Kutil kelamin kambuh lagi adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum yang mempengaruhi pria dan wanita. Kutil disebabkan oleh virus. Ada lebih dari 40 jenis virus yang dapat menginfeksi area genital akan tetapi kutil kelamin hanya disebabkan oleh 2 jenis virus yaitu tipe 6 dan tipe 11.

Sebagian besar wanita yang terinfeksi virus tidak akan mengetahui saat memilikinya atau saat terinfeksi. Sebagian besar sistem kekebalan tubuh akan membersihkan virus secara alami dalam 2 tahun. Kutil kelamin tidak akan menyebabkan kanker serviks (leher rahim). Jika memiliki atau terinfeksi kutil kelamin, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter dan lakukan tes atau pengujian HIV juga.

Pengertian Mengenai Kutil Kelamin

Kutil kelamin kambuh lagi adalah kutil yang terbentuk di kulit area genital. Kutil disebabkan oleh tipe-tipe tertentu dari virus, virus yang sama yang menyebabkan kutil pada area lain dari tubuh. Kutil kelamin kambuh lagi tersebar atau menular melalui hubungan seksual, hingga diklarifikasikan sebagai penyakit menular seksual (PMS) dan dapat mempengaruhi pria dan wanita. Kutil kelamin juga dikenal sebagai Condyloma Acuminata.
 
Kutil dapat berkembang di dekat vagina, serviks (leher rahim), alat kelamin atau dubur. Karena kutil kelamin membutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk berkembang maka dapat mengalami infeksi tanpa gejala apapun. Virus ini juga dapat menyebabkan hampir semua kasus kanker serviks (leher rahim) di seluruh dunia. Tipe yang paling mungkin menyebabkan kanker yang berbeda dari yang biasanya menyebabkan kutil. Namun pada kebanyakan orang yang terinfeksi lebih dari 1 tipe. Oleh karena itu orang dengan kutil kelamin atau penderita kutil kelamin kemungkinan lebih terinfeksi virus penyebab kanker.

Penyebab Kutil Kelamin Kambuh Lagi


Kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). HPV ditularkan melalui kontak genital selama seks vaginal, seks anal, terkadang seks oral atau hanya menutup kontak genital tanpa penetrasi, berbagi mainan seks (seks toys) dengan seseorang yang menderita HPV, infeksi HPV dapat menyebabkan munculnya kutil kelamin setelah waktu 2 bulan hingga 3 bulan, akan tetapi terkadang bisa lebih lama, kutil yang umum muncul atau tumbuh pada tangan dan jari disebabkan oleh tipe HPV yang berbeda dan sangat tidak mungkin untuk ditularkan ke area genital.

Baca Juga : Kenali Beberapa Fase Kutil Kelamin Yang Menular

 

Gejala Yang Mempengaruhi Kutil Kelamin Kambuh Lagi

Waktu pemulihan tergantung pada area dan jumlah kutil yang dihilangkan. Penyembuhan biasanya memerlukan waktu 1 minggu hingga 3 minggu. Ini gejala yang mempengaruhi kutil kelamin:
 
• Iritasi, terasa nyeri atau nyeri yang ringan dapat terjadi.
• Kemungkinan mengalami pembengkakan.
• Kemungkinan memiliki jaringan yang mati.
• Luka atau lepuhan dapat terbentuk.
 
Adapun pada pria dan wanita gejalanya meliputi:
 
• Demam.
• Perdarahan yang berlanjut.
• Bau busuk atau berbau kekuningan yang dapat mengindikasi infeksi.
• Rasa sakit yang berkelanjutan.
 
Usahakan hindari hubungan seksual sampai area yang terkena sembuh dan rasa sakit hilang, dan inilah gejala kutil kelamin pada wanita:
 
• Keputihan yang encer dapat terjadi selama sekitar 1 minggu hingga 3 minggu.
• Pembalut kewanitaan harus digunakan sebagai pengganti tampon selama 2 minggu hingga 3 minggu.
• Hindari hubungan seksual atau douching hingga area yang sedang dilakukan pengobatan sembuh dan biasanya selama 1 minggu hingga 3 minggu.
 
Gejala kutil kelamin pada pria biasanya terjadi di penis, skrotum atau di uretra dan usahakan hindari hubungan seksual sampai area yang terkena dinyatakan sembuh oleh dokter serta rasa sakitnya hilang. Ini biasanya memerlukan waktu antara 1 minggu hingga 3 minggu, tergantung pada ukuran area yang dilakukan pengobatan.

Bagaimana Saat Kutil Kelamin Didiagnosis?


Kutil kelamin didiagnosis secara visual selama pemeriksaan genital. Tidak ada tes atau pengujian khusus untuk HPV di area genital. Terkadang perubahan virus kutil kelamin pada serviks (leher rahim) tidak berarti akan mengembangkan kutil. Konsultasikan dengan dokter mengenai permasalahan kutil yang Anda hadapi dan lakukan pemeriksaan secara lengkap agar pengobatan dilakukan dengan baik.

Kutil Kelamin Kambuh Lagi, Bagaimana Cara Mengobatinya?


Kutil sering hilang tanpa pengobatan apapun. Pengobatan diberikan terutama karena alasan penampilan kutil yaitu ingin menghilangkan kutil dari pandangan mata dan tidak ada pengobatan untuk virusnya itu sendiri. Pengobatan akan tergantung pada penampilan, area dan jumlah kutil yang dimiliki dan kemungkinan termasuk 1 atau lebih dari pengobatan seperti:

• Pengobatan Cryotherapy (Pembekuan).
• Pengobatan yang biasanya diterapkan beberapa kali dalam 1 minggu, dan memerlukan rata-rata 4 minggu untuk menghilangkan kutil.
• Kutil internal pada vagina atau serviks (leher rahim) yang tidak dilakukan pengobatan biasanya akan hilang dengan sendirinya namun virusnya akan tetap berada di dalam tubuh dan kemungkinan kutil kelamin kambuh lagi.

Dari pada kutil kelamin kambuh lagi hanya akan membuat Anda sakit dan memperburuk kondisi tubuh Anda. Ada baiknya melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Dengan melakukan pengobatan, gejala yang ditimbulkan akan membaik dan membantu virusnya tidak menyerang ke bagian organ lainnya. Hubungi kami Klinik Utama Gracia di nomor 081336361555 atau konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Kenali Ciri Ciri Kutil Kelamin Tahap Awal

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.