Dampak kutil kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum ditularkan melalui vagina, anal dan oral. Pengobatan bisa sangat membantu untuk penyakit kutil kelamin ini. Jika memiliki kutil kelamin dari hubungan atau kontak seksual dengan seseorang yang memiliki virus. Maka harus mendapatkan vaksin virus dan usahakan gunakan kondom karena dapat membantu menurunkan peluang tertularnya atau menularkan kutil kelamin.

Kutil Kelamin Adalah

Dampak kutil kelamin adalah umum dan disebabkan oleh tipe virus tertentu. Kutil kelamin bisa sangat menyebalkan akan tetapi bisa diobati dan tidak berbahaya. Kutil kelamin adalah benjolan yang berwarna kulit atau keputihan yang muncul pada alat kelamin atau anus. Anda juga dapat memiliki virus yang dapat menyebabkan kutil kelamin akan tetapi tidak memiliki gejala.

Apa Yang Menjadi Penyebab Kutil Kelamin?


Virus kutil kelamin dapat ditularkan pada banyak orang. Virus ini dikenal dengan Human Papilloma Virus (HPV). Jenis ini bisa terlihat dan ada juga yang tidak terlihat. Pada kebanyakan orang dengan virus ini tidak memiliki gejala akan tetapi masih bisa menularkannya pada orang lain. Jika memilik kutil kelamin, pasangan seksual Anda harus melakukan tes atau pengujian karena kemungkinan juga memiliki kutil namun tidak mengetahuinya. Jika gejalanya muncul, maka bisa terjadi lebih dari 1 tahun setelah infeksi.

Baca Juga : Tanpa Obat Obatan, Apakah Kutil Kelamin Susah Hilang?

 

 

Kenali Efek Dan Dampak Kutil Kelamin Menular

Dampak kutil kelamin itu sendiri seperti benjolan yang berwarna seperti kulit atau seperti keputihan yang muncul pada vulva, vagina, serviks (leher rahim), penis, skrotum atau anus. Kutil terlihat seperti potongan-potongan kecil seperti bunga kol. Anda juga dapat memiliki kutil tunggal atau banyak serta bentuknya bisa besar atau kecil.
 
Kutil kemungkinan juga terasa gatal akan tetapi sebagian besar tidak terasa sakit. Tidak semua benjolan pada alat kelamin adalah kutil. Ada infeksi lain dan kondisi kulit normal yang kemungkinan terlihat seperti kutil akan tetapi ada sesuatu yang lain. Jika merasa memiliki kutil kelamin, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter.

Bagaimana Kutil Kelamin Didiagnosis Dengan Tepat?


Untuk mendiagnosis kutil kelamin dengan mengkonsultasikannya dengan dokter mengenai pengobatan vaksin untuk HPV. Sebagian besar vaksin dapat melindungi dari jenis HPV yang dapat menyebabkan sebagian besar kasus kutil kelamin. Ini adalah cara terbaik untuk menghidnari masalah terkait HPV termasuk kutil kelamin.

Selain itu, pasangan seksual Anda juga harus melakukan konsultasi dengan dokter mengenai pengobatan HPV. Sebagian besar dapat melindungi terhadap beberapa jenis virus yang menyebabkan sebagian besar kasus kutil kelamin. Selain itu menggunakan kondom dan bendungan gigi selama seks oral, seks anal dan seks vaginal. Usahakan tidak berhubungan seksual ketika memiliki kutil yang terlihat bahkan dengan kondom. Kemungkinan adanya kutil di area-area yang tidak tertutupi oleh kondom.

Cara Aman Mengobati Kutil Kelamin


Pengobatan untuk dampak kutil kelamin harus sesuai dengan resep dari dokter. Oleh karena itu perlu melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Jenis pengobatan yang dilakukan tergantung pada jenis kutilnya.

• Obat-Obatan
Biasanya dengan menerapkan obat-obatan pada kutil beberapa kali dalam 1 minggu. Akan tetapi dalam beberapa kasus kemungkinan perlu melakukan pengobaan yang lebih efektif lagi. Pengobatan ini dapat menyebabkan rasa sakit, iritasi atau sensasi terbakar.

• Pembedahan
Dokter dapat memotong kutil, membakar kutil atau laser kutil dan ini dapat menyebabkan iritasi atau jaringan parut.

• Pembekuan
Dokter akan membekukan kutil dan biasanya setiap minggu dan ini dapat menyebabkan rasa sakit.

Kemungkinan membutuhkan waktu beberapa minggu atau waktu beberapa bulan untuk pengobatannya bekerja dengan baik dan dampak kutil kelamin bisa juga kambuh kembali. Pengobatan untuk kutil ini terdapat di Klinik Utama Gracia. Klinik ini menangani berbagai pengobatan untuk kutil kelamin dan penyakit kelamin lainnya. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Inilah Dampak Atau Bahaya Kutil Kelamin Kambuh Lagi

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.