Adapun gejala awal penyakit sipilis ditentukan dengan tahapannya seperti primer, sekunder dan tersier. Jika tidak segera diobati, penyakit sipilis adalah penyakit kronis yang serius. Infeksi ini terjadi ketika yang ditemukan dalam luka penyakit sipilis menembus selaput lendir seperti anus, vagina, kepala penis dan mulut atau luka di kulit dimana saja di tubuh. Luka bisa tidak terlihat sama sekali oleh pandangan.

Penyakit Sipilis Adalah

Penyakit sipilis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini menyebar atau menular melalui kontak dengan luka penyakit sipilis (chancre) dengan seks anal tanpa kondom, oral dan lubang depan atau bahkan dengan berciuman. Kasus penyakit sipilis telah meningkat secara signifikan disetiap kota maju atau berkembang.

Penyebab Umum Penyakit Sipilis


Penyakit sipilis disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Pallidum. Penyakit sipilis dapat ditularkan melalui kontak kulit langsung dengan seseorang yang memiliki ruam atau luka penyakit sipilis atau selama hubungan seks vaginal, seks anal atau seks oral tanpa kondom. Seorang wanita hamil juga dapat menularkan infeksinya ke bayinya yang belum lahir dan dikenal dengan nama penyakit sipilis bawaan yang bisa sangat serius.

Baca Juga : Ini Gejala Penyakit Sipilis Pada Pria Yang Paling Umum

 

Inilah Tanda Dan Gejala Awal Penyakit Sipilis

Gejala awal penyakit sipilis tidak selalu jelas dan kemungkinan akhirnya menghilang dengan sendirinya, akan tetapi biasanya akan tetap terinfeksi walaupun gejalanya hilang kecuali melakukan pengobatan. Gejala awal penyakit sipilis dapat termasuk:
 
• Tahap Primer
Luka atau ulkus yang tidak menimbulkan rasa sakit akan tetapi sangat menular yang biasanya muncul pada penis, vagina atau di sekitar anus akan tetapi dapat terjadi di area lain seperti mulut. Dan biasanya berlangsung 2 minggu hingga 8 minggu sebelum menghilang akan tetapi jika infeksinya tidak segera diobati kemungkinan akan berlanjut ke tahap selanjutnya.
 
• Tahap Sekunder
Seperti ruam kulit dan sakit tenggorokan kemudian berkembang. Gejala awal penyakit sipilis dapat hilang dalam beberapa minggu setelah itu mengalami tahap laten (tersembunyi) tanpa awanya gejala awal penyakit sipilis yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Setelah ini penyakit sipilis dapat berkembang ke tahap selanjutnya yang paling berbahaya.
 
• Tahap Tersier
Pada tahap ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada tubuh dengan kondisi seperti stroke, kelumpuhan, kebutaan atau bahkan kematian.

Penyakit Sipilis Dan Cara Mendiagnosisnya


Penyakit sipilis dapat dideteksi melalui tes atau pengujian darah tertentu yang memungkinkan perlu diulang selama periode waktu tertentu. Memerlukan waktu 12 minggu saat tertular infeksi penyakit sipilis dan akan terlihat pada tes atau pengujian darah. Metode usap dapat dilakukan jika adanya luka atau sakit, konsultasikan dengan dokter secara langsung mengenai kondisi Anda. Pada setiap ibu hamil juga penting untuk melakukan tes atau pengujian.

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Sipilis?


Jika penyakit sipilis didiagnosis sejak dini, maka penyakit sipilis dapat dengan mudah diobati dengan pengobatan antibiotik dan biasanya dengan pengobatan intravena. Jenis pengobatan yang dibutuhkan atau diperlukan tergantung pada lamanya menderita penyakit sipilis. Dilakukannya pengobatan dapat menghentikan infeksi pada tahap tersier penyakit sipilis akan tetapi pengobatan tidak dapat memperbaiki kerusakan yang telah disebabkan infeksi virusnya.

Tes atau pengujian darah tindak lanjut akan direkomendasikan oleh dokter setelah telah melakukan pengobatan hingga selesai, guna memeriksa keberhasilan pengobatannya. Segera lakukan pengobatan dan jangan pernah menunda-nunda pengobatan. Karena penyakit sipilis ini sangat serius dan harus mendapatkan pengobatan yang tepat. Untuk info pengobatan di Klinik Utama Gracia bisa menghubungi nomor 081336361555 atau konsultasi medis dibawah ini.

Baca Juga : Fakta Umum Mengenai Penyakit Kelamin Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.