Kutil adalah penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum di seluruh dunia. Kutil kelamin susah hilang dengan tingkat infeksi virus tertinggi terjadi pada sekelompok orang dengan usia 18 tahun hingga 28 tahun. Sebagian besar infeksi virus ini tidak menyebabkan gejala dan infeksi biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

Kutil Kelamin Pengertiannya Adalah

Kutil kelamin susah hilang di area genital yang disebabkan oleh virus. Ada banyak jenis virus yaitu tipe 6 dan tipe 11 adalah tipe yang biasanya dapat menyebabkan kutil kelamin. Kutil kelamin mirip dengan kutil yang ada dibagian lain di tubuh. Kutil ini biasanya tidak terasa sakit dan tidak berbahaya. Kutil terkadang bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan akan tetapi dapat bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.
 
Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan kanker terutama kanker dubur, kanker tenggorokan dan kanker penis pada pria dan kanker serviks (leher rahim) pada wanita. Jenis virus yang menyebbakan kutil kelamin tidak menyebabkan kanker. Jika memiliki kutil kelamin, maka harus rutin melakukan tes atau pengujian untuk semua infeksi menular seksual (IMS) termasuk klamidia, gonore (kencing nanah), sipilis (raja singa) dan HIV.

Apa Saja Yang Menyebabkan Kutil Kelamin Susah Hilang?


Human Papilloma Virus (HPV) ditularkan melalui kontak kulit dan biasanya kulit kelamin ke kontak kulit. Tidak harus berupa seks penterasi (seperti seks vaginal, seks anal atau seks otal) akan tetapi bisa merupakan kontak genital yang dekat. Sangat umum pada orang yang aktif secara seksual untuk tertular HPV. Kutil tidak dapat menular melalui pelukan, ciuman, berbagi handuk, toilet, kolam renang dan berbagi peralatan makan dan minum.

Baca Juga : Inilah Dampak Atau Bahaya Kutil Kelamin Kambuh Lagi

 

Kutil Kelamin Susah Hilang Dan Gejala Lainnya

Sebagian besar orang dengan HPV tidak memiliki gejala apapun dan tidak mengetahui saat terinfeksi. Jika memiliki kutil kelamin, biasanya benjolannya berwarna seperti kulit dimana saja di area genital atau anal. Kutil kemungkinan muncul selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah menyentuh virusnya.
 
• Kutil Pada Wanita
Area paling umum untuk mengembangkan kutil kelamin pada wanita adalah:
 
 Di sekitar vulva (lubang vagina).
 Di dalam vagina.
 Di antara vagina dan anus.
 Pada serviks (leher rahim).
 Pada pembukaan uretra.
 
• Kutil Pada Pria
Area paling umum untuk mengembangkan kutil kelamin pada pria adalah:
 
 Pada batang penis dan biasanya tepat dibawah kulup.
 Di sekitar anus.
 Pada kelenjar kepala penis.
 Di dalam uretra.
 Di bawah kulup.
 Di antara anus dan skrotum (kantung yang berisi testis).
 Pada skrotum.

Bagaimana Kutil Kelamin Didiagnosis?


Kutil kelamin susah hilang didiagnosis oleh dokter dengan memeriksa area yang terkena. Tergantung dimana kutil kelamin susah hilang berada, kemungkinan disarankan untuk menjalani pemeriksaan yang lebih rinci. Jika disarankan untuk melakukan pemeriksaan vagina biasanya akan dilakukan dengan spekulum.

Dokter akan melihat ke dalam vagina dan melakukan pemeriksaan yang sederhana namun tidak menyakitkan. Jika disarankan dilakukan pemeriksaan bagian dalam anus, biasanya dengan Prostoscope dan tidak menyakitkan. Jika mengalami masalah dengan aliran urine, kemungkinan disarankan untuk melakukan pemeriksaan uretra khusus.

Cara Pengobatan Kutil Kelamin Yang Cepat


Terkadang kutil kelamin hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan akan tetapi pada kebanyakan orang lebih memilih untuk melakukan pengobatan. Terkadang kutil akan kambuh setelah melakukan pengobatan dan menjadi kutil kelamin susah hilang. Pengobatannya bisa meliputi Cryotherapy, pemotongan kutil, pembedahan kutil dan laser.

• Cryotherapy
Cryotherapy baisanya direkomendasikan untuk mengobati beberapa kutil kecil terutama yang berkembang pada batang penis atau didekat vulva. Cryotherapy melibatkan pembekuan kutil, pembekuan ini membantu untuk membunuh sel-sel kutil dengan membelah membran luarnya. Setelah dibekukan kutil dibiarkan mencair.

Selama pengobatan Cryotherapy kemungkinan akan mengalami sensasi terbakar yang ringan hingga sedang. Setelah pengobatannya selesai, kemungkinan akan mengalami iritasi kulit yang melepuh dan rasa sakit di lokasi kutil. Usahakan hindari hubungan seksual hingga area kulit di sekitar kutil telah sembuh sepenuhnya.

• Pemotongan Kutil
Pemotongan kutil terkadang direkomendasikan untuk mengobati kutil kecil dan keras atau kutil kelamin susah hilang. Terutama kombinasi kutil kecil yang bergabung bersama untuk membentuk semacam bunga kol. Pada awal prosedur akan diberikan bius total untuk mematikan rasa disekitar kutil. Kutil dipotong dengan pembedahan atau sayatan.

Pemotongan kutil ini dapat menyebabkan jaringan parut sehingga kemungkinan tidak cocok untuk kutil yang terlihat besar. Area kulit di lokasi kutil yang diangkat akan terasa sakit sekitar 1 minggu hingga 3 minggu. Usahakan harus menghindari hubungan seksual hingga area kulit di sekitar kutil telah sembuh sepenuhnya.

• Pembedahan Kutil
Pembedahan ini dikombinasikan dengan pemotongan untuk mengobati kutil besar yang berkembang di sekitar anus atau vulva yang tidak berhasil dengan pengobatan topikal. Pemotongan digunakan untuk menghilangkan bagian luar kutil. Menghilangkan kutil dalam jumlah yang besar dengan cara ini bisa sangat menyakitkan sehingga dapat diberikan anestesi regional atau anestesi umum.

• Operasi Laser
Operasi laser kemungkinan disarankan untuk mengobati kutil kelamin susah hilang dan besar yang tidak dapat diobati dengan menggunakan menggunakan metode ablasi fisik lain karena sulit diakses seperti jauh di dalam anus atau uretra. Selama prosedur dokter menggunakan laser untuk membakar kutil, bergantung pada jumlah dan ukuran kutil. Operasi laser dapat dilakukan dengan anestesi lokal atau umum.

Semua jenis pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik penanganan khusus kutil kelamin dan penyakit kelamin lainnya yang menular. Pengobatan di klinik ini biayanya sangat terjangkau. Ditangani langsung oleh dokter yang bersangkutan dan peralatan yang digunakan sangat canggih, hubungi kami di 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Kenali Beberapa Fase Kutil Kelamin Yang Menular

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.