Kutil kelamin jika dibiarkan biasanya tidak menimbulkan gejala. Kutil biasanya datar dan tumbuh pada area genital eksternal atau di dalam vagina dan pada penis pria. Kutil sangat mengganggu. Kutil kemungkinan terkadang terada sakit dan gatal. Kutil kelamin umumnya dianggap berisiko rendah untuk berkembang menjadi kanker, akan tetapi tetap dapat diobati.

Penjelasan Mengenai Kutil Kelamin

Kutil kelamin jika dibiarkan umumnya muncul di epitel anogenital atau di dalam saluran anogenital. Kutil anogenital disebabkan oleh virus tipe 6 dan tipe 11 dan yang lainnya disebabkan oleh tipe virus lainnya. Virus tipe 16, 18, 31, 33 dan 35 terkadang ditemukan pada kutil kelamin yang terlihat dan biasanya sebagai koinfeksi dengan virus tipe 6 atau tipe 11. Virus tipe 6 dan tipe 11 juga dikaitkan dengan kutil konjungtiva, hidung, oral dan laring.

Apa Penyebab Kutil Kelamin?


Kutil kelamin disebabkan oleh virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV). Ini mudah ditularkan dari 1 orang ke orang lain melalui kontak seksual. Setelah memiliki virus, virus ini dapat tetap berada di dalam tubuh dan diteruskan sebelum kutil terlihat atau setelah menghilang. Kutil dapat berupa eksternal atau internal. Pada wanita, kutil dapat ditemukan pada vagina, vulva, serviks (leher rahim) dan anus.

Baca Juga : Atasi Saat Alami Kutil Kelamin Terasa Gatal

 

Kutil Kelamin Jika Dibiarkan, Inilah Tanda-Tandanya

Kutil kelamin jika dibiarkan sering muncul dalam kelompok. Kutil dapat muncul dalam berbagai ukuran dan terkadang kutil menjadi gatal atau meradang.
 
1. Kutil Kelamin Jika Dibiarkan Pada Wanita
Sebagian besar kasus kutil kelamin muncul di sekitar vulva dan pembukaan vagina. Seringkali kutil terlihat terlalu kecil untuk diperhatikan dan sepenuhnya tanpa gejala. Kutil kelamin dapat muncul di:
 
• Di sekitar vulva.
• Di serviks (leher rahim).
• Di dalam vagina.
• Di sekitar atau di dalam anus.
• Di selangkangan.
 
2. Kutil Kelamin Jika Dibiarkan Pada Pria
Sebagian besar kasus terjadi di sekitar anus atau du ujung penis. Kutil dapat muncul di:
 
• Pada penis terutama ujungnya.
• Di sekitar skrotum atau testis.
• Di dalam urethra (tempat urine keluar).
• Di sekitar atau di dalam anus.
• Di selangkangan.

Bagaimana Mendiagnosis Kutil Kelamin?


Dokter biasanya dapat mengetahui saat adanya kutil kelamin hanya dengan melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan internal dapat dilakukan untuk memeriksa kutil di dalam. Pada umumnya dokter meresepkan pengobatan. Pengobatan bisa meliputi pembekuan atau laser (Cryotherapy). Pengobatan kemungkinan membuat ketidaknyamanan akan tetapi akan menyembuhkannya. Adapun efeknya, oleh karena itu konsultasikan selalu dengan dokter.

Pengobatan Aman Untuk Kutil Kelamin


Pengobatan untuk kutil kelamin tergantung pada keparahaan gejalanya. Untuk kasus kutil kelamin yang lebih parah, kemungkinan memerlukan agar kutil dihilangkan secara fisik atau biasa disebut ablasi fisik. Adapun pengobatan lain untuk kutil kelamin yaitu:

• Cryotherapy untuk membekukan kutil.
• Eksisi untuk memotong kutil dengan anestesi lokal.
• Pembedahan untuk membakar kutil.
• Laser untuk akses kutil yang sulit dilihat (seperti di dalam anus) dapat dibakar dengan laser.

Untuk semua pengobatan ini usahakan menghindari hubungan seksual sepenuhnya hingga dinyatakan sembuh oleh dokter. Selain itu harus menggunakan kondom selama berhubungan seksual kurang lebih selama 3 bulan. Pengobatan ini bisa Anda temui di Klinik Utama Gracia. Klinik yang menangani pengobatan kutil kelamin dna penyakit kelamin lainnya baik pada wanita maupun pada wanita. Info pengobatan bisa menghubungi kami di 081336361555 atau layanan online kami seperti dibawah ini. Karena jika hanya ditunda-tunda pengobatannya hanya akan memperparah gejala dan meningkatkan keparahan penyakitnya.

Baca Juga : Atasi Sejak Dini Kutil Kelamin Pada Remaja

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.