Sipilis adalah penyakit kelamin yang terkadang dapat terlihat seperti apa saja, atau tanda awal sipilis muncul seperti apa saja dan menyebabkan masalah serius jika dibiarkan dan diabaikan. Infeksi sipilis dapat dibagi menjadi beberapa tahap (primer, sekunder, laten dan tersier) dan ada tanda awal sipilis yang berbeda terkait dengan setiap tahapnya.

Fakta Sipilis Secara Umum

Sipilis paling umum ditularkan dengan bersentuhan dengan luka sipilis selama hubungan seksual tanpa kondom. Ini juga dapat ditularkan melalui ciuman dan bahkan pelukan jika Anda dan pasangan seksual Anda memiliki ruam sipilis dan yang paling sering muncul selama tahap kedua infeksi. Jika tidak segera diobati, sipilis akan tetap berada di dalam tubuh dan bergerah melalui berbagai tahapannya, dimana penularannya dapat terjadi. Pada tahap tersier, sipilis dapat menyebabkan masalah yang mengancam jiwa, itulah sebabnya tes atau pengujian serta pengobatan secara rutin sangat penting.

Penyebab Utama Sipilis Menular


Sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh jenis bakteri yang bernama Treponema Pallidum. Pada tanda sipilis, sipilis menghasilkan sakit yang terbuka (bisul) yang bocor dan berisi cairan dengan bakteri sipilis. Sipilis dapat ditularkan melalui kontak dengan ulkus atau luka infeksi lain yang terbentuk kemudian pada penyakit dan biasanya selama hubungan seks vaginal, seks oral dan seks anal. Jika tidak segera diobati, sipilis bergerak melalui serangkaian tahapan yang mempengaruhi berbagai bagian tubuh meskipun tahapan tersebut bisa tumpang tindih.

Baca Juga : Kenali Ciri Ciri Dan Gejala Awal Penyakit Sipilis

 

Gejala Dan Tanda Awal Sipilis

Gejala dan tanda awal sipilis bervariasi tergantung pda tahapan penyakitnya:
 
• Tahap Primer
Biasanya ulkus tunggal (chancre) muncul di area bakteri masuk ke dalam tubuh. Alat kelamin adalah area yang paling umum dikembangkan oleh chancre, akan tetapi bisul juga dapat terbentuk di sekitar mulut atau anus. Chancre itu keras dan tidak sakit dan mengeluarkan cairan yang mengandung bakteri sipilis. Terkadang kelenjar getah bening di dekat ulkus menjadi membesar, akan tetapi tetap saja tidak menyebabkan nyeri. Chancre sipilis tahap primer biasanya sembuh setelah 1 minggu atau 2 minggu meskipun orang tersebut tetap terinfeksi.
 
• Tahap Sekunder
Ruam yang kemungkinan terlihat seperti bintik-bintik berwarna merah dan halus di telapak tangan dan di telapak kaki. Ruam kulit pada lengan, kaki dan badan. Ruam dapat berupa berbagai bentuk seperti bercak kecil atau lekukan. Lepuhan yang kecil dan penuh nanah, bercak berwarna abu-abu atau merah muda yang tebal. Bercak berwarna putih didalam mulut dan selaput lendir lainnya.
 
Tanpa adanya pengobatan, gejala ruam biasanya hilang setelah 2 hari hingga 6 minggu. Gejala lain dapat termasuk pembesaran kelenjar getah bening (kelenjar bengkak), demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit tenggorokan, nafsu makan buruk, penurunan berat badan, merasa sangat lelah. Tanpa adanya pengobatan, tanda awal sipilis lain ini umumnya berlangsung sekitar 1 tahun.
 
• Tahap Laten
Tahap ini tidak menimbulkan tanda awal sipilis.
 
• Tahap Tersier
Pada tahap ini sipilis menyebabkan gejala atau tanda awal sipilis yang berkaitan dengan kerusakan organ yang parah. Gejala dan tanda awal sipilis ini dapat meliputi tumor yang merusak atau gumma, di mulut, di hidung, di lidah, di tulang, di kulit, di hati atau di organ lainnya. Terasa nyeri pada dada atau kesulitan bernafas terkait dengan kerusakan katup jantung atau kerusakan pada dinding aorta (pembuluh darah utama yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh), nyeri sendi, kelumpuhan, masalah koordinasi, kehilangan sensasi, kebutaan, kemunduran fungsi intelektual, perubahan kepribadian dan impotensi akibat kerusakan saraf atau otak.

Cara Mendiagnosis Sipilis Awal


Dokter akan mencari gejala yang khas dari penyakit ini terutama dari chancre di area genital. Dokter dapat mendiagnosis sipilis dengan mengambil sampel cairan dari tukak dan memeriksanya dengan mikroskop untuk mengetahui adanya bakteri sipilis. Dokter juga dapat menyarankan tes atau pengujian darah untuk memeriksa antibodi tertentu yang ada pada penderita sipilis. Risiko tinggi infeksi HIV pada penderita sipilis, dokter dapat merekomendasikan penderita sipilis melakukan tes atau pengujian untuk infeksi HIV.

Bagaimana Cara Mengobati Sipilis Pada Tahap Awal?


Penderita sipilis tahap primer biasanya dapat disembuhkan dengan pengobatan intravena tunggal jangka panjang. Orang pada tahap selanjutnya membutuhkan pengobatan yang lebih lama dengan antibiotik. Antibiotik lain yang efektif untuk yang alergi terhadap pengobatan. Semua pasangan seksual penderita sipilis harus segera diobati.

Bayi yang lahir dengan sipilis bawaan harus diobati dengan pengobatan antibiotik. Pengobatan sipilis ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik ini menangani sipilis dan penyakit kelamin lainnya. Ditangani langsung oleh dokter yang bersangkutan. Biaya pengobatannya sangat terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami 081336361555 atau konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Fakta Umum Mengenai Penyakit Kelamin Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.