Kutil kelamin terasa gatal adalah salah satu gejala kutil yang ada di dekat area genital seseorang. Kutil disebabkan oleh sekelompok virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV) yang merupakan salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum. Ada banyak jenis HPV dan lebih dari 40 jenis HPV dapat menyebabkan kutil kelamin.Sebuah vaksin untuk seseorang dengan usia 9 tahun hingga 26 tahun berfungsi untuk mencegah infeksi HPV yang menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks (leher rahim).

Umumnya Pengertian Kutil Kelamin Adalah

Kutil kelamin terasa gatal adalah gejala pertumbuhan atau benjolan yang biasanya ditularkan melalui kontak seksual. Kutil disebabkan oleh beberapa jenis HPV yang merupakah PMS yang paling umum. Ada lebih dari 100 jenis HPV. Dan beberapa diantaranya menyebabkan jenis kutil yang terlihat di tangan dan di kaki. Kutil kelamin di tangan dan di kaki biasanya disebabkan oleh berbagai jenis HPV, dan lebih dari 40 jenis HPV menyebabkan kutil kelamin.

Apa Yang Menyebabkan Kutil Kelamin Terasa Gatal?


Virus yang menyebabkan kutil kelamin biasanya ditularkan melalui kontak seksual (seks anal, seks oral dan seks vaginal) dengan orang yang terinfeksi dan kutil dapat muncul dalam beberapa minggu atau beberapa bulan sesudahnya. Kutil kelamin dapat menular dari orang ke orang melalui kontak seksual intim (menyentuh alat kelamin seseorang atau melakukan hubungan seksual vaginal, oral dan anal). Kutil dapat muncul kapan saja dan terkadang memerlukan waktu yang lebih lama karena virus dapat hidup didalam tubuh untuk waktu yang lama sebelum muncul sebagai kutil.

Baca Juga : Atasi Sejak Dini Kutil Kelamin Pada Remaja

 

Kutil Kelamin Terasa Gatal Dan Gejala Lainnya

Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan jenis kutil yang terlihat di tangan dan di kaki seseorang. Namun kutil kelamin muncul didekat vulva, vagina, serviks (leher rahim) atau anus pada wanita dan didekat penis, skrotum atau anus pada pria. Kutil kelamin dapat terlihat naik atau datar, kecil atau besar. Terkadang kutil dikelompokkan bersama dalam bentuk seperti bunga kol.
 
Beberapa kutil bisa sangat kecil dan rata sehingga tidak diketahui keberadaanya. Sebagian besar kutil kelamin berwarna seperti daging dan tidak menyakitkan, akan tetapi beberapa orang kemungkinan mengalami kutil kelamin terasa gatal, kutil kelamin dengan perdarahan, kutil kelamin terasa terbakar dan kutil kelamin terasa sakit.

Kutil Kelamin Dan Cara Mendiagnosisnya


Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menanyakan mengenai aktifitas seksual. Pemeriksana dilakukan pada penis, vagina atau anus dan kemungkinan memerlukan beberapa tes atau pengujian seperti berikut ini:

• Tes atau pengujian untuk memberikan solusi pada area yang terkena dan solusinya dengan mengubah kutil menjadi berwarna putih.
• Sampel dari salah 1 kutil atau lebih kutil dapat dihilangkan dan dilakukan tes atau pengujian. Tes dan pengujian ini kemungkinan untuk menunjukkan bahwa kutil kelamin memiliki risiko lebih tinggi terhadap jenis kanker tertentu seperti kanker serviks (leher rahim).
• Pap smear dapat menunjukkan jika memiliki HPV atau masalah serviks (leher rahim) lainnya. Sampel sel dari serviks (leher rahim) dikumpulkan dan dilakukan tes atau pengujian.

Bagaimana Penanganan Tepat Untuk Kutil Kelamin?


Kutil kelamin terasa gatal yang kecil bisa sembuh tanpa pengobatan. Dalam beberapa kasus, kutil bisa menjadi lebih besar atau kemungkinan bisa menjadi lebih banyak. Pengobatan dapat membantu mencegah dari penularan kutil ke orang lain dan dapat membantu mencegah kanker serviks (leher rahim) pada wanita. Pengobatan juga dapat menghilangkan gejala dan dapat membantu merasa lebih baik.

Selain itu dibutuhkan obat-obatan untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengobati kutil kelamin. Obat-obatan untuk membantu menghentikan kutil kelamin agar tidak bertambah besar atau tidak bertambah banyak. Obat-obatan antivirus untuk membantu mengendalikan dan menghentikan pertumbuhan virus seperti HPV.

Pengobatan dengan Cryotherapy digunakan untuk membekukan dan menghancurkan kutil kelamin. Pengobatan dengan Electrocautery digunakan untuk menghancurkan kutil kelamin dengan panas. Pengobatan dengan laser digunakan untuk menghilangkan kutil kelamin yang lebih besar atau lebih tebal. Laser menggunakan panas untuk menghancurkan jaringan di sekitar atau di dekat kutil.

Pengobatan ini dapat membantu area penyembuhan tanpa meninggalkan bekas luka. Operasi atau alat bedah lainnya dapat digunakan untuk menghilangkan kutil. Semua pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan kutil kelamin terasa gatal. Info lebih lanjut bisa hubungi nomor 081336361555 atau dengan layanan online dibawah ini.

Baca Juga : Efek Kutil Kelamin Yang Tidak Segera Diobati

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.