Kutil kelamin adalah jenis IMS yang disebabkan oleh virus. Tidak ada obat kutil kelamin untuk pria, akan tetapi kutil kelamin dapat diobati dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter secara efektif dan rutin. Kutil tertular dari hubungan seks vaginal, seks oral dan seks anal. Kutil kelamin muncul sebagai benjolan yang kecil atau sekelompok benjolan di area genital.

Pengertian Umum Untuk Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah sebuah kutil yang lembab pada alat kelamin atau di sekitar anus. Kutil kelamin disebabkan oleh virus. Virus nya yang menyebabkan kutil kelamin ditularkan melalui kontak seksual. Pada kebanyakan orang yang terinfeksi virus ini tidak memiliki gejala, akan tetapi virusnya meningkat dan berisiko.
 
Infeksi virus adalah PMS yang paling umum. Tidak ada obat kutil kelamin untuk pria atau untuk infeksi virus ini. Walaupun obat kutil kelamin untuk pria atau obat-obatan antivirus dapat mengurangi gejala dan merupakan pengobatan topikal yang dapat mempercepat penyembuhan. Setelah terinfeksi, virusnya dapat bertahan selama seumur hidup dan biasanya disebut Condyloma Acuminatum atau Condylomata.

Penyebab Utama Kutil Kelamin Menular


Sebagian ebsar kasus kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Ada 30 jenis hingga 40 jenis HPV yang secara spesifik mempengaruhi alat kelamin akan tetapi hanya beberapa diantaranya yang dapat menyebabkan kutil kelamin. HPV ini sangat mudah ditularkan melalui kontak kulit yang karenanya dianggap sebagai IMS.

HPV sangat umum sehingga sebagian besar orang yang aktif secara seksual tertular pada titik tertentu. Namun virus ini tidak selalu menyebabkan komplikasi seperti kutil kelamin. Bahkan dalam banyak kasus, virusnya hilang dengan sendirinya tanpa menyebabkan masalah kesehatan. Kutil kelamin baisanya disebabkan oleh strain HPV yang berbeda dari strain yang menyebabkan kutil di tangan atau di bagian tubuh lainnya. Sebuah kutil tidak dapat menyebar atau menular dari tangan seseorang ke alat kelamin atau sebaliknya.

Baca Juga : Atasi Berbagai Dampak Kutil Kelamin Yang Parah

 

Apa Saja Gejala Pengaruh Kutil Kelamin Pada Pria?

HPV menyebabkan benjolan kecil (kutil) atau perubahan kulit pada area genital atau anal. Pada kebanyakan infeksi HPV tidak terlihat dan tidak menimbulkan gejala. Kutil kelamin sangat mirip dengan kutil biasa. Kutil dapat berkembang dari 3 minggu hingga 3 bulan setelah terpapar virus. Pada pria, kutil biasanya muncul di dekat ujung penis dan terkadang pada batang atau pada skrotum. Kutil kelamin dapat menyebabkan rasa gatal, seperti terbakar dan ketidaknyamanan. Konsultasikan dengan dokter jika merasa memiliki kutil kelamin.

Cara Mendiagnosis Kutil Kelamin Adalah


Pemeriksaan visual pada penis dan anus adalah cara yang paling penting untuk mendiagnosis kutil kelamin pada pria. Mikroskop dapat digunakan untuk membantu menemukan jaringan abnormal. Pemeriksaan fisik dapat dilakukan jika memiliki kutil yang terlihat, mencurigai kemungkinan menderita infeksi Human Papilloma Virus (HPV), memiliki pasangan seksual yang telah didiagnosis dengan kutil kelamin. Pemeriksaan fisik seringkali merupakan salah satu yang diperlukan untuk mendiagnosis kutil kelamin. Beberapa dokter menyarankan untuk melakukan tes atau pengujian untuk kutil kelamin yang terlihat. Sensasi terbakar yang ringan dapat terjadi.

Penanganan Dan Obat Kutil Kelamin Untuk Pria


Sebagian besar kutil kelamin akan sembuh sendiri tanpa obat kutil kelamin untuk pria. Akan tetapi jika memiliki kutil kelamin kemungkinan harus mencari obat kutil kelamin untuk pria. Pengobatan untuk HPV yang tidak terlihat diperlukan jika adanya perubahan sel kulit yang abnormal (tidak normal) tertentu. HPV dapat dicegah dengan vaksinasi HPV untuk pria yang berusia 9 tahun hingga 26 tahun.

Pengobatan ini bisa didapat di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik penanganan khusus kutil kelamin dan penyakit kelamin lainnya. Anda bisa menghubungi kami di nomor ini 081336361555 atau bisa juga melalui chat online konsultasi seperti dibawah ini untuk mempermudah dan mempersingkat waktu yang ada.

Baca Juga : Tanpa Obat Obatan, Apakah Kutil Kelamin Susah Hilang?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.