Penyakit sipilis adalah infeksi bakteri dalam darah yang disebabkan oleh bakteri. Ciri penyakit sipilis itu sendiri ada bertahap-tahap, yaitu tahap primer, tahap sekunder, tahap laten awal dan tahap laten terlambat. Penyakit sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh Treponema Pallidum. Penyakit sipilis dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang atau kematian jika tidak segera diobati secara memadai.

Penyakit Sipilis Pengertiannya Adalah

Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat disembuhkan dan disebabkan bakteri. Penyakit sipilis dengan durasi kurang dari 2 tahun dapat muncul dengan ciri penyakit sipilis seperti adanya gejala (tahap primer dan tahap sekunder), tanpa adanya gejala (tahap laten awal). Penyakit sipilis dengan durasi lebih dari 2 tahun disebut penyakit sipilis tahap laten lambat dan bisanya tanpa adanya gejala.
 
Pada semua tahap ini menular dan penyakit sipilis dapat ditularkan ke pasangan seksual hingga 2 tahun jika seseorang tersebut tidak segera diobati. Dan tidak semua orang yang menderita penyakit sipilis memiliki ciri penyakit sipilis, sehingga seseorang tersebut dapat terinfeksi dan menularkannya ke orang lain tanpa disadari dan tanpda diketahui.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Sipilis?


Penyakit sipilis disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Pallidum. Memberi atau menerima seks anal dan seks oral akan tetap menularkan penyakit sipilis. Ini juga dapat ditularkan melalui kontak langsung degan luka penyakit sipilis atau yang dikenal dengan chancre. Chancre adalah luka tunggal yang keras dan tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak gatal di kulit.

Baca Juga : Inilah Salah Satu Bakteri Penyebab Sifilis

Apa Saja Tanda Dan Ciri Penyakit Sipilis?

Ciri penyakit sipilis ada 4 tahap, diantaranya :

1. Penyakit Sipilis Tahap Primer

Penyakit sipilis awalnya dapat menyebabkan luka atau bisul di sekitar area genital, mulut atau tenggorokan selama 10 hari hingga 90 hari (rata-rata 21 hari) setelah infeksi. Luka ini disebut chancre dan dapat berupa berbagai ukuran atau bentuk. Chancre seringnya tanpa rasa sakit, tidak berdarah dan teksturnya keras pada kulit. Terkadang luka ini bersifat internal dan tidak diketahui. Pada tahap primer ini jika tidak segera diobati, lukanya biasanya sembuh dan hilang setelah beberapa minggu, namun infeksi penyakit sipilis akan tetap ada di tubuh dan orang tersebut dapat menularkannya pada orang lain.

2. Penyakit Sipilis Tahap Sekunder

Antara 2 bulan hingga 6 bulan setelah terinfeksi, tahap sekunder penyakit sipilis terjadi. Gejalanya kemungkinan termasuk penyakit seperti flu, adanya ruam pada telapak tangan dan pada telapak kaki, kelenjar membengkak, kutil seperti benjolan di sekitar area yang lembab pada tubuh dan rambut rontok. Beberapa orang juga mengalami sakit kepala, kelelahan dan nyeri pada tulang, otot dan persendian. Ketika gejalanya hilang, seseorang tersebut masih bisa menularkannya pada orang lain.

3. Penyakit Sipilis Tahap Laten Awal

Pada tahap ini seseorang tersebut tidak memiliki tanda dan gejala akan tetapi menular. Salah satu cara untuk mengetahui menderita penyakit sipilis adalah dengan cara melakukan tes atau pengujian darah di laboratorium.

4. Penyakit Sipilis Tahap Laten Terlambat


Pada tahap ini seseorang tersebut tidak menular. Salah satu cara seseorang tersebut mengetahui jika menderita penyakit sipilis adalah dengan cara melakukan tes atau pengujian darah.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Sipilis?

Diagnosis secara rutin melalui tes atau pengujian darah. Jika memiliki chancre maka dokter akan menganjurkan untuk melakukan swab dari area ini. Memiliki penyakit sipilis juga harus dilakukan pemeriksaan kesehatan seksual. Jika positif HIV biasanya disarankan untuk melakukan tes atau pengujian penyakit sipilis setiap 3 bulan ketika melakukan tes atau pengujian darah secara rutin untuk memantau HIV.

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Sipilis?


Penyakit sipilis dapat diobati dengan pengobatan antibiotik intravena. Selain itu dapat diobati pada semua ciri penyakit sipilis atau setiap tahapannya dengan pengobatan antibiotik meskipun telah berkembang menjadi penyakit sipilis tahap laten terlambat dan telah menyebabkan masalah kesehatan lainnya secara permanen.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di Klinik Utama Gracia menangani pengobatan pada setiap ciri penyakit sipilis ini. Ditangani langsung oleh para dokter ahli yang sudah banyak berpengalaman didalam bidangnya serta dibantu atau didukung dengan peralatan medis canggih dan modern. Pengobatan di Klinik Utama Gracia berstandar pengobatan nasional dan tidak kalah dengan pengobatan di klinik-klinik lain. Segera konsultasikan di klinik kami dengan menghubungi nomor 081336361555 atau seperti dibawah ini.

Baca Juga : Ketahui Gejala Awal Sipilis Untuk Ditangani


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.