatan untuk virus ini sendiri, hanya untuk meringankan dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh HPV. Seseorang dengan kutil kelamin memiliki beragam pengobatan untuk dipilih, akan tetapi tidak ada pengobatan yang sempurna. Biaya pengobatan sangat bervariasi, namun di Klinik Utama Gracia biaya pengobatannya sangat terjangkau.

Pengobatan untuk kutil kelamin terbagi dalam kategori, yaitu obat-obatan topikal yang dapat menghancurkan jaringan kutil, lalu dengan pembedahan untuk mengangat jaringan kutil dan pengobatan biologis yang menargetkan virus yang menyebabkan kondisi yang mendasarinya. Setiap pengobatan harus diterapkan pada masing-masing kutil. Pengobatan ini dilakukan di Klinik Utama Gracia. Untuk info bisa hubungi kontak nomor 081336361555 atau seperti dibawah ini.

Baca Juga : Kutil Kelamin Apakah Bisa Sembuh Total Dengan Pengobatan?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.