Kutil kelamin apakah bisa sembuh total? Kutil kelamin mirip dengan kutil biasa akan tetapi biasanya ditemukan di sekitar atau di dalam vagina, serviks (leher rahim) bagian bawah rahim, penis, skrotum, rektum atau area antara vagina dan rektum. Terlihat lembut, berdaging, pertumbuhan yang kecil pada kulit itulah kutil.

Apa Pengertian Kutil Kelamin?

Kutil kelamin apakah bisa sembuh total? Kutil kelamin adalah tonjolan kecil dan tunggal atau ganda atau pertumbuhan pada kulit dengan ukuran dan warna serta berntuk yang sangat bervariasi. Dapat terjadi di vulva, perineum, area anus, vagina, serviks (leher rahim) atau uretra. Kutil kelamin disebabkan oleh virus yang merupakan infeksi virus menular seksual paling umum di dunia.

Penyebab Utama Kutil Kelamin Adalah:


Kutil kelamin apakah bisa sembuh total? Seperti kutil lainnya, kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini yang menyebabkan kutil kelamin. Ada banyak jenis HPV. Jenis-jenis virus yang paling sering menyebabkan kutil kelamin disebut HPV tipe 6 dan tipe 11. Kutil kelamin lebih menular atau lebih menyebar daripada kutil lainnya.

Kutil disebarkan melalui kontak kulit ke kulit. Kutil dapat menyebar atau menular ke bagian tubuh terdekat lainnya dan dapat ditularkan dari orang ke orang melalui aktifitas seksual. Kutil biasanya pertama kali terlihat dalam 1 bulan hingga 6 bulan setelah terinfeksi HPV. Namun dapat treinfeksi HPV tanpa memiliki kutil yang terlihat. HPV dapat menyebabkan perubahan pada serviks (leher rahim) wanita. Sebagian besar perubahan ini tidak berbahaya, akan tetapi terkadang perubahan tersebut dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim).

Baca Juga : Ketahui Jenis Obat Kutil Kelamin Untuk Pria Yang Ampuh

 

Apa Saja Gejala Gejala Kutil Kelamin?

Kutil kelamin apakah bisa sembuh total? Kutil kelamin adalah pertumbuhan yang kecil dan berwarna daging, putih atau keabu-abuan. Kemungkinan memiliki banyak kutil atau hanya kutil tunggal. Kutil biasanya tampak seperti benjolan yang tipis dan padat pada kulit yang terlihat seperti potongan-potongan kecil seperti bunga kol. Namun beberapa kutil cukup kecil dan datar dan kemungkinan tidak disadari.
 
Pada wanita, kutil dapat tumbuh di vulva, di serviks (leher rahim), di dalam vagina atau di uretra atau disekitar anus. Pada pria, kutil dapat tumbuh di ujung atau di batang penis dan terkadang pada skrotum dan uretra atau sekitar anus. Kemungkinan tidak memiliki gejala lain dan kemungkinan juga memiliki:
 
• Bau busuk, iritasi ringan, terasa terbakar, terasa gatal atau nyeri pada vulva dan vagina.
• Rasa sakit saat hubungan intim.
• Peningkatan keputihan.
• Perdarahan (cedera hingga kutil saat berhubungan seksual).
 
Ketika kutil kelamin berada di serviks (leher rahim) atau di vagina, kemungkinan tidak menyebabkan gejala yang terlihat. Namun tes pap kemungkinan menunjukkan perubahan dalam sel yang menunjukkan infeksi virus.

Bagaimana Mendiagnosis Kutil Kelamin?


Kutil kelamin apakah bisa sembuh total? Dokter akan memeriksa area genital dan kutil. Dengan Colposcope kutil dapat lebih mudah terlihat. Alat ini digunakan untuk memperbesar area untuk melihat lebih dekat pada kulit atau serviks (leher rahim). Sampel jaringan dapat diambil untuk tes laboratorium untuk membantu memastikan diagnosis. Kutil yang tidak terlihat dan harus didiagnosis dengan menggunakan tes pap. Terkadang tes HPV DNA dapat dilakukan untuk melihat tipe HPV yang menyebabkan kutil yang berhubungan dengan kanker serviks (leher rahim).

Pengobatan Untuk Kutil Kelamin Apakah Bisa Sembuh Total?


Kutil kelamin apakah bisa sembuh total? Metode pengobatan untuk kutil ini dengan obat-obatan, operasi menghilangkan kutil, membekukan kutil dengan Cryotherapy, menghancurkan kutil dengan laser, membakar kutil dengan Electrocautery. Kemungkinan memerlukan bius total untuk mematikan rasa sebelum melakukan pengobatan ini.

Jika memiliki kutil saat hamil, maka HPV dapat mempengaruhi bayi. Kutil cenderung tumbuh dan kemungkinan dapat tumbuh lebih banyak selama kehamilan. Jika tidak melakukan pengobatan kutil nya akan ada terus sampai melahirkan bayinya. Persalinan percaginam dapat menyebabkan terlalu banyak perdarahan. Bayi dapat mengembangkan kutil saat melahirkan. Pengobatan dapat dilakukan di Klinik Utama Gracia. Pengobatan dengan biaya yang sangat terjangkau. Hanya dengan menghubungi kami di 081336361555 atau dengan layanan online dibawah ini sudah bisa melakukan pengobatan.

Baca Juga : Atasi Berbagai Dampak Kutil Kelamin Yang Parah

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.