Penyakit sipilis adalah IMS yang dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa jika tidak segera mendapatkan pengobatan penyakit sipilis. Baik pada pria maupun pada wanita bisa mendapatkan penyakit ini. Tanpa pengobatan penyakit sipilis, infeksinya dapat menyebabkan penyakit jantung, kebutaan, masalah mental atau kematian.

Apa Penjelasan Dari Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Ini dapat menyebabkan kondisi yang dapat mengancam jiwa jika tidak segera mendapatkan pengobatan penyakit sipilis. Penyakit sipilis adalah IMS yang berarti menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Jika menderita penyakit sipilis, Anda dapat menyebarkannya atau menularkannya ke orang lain. Baik pada pria maupun pada wanita juga bisa mendapatkan penyakit ini.

Apa Penyebab Penyakit Sipilis Secara Umum?


Penyakit sipilis disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Pallidum. Tanpa pengobatan penyakit sipilis, infeksinya dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan saraf, kerusakan orak, cacat mental, kebutaan, anuerisma aorta. Komplikasi ini dapat berkembang selama bertahun-tahun jika tidak segera mendapatkan pengobatan penyakit sipilis.

Baca Juga : Ciri Atau Tanda Awal Sipilis Yang Harus Diketahui

 

Beberapa Tanda Dan Gejala Penyakit Sipilis

Gejala penyakit sipilis tergantung pada tahap infeksi, tahapan penyakit infeksi termasuk:
 
• Tahap Primer
Adanya luka yang halus dan berwarna merah akan tetapi tidak terasa sakit atau disebut dengan chancre. Berkembang pada organ seksual atau mulut. Luka ini juga dapat berkembang di bagian dalam tubuh dimana tidak bisa dilihat. Luka akan hilang dengan sendirinya dalam 1 minggu hingga 6 minggu.
 
• Tahap Sekunder
Setelah chancre hilang, ruam kulit yang kemerahan dan bergelombang kemungkinan akan muncul di seluruh bagian tubuh. Demam, sakit tenggorokan, sakit pada tubuh, sakit kepala, kehilangan nafsu makan atau gejala lain seperti flu lainnya dapat muncul. Gejala-gejala ini bisa sangat ringan muncul dan hilang antara 1 tahun hingga 2 tahun. Pada tahap ini adalah tahap yang paling menular dari semua tahapan.
 
Sebagian orang yang tidak mendapatkan pengobatan pada tahap primer maka akan berkembang ke tahap sekunder ini. Pada tahap sekunder ini bakteri telah menyebar atau menular dalam aliran darah dan telah mencapai jumlah tertinggi. Tanpa adanya pengobatan, sebagian penderitanya akan mengalami komplikasi penyakit sipilis tahap laten.
 
• Tahap Laten
Dengan penyakit sipilis tahap laten, infeksinya tidak menular akan tetapi dapat mempengaruhi jantung, otak, saraf, mata, tulag dan bagian tubuh lainnya. Penyakit sipilis gejalanya ringan namun penyakit sipilis adalah penyakit yang serius.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Sipilis?


Jika merasa menderita penyakit sipilis atau IMS apapun maka segera lakukan konsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan melakukan tes atau pengujian untuk menentukan adanya IMS. Untuk memeriksa penyakit sipilis, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan organ seksual untuk chancre dan kulit untuk ruam. Pengambilan sampel kecil darah, tanda-tanda infeksi kemungkinan tidak muncul dalam darah sehingga 6 minggu setelah terinfeksi harus melakukan tes atau pengujian darah. Selain itu harus melakukan tes ataua pengujian untuk PMS lain juga.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Sipilis Yang Benar?


Infeksi yang dapat menyebabkan penyakit sipilis dapat disembuhkan. Namun kerusakan organ-organ dalam tubuh yang disebabkan selama penyakit sipilis tahap laten tidak dapat diperbaiki. Penyakit sipilis diobati dengan pengobatan antibiotik dan biasanya diberikan dengan pengobatan intravena. Pengobatan antibiotik ini dapat membunuh bakteri penyebab infeksi.

Jika Anda dan pasangan seksual Anda terinfeksi maka keduanya harus melakukan pengobatan juga secara bersamaan. Pengobatan harus dilakukan secara rutin dan efektif bahkan jika luka atau ruam kulit nya hilang. Setelah selesai melakukan pengobatan disarankan untuk melakukan pemeriksaan kembali dengan dokter.

Untuk memeriksa ulang infeksinya dan dipastikan tidak kambuh lagi. Selain itu usahakan tidak melakukan hubungan seksual kecuali dokter telah menyatakan sembuh. Lakukan pemeriksaan kembali untuk memastikan infeksinya telah sembuh. Selain itu lakukan pemeriksaan HIV dan AIDS serta IMS lainnya seperti herpes, gonore (kencing nanah) dan klamidia.

Pengobatan penyakit sipilis ini bisa Anda lakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik ini menangani berbagai macam penyakit kelamin seperti andrologi, ginekologi, PMS dan IMS lainnya. Anda tidak perlu khawatir, biaya yang harus dikeluarkan sangat terjangkau. Hubungi kami di 081336361555 atau chat konsultasi online seperti dibawah ini.

Baca Juga : Kenali Ciri Ciri Dan Gejala Awal Penyakit Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.