Penyakit kelamin sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada kesehatan jika tidak segera ditangani. Pada kebanyakan orang tidak memperhatikan gejala awalnya, akan tetapi dapat dideteksi dengan tes atau pengujian darah sederhana. Sangat mudah untuk mengobati dan menyembuhkan dengan pengobatan antibiotik pada tahap awal.

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Kelamin Sipilis?

Penyakit kelamin sipilis adalah IMS bakteri dengan berbagai gejala yang muncul dalam 4 fase atau tahapan berbeda. Biasanya gejalanya terlihat sekitar 21 hari setelah infeksi. Pengobatan dan penyembuhannya sangat mudah dilakukan pada saat tahap awal. Dengan menggunakan kondom dan bendungan gigi (penghalang plastik tipis) dapat mencegah penyakit kelamin sipilis ditularkan.

Penyebab Umum Penyakit Kelamin Sipilis Adalah


Penyakit kelamin sipilis disebabkan oleh infeksi Treponema Pallidum Spirochete. Neurosipilis memiliki 2 bentuk utama yaitu sipilis meningovaskular dan neurosipilis parenkim. Sipilis meningovaskular adalah penyakit pembuluh kecil dengan penebalan intima, obliterasi dan infark otak yang berhubungan dengan defisit neurologis fokal yang sering melibatkan saraf kranial.

Baca Juga : Ketahui Penanganan Dan Pengobatan Sipilis Pada Pria

 

Apa Saja Tanda Atau Ciri Dan Gejalanya?

Seiring perjalanan penyakitnya, penyakit ini berkembang melalui 4 fase atau tahapan dan masing-masing dengan tanda atau ciri dan gejala yang berbeda, seperti:
 
• Sipilis Primer
Ulkus tanpa rasa sakit yang disebut chancre biasanya muncul di area genital selama 3 minggu hingga 4 minggu (walaupun bisa sampai 13 minggu) setelah pertama kali terinfeksi sipilis. Selain itu juga kemungkinan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening. Cahncre berbentuk oval yang keras yang jarang sakit atau gatal dan sangat menular.
 
Pada wanita khususnya kemungkinan tidak menyadarinya, karena sering terjadi di dalam vagina. Ini juga dapat berkembang pada vulva, serviks (leher rahim), anus atau perineum (area kecil antara anus dan vulva) dan pada penis atau di mulut. Dalam kasus yang jarang muncul di tangan atau di bagian lain dari tubuh. Chancre berlangsung sekitar 4 minggu hingga 8 minggu dan kemudian menghilang bahkan jika tidak melakukan apapun. Akan tetapi infeksinya jika tidak segera diobati dapat berlanjut ke tahap berikutnya.
 
• Sipilis Sekunder
Bakteri sipilis menyebar atau menular melalui aliran darah dan biasanya menyebabkan ruam berwarna merah pada telapak tangan dan pada telapak kaki (terjadi dimana saja dari 2 minggu hingga 4 bulan setelah chancre menghilang). Kemungkinan juga memiliki tonjolan berwarna putih ke abu-abuan yang rata.
 
Dan terlihat seperti kutil di sekitar alat kelamin atau di mulut dan di tenggorokan dan sangat menular. Gejala lain dapat tremasuk sakit kepala, rambut rontok, berkurangnya nafsu makan, diare, mual, demam ringan dan nyeri pada otot, persendian atau tulang (gejalanya mirip dengan gejala flu). Pada tahap ini dapat berlanjut selama 2 tahun.
 
• Sipilis Laten
Sekitar 2 tahun setelah pertama kali tertular sipilis, infeksinya memasuki periode tidak aktif. Meskipun beberapa orang memiliki gejala selama tahap ini, tes atau pengujian darah akan menunjukkan adanya infeksi. Pada tahap ini dapat berlangsung selama beberapa tahun atau seumur hidup. Sebagian orang yang tidak melakukan pengobatan pada tahap ini, maka akan berpindah ke tahap tersier. Penyakit ini dianggap menular selama 1 tahun atau 2 tahun dari tahap laten akan tetapi tidak dapat lagi menyebar atau menular melalui kontak seksual.
 
• Sipilis Tersier
Bakteri ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada banyak organ internal termasuk otak, jantung dan sumsum tulang belakang. Beberapa orang mengembangkan luka yang menyakitkan yang disebut gumma di lidah atau di kulit dan di mulut, di tulang, di jaringan saraf atau di jantung. Pada tahap ini biasanya dimulai dalam 10 tahun sejak infeksi awal dan dapat berakhir dengan kelumpuhan, kebutaan, demensia dan kematian. Sipilis tidak menular selama tahap ini.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakitnya?


Tes atau pengujian darah dari dokter dilakukan untuk memeriksa sipilis. Jika memiliki dugaan adanya chancre, dokter akan melakukan pemeriksaan sampel dari luka untuk mendeteksi infeksi. Jika sedang hamil, dokter biasanya akan melakukan tes atau pengujian untuk sipilis untuk memastikan tidak akan menularkannya pada bayinya.

Pengobatan Aman Untuk Penyakit Kelamin Sipilis


Jika didiagnosis dan diobati sejak dini, penyakit kelamin sipilis mudah disembuhkan. Jika telah terinfeksi kurang dari 1 tahun, maka pengobatan intrabena dapat menghentikan perkembangan penyakit sipilis. Jika memiliki penyakit ini selama lebih dari 1 tahun, maka dapat disarankan dan direkomendasikan pengobatan dengan dosis tambahan.

Akan tetapi bahkan sipilis tahap tersier dapat diobati meskipun pengobatan tidak dapat membalikkan kerusakan organ apapun yang disebabkan oleh sipilis. Jika neurosipilis mempengaruhi otak atau sumsum tulang belakang maka diagnosis memerlukan rejimen intensif pengobatan yang bertahap 10 hari hingga 14 hari dan kemungkinan memerlukan pengobatan ulang untuk beberapa orang.

Jika alergi terhadap pengobatan, dokter akan menyarankan pengobatan antibiotik lain. pengobatan untuk sipilis bisa Anda dapatkan hanya di Klinik Utama Gracia. Klinik ini menangani permasalahan penyakit sipilis dan penyakit kelamin menular lainnya. Untuk konsultasi bisa dilakukan seperti dibawah ini. Atau dengan menghubungi nomor 081336361555.

Baca Juga : Cara Umum Pengobatan Sipilis Pada Wanita Dengan Cepat


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.