Kutil di kelamin bahaya atau tidak jika dibiarkan? Kutil di kelamin adalah pertumbuhan berdaging yang kecil atau benjolan dan perubahan kulit yang muncul disekitar area genital atau anal. Kutil di kelamin sangat umum. Kutil adalah jenis infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum yang hanya kekurangan klamidia. Kutil di kelamin adalah hasil dari infeksi kulit akibat virus yang disebabkan oleh virus. Kutil biasanya tidak terasa sakit dan tidak menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan. Namun kutil dapat terlihat tidak enak dipandang mata dan dapat menyebabkan tekanan psikologis.

Pengertian Tentang Kutil Di Kelamin

Kutil di kelamin bahaya atau tidak jika dibiarkan? Kutil di kelamin dapat menyebar atau menular selama seks anal dan dengan berbagi mainan seks. Namun tidak perlu melakukan hubungan seks penetrasi untuk menularkan infeksinya karena virusnya disebarkan atau ditularkan melalui kontak kulit ke kulit. Memerlukan waktu hingga 1 tahun bagi kutil untuk berkembang setelah terinfeksi virus.
 
Karena jika berada dalam suatu hubungan akan tertular kutil kelamin dna tidak berarti pasangan telah melakukan hubungan seksual dengan orang lain. Virusnya kemungkinan besar akan ditularkan ke orang lain ketika kutilnya muncul, walaupun masih kemungkinan untuk menularkan virus sebelum kutilnya berkembang dan setelah kutilnya menghilang. Kondom tidak memberikan perlindungan penuh karena kutil di sekitar area genital tidak tertutup semua oleh kondom dan kemungkinan terinfeksi.

Penyebab Utama Kutil Di Kelamin


Kutil di kelamin bahaya atau tidak jika dibiarkan? Kutil di kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) bukan virus tunggal akan tetapi lebih dari 100 jenis virus. Sebagian besar kasus infeksi HPV tidak menyebabkan gejala yang terlihat. Sebagian dari semua kasus kutil di kelamin disebabkan oleh 2 jenis virus yaitu tipe 6 dan tipe 11. Jenis HPV lain dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim).

Baca Juga : Kutil Kelamin Apakah Bisa Sembuh Total Dengan Pengobatan?

 

Tanda Dan Gejala Kutil Di Kelamin Bahaya Tidak?

Kutil di kelamin bahaya atau tidak jika dibiarkan? Kutil di kelamin muncul sebagai benjolan yang bundar dan berwarna kukut dengan berbagai ukuran. Kutil bisa terasa halus dan rata atau seperti bunga kol. Kutil dapat dilihat pada labia, vagina, penis, skrotum, anus, kulit di skeitar anus dan uretra. Kutil baisanya tidak menimbulkan gejala apapun, meskipun kutil dapat berdarah dan menjadi lebih menyakitkan saat berhubungan seksual jika terletak di dalam vagina.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Kutil Di Kelamin?


Kutil di kelamin bahaya atau tidak jika dibiarkan? Untuk mendiagnosis kutil di kelamin dengan melakukan berbagai tes atau pengujian terlebih dahulu. Untuk dilakukan analisis di laboratorium. Setelah hasil diagnosis didapat. Pengobatan bisa dilakukan berdasarkan hasil diagnosis dan penyebabnya yang harus diobati.

Bagaimana Menangani Kutil Di Kelamin?


Kutil di kelamin bahaya atau tidak jika dibiarkan? Segera lakukan konslultasi dengan dokter mengenai kondisi ini. Dokter akan menyarankan dan merekomendasikan Cryotherapy atau membekukan kutil yang terlihat. Pengobatan ini harus dilakukan dengan efektif. Jika didiagnosis dengan kutil kelamin maka usahakan tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu termasuk tidak melakukan seks anal atau seks oral.

Hingga kutil sepenuhnya hilang dan dinyatakan sembuh oleh dokter. Cara ini adalah untuk mencegah penularan inefeksi pada orang lain dan membantu mempercepat pemulihan. Pengobatan ini dilakukan langsung di Klinik Utama Gracia. Pengobatan ini dilakukan dengan sangat efektif dan sangat rutin. Hubungi kami di nomor 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Ketahui Jenis Obat Kutil Kelamin Untuk Pria Yang Ampuh

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.