Kutil kelamin adalah kutil yang terbentuk di kulit area genital. Fase kutil kelamin dari yang ringan hingga berakhir yang berat. Kutil disebabkan oleh tipe tertentu dari virus, virus yang sama yang menyebabkan kutil pada area lain dari tubuh. Kutil kelamin tersebar atau menular melalui hubungan seksual sehingga diklasifikasikan sebagai penyakit menular seksual (PMS) dan dapat mempengaruhi pria dan wanita.

Kutil kelamin juga dikenal sebagai Condyloma Acuminata. Fase kutil kelamin ini dapat berkembang di dekat vagina, di serviks (leher rahim), alat kelamin atau dubur. Karena kutil kelamin membutuhkan waktu 6 bulan untuk berkembang. Infeksi dapat dialami tanpa adanya tanda atau fase kutil kelamin apapun. Viurs ini juga menyebabkan hampir semua kasus kanker serviks (leher rahim) di seluruh dunia. Tipe yang paling mungkin menyebabkan kanker berbeda dari yang biasanya menyebabkan kutil. Namun pada kebanyakan orang terinfeksi lebih dari 1 tipe. Oleh karena itu, seseorang dengan kutil kelamin lebih mungkin terinfeksi virus penyebab kanker nya.

Penjelasan Mengenai Kutil Kelamin

Kutil kelamin terkadang disebut kutil anogenital dan disebabkan oleh virus. Ada banyak jenis virus, akan tetapi tipe 6 dan tipe 11 adalah penyebab umum kutil kelamin. Kutil terkadang hilang sendiri tanpa adanya pengobatan, akan tetapi sering bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kutil terkadang muncul kembali setelah terlihat hilang sendiri atau setelah pengobatan selesai.
 
Karena perubahan sistem kekebalan tubuh selama kehamilan, kutil dapat muncul untuk yang pertama kalinya selama kehamilan. Selama kehamilan, kutil kelamin dapat diobati dengan Cryotherapy (pembekuan). Pada wanita hamil dengan kutil harus melakukan konsultasi dan pengobatan dengan dokter.
 
Beberapa tipe virus dapat menyebabkan kanker jika tidak segera diobati secara efektif. Kanker serviks (leher rahim), vulva, vagina, anus, penis dan tenggorokan telah dikaitkan dengan virus tipe 16 dan tipe 18 (bukan tipe virus yang umum). Oleh karena itu sangat penting bagi seorang wanita dengan kutil kelamin yang berusia 25 tahun hingga 64 tahun untuk memastikan serviks (leher rahim) nya dilakukan pemeriksaan dengan dokter.

Penyebab Umum Kutil Kelamin


Kutil kelamin dapat ditularkan melalui kontak intim kulit ke kulit dengan seseorang yang memiliki Human Papilloma Virus (HPV) kutil atau melalui berbagi mainan seks (seks toys). Virus ini dapat tetap berada di dalam tubuh dan ditularkan sebelum kutilnya menjadi terlihat atau setelah kutilnya menghilang. Kemungkinan juga kutil ditularkan melalui seks oral atau saat melahirkan. Kutil tidak dapat menular dari peralatan makan, kursi toilet, kolam renang dan bak mandi.

Baca Juga : Kenali Ciri Ciri Kutil Kelamin Tahap Awal

 

Tanda Atau Fase Kutil Kelamin Menular

Fase kutil kelamin muncul pada permukaan yang lembab terutama di arah masuk vagina dan dubur pada wanita. Pada pria dan pada wanita, kutilnya dapat muncul dimana saja di area genital atau di area anal. Kutil adalah sebuah benjokan kecil yang rata dan berwarna seperti daging atau benjolan kecil yang menyerupai bunga kol.
 
Kutil tunggal biasanya memiliki diameter 1 milimeter hingga 2 milimeter namun bisa juga menjadi besar. Dalam beberapa kasus, kutil bisa sangat kecil sehingga tidak bisa melihatnya dengan kasat mata. Kutil kelamin kemungkinan tidak dapat menyebabkan gejala atau fase kutil kelamin seperti gatal, terbakar, nyeri tekan atau rasa sakit.

Cara Mendiagnosis Kutil Kelamin


Dokter biasanya menanyakan mengenai riwayat medis dan mengenai kebiasaan seksual dan penyakit kelamin sebelumnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mencari kutil kelamin. Penampilan kutil sangat khas dan paling sering didiagnosis dan tidak memerlukan tes atau pengujian lebih lanjut. Namun biasanya juga membuat kutil berwarna putih agar terlihat untuk mempermudah diagnosis. Tes atau pengujian diagnostik lain untuk fase kutil kelamin kemungkinan termasuk:

• Anoskopi
Anoscope dapat dimasukkan ke dalam anus untuk memvisualisasikan kutil di luar kulit yang terlihat.

• Biopsi Jaringan
Sedikit jaringan yang kecil diangkat dan dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

• Kolposkopi
Alat yang disebut kolposkopi digunakan untuk memperbesar dan memeriksa kemungkinan kutil di vagina dan serviks (leher rahim).

• Papanicolaou Pap Smear
Semua pasangan seksual juga harus dilakukan pemeriksaan untuk infeksinya.

Penanganan Aman Dan Khusus Untuk Kutil Kelamin


Pengobatan tergantung pada ukuran dan lokasi kutil. Meskipun kutil dapat dihilangkanm, namun masih ada beberapa virus yang tersisa di kulit dan itulah sebabnya kutil sering kambuh kembali. Beberapa obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kutil kelamin tidak dapat digunakan selama kehamilan, oleh karena itu harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Kutil yang kecil dapat diobati dengan obat-obatan yang diberikan pada kulit. Dalam beberapa kasus, Cryotherapy ke kutil akan membekukan jaringan dan membuat kutil menghilang. Beberapa kutil yang lebih besar membutuhkan pengobatan dengan laser atau operasi pengangkatan. Usahakan jangan mengobati kutil tanpa konsultasi dengan dokter atau tanpa resep dari dokter.

Pengobatan dilakukan untuk menghindari kerusakan jaringan sehat disekitarnya. Pengobatan untuk setiap fase kutil kelamin ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Pengobatan yang diberikan sangat terjamin dan terpercaya. Hanya dengan mengkonsultasikannya seperti dibawah ini atau dengan menghubungi nomor 081336361555 Anda sudah bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.

Baca Juga : Kutil Kelamin Apa Berbahaya Jika Tidak Segera Ditangani

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.