Kutil kelamin pada remaja adalah pertumbuhan atau benjolan berdaging yang ditemukan disekitar alat kelamin dan anus. Kutil kelamin disebabkan oleh virus. Kutil kelamin juga dikenal sebagai Condyloma Acuminata atau salah satu infeksi menular seksual yang paling umum. Sebagian orang terkena kutil kelamin setiap tahunnya meskipun banyak infeksi yang tidak menyebabkan gejala.

Fakta Penting Mengenai Kutil Kelamin

Kutil kelamin pada remaja adalah kutil yang ada didekat area genital seseorang. Kutil disebabkan oleh sekelompok virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV) yang merupakan salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum. Ada banyak jenis HPV dan lebih dari 40 jenis dapat menyebabkan kutil kelamin. Sebuah vaksin untuk orang dewasa berusia 9 tahun hingga 26 tahun dipercaya untuk mencegah infeksi HPV yang dapat menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks (leher rahim).

Apa Yang Menyebabkan Kutil Kelamin?


Kutil kelamin pada remaja disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Ada sekitar 100 jenis infeksi HPV dengan sekitar 30 jenis diantaranya ditularkan secara seksual. Jika mengetahui banyak mengenai kutil kelamin, kemungkinan merasa bingung. Karena ada banyak kebingungan mengenai virus HPV dan komplikasi dari berbagai jenis virus.

Baca Juga : Pengaruh Penyakit Kutil Kelamin Pada Wanita

 

Gejala Awal Kutil Kelamin Pada Remaja

Infeksi HPV sangat umum. Terkadang infeksi HPV menyebabkan kutil yang terlihat. Namun banyak orang yang telah terpapar virus tidak dapat mengembangkan kutil yang terlihat karena sistem kekebalan tubuh dapat mengendalikan virusnya. Kutil lebih sulit diobati pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu seperti seseoran yang terinfeksi HIV. Beberapa kutil kemungkinan sulit dilihat karena terjadi atau tumbuhnya di dalam vagina, di serviks (leher rahim) atau di anus. Jika mengembangkan kutil kelamin yang trelihat, bukan berarti infeksi terjadi baru-baru ini. Karena infeksi dapat terjadi dari beberapa bulan bahkan dari beberapa tahun yang lalu.

Bagaimana Mendiagnosis Kutil Kelamin?


Tes atau pengujian secara rutin untuk HPV direkomendasikan untuk melakukan skrining untuk kanker serviks (leher rahim) dan komplikasi HPV lainnya. Tidak ada tes atau pengujian standar untuk mendiagnosis HPV. Sangat penting untuk menjalani skrining pap pada wanita secara teratur untuk mendeteksi kelainan yang mengindikasi infeksi HPV. Jika adanya kelainan, tes atau pengujian DNA dapat menguji jenis HPV risiko tinggi dan dapat dilakukan.

Penanganan Khusus Untuk Kutil Kelamin Pada Remaja


Jika memiliki kutil atau kemungkinan telah terpapar kutil kelamin dan mengkhawatirkan mengenai infeksi HPV, maka harus segera mengkonsultasikannya ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Dalam kebanyakan aksus, keberadaan kutil dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan area genital.

Infeksi HPV dapat muncul tanpa adanya kutil yang terlihat. Tidak ada tes atau pengujian darah atau usap untuk mendeteksi infeksi HPV. Tidak ada obat-obatan untuk infeksi HPV, walaupun pada kebanyakan orang dengan kutil akan hilang dengan sendirinya, namun virus nya akan tetap berada di dalam tubuh.

Kutil dapat menyebabkan atau membuat ketidaknyamanan. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini. Perubahan sel-sel serviks (leher rahim) yang disebabkan oleh infeksi HPV juga dapat diobati dan ditangani. Pengobatan kutil ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Salah satu pengobatan yang paling merekomendasi penyakit kelamin ini.

Pengobatannya dilakukan langsung oleh para dokter ahli yang sudah berpengalaman di dalam bidangnya. Dan dengan bantuan peralatan medis canggih serta modern tidak kalah dengan klinik lain. Anda tidak perlu khawatir, biaya yang harus dikeluarkan sangat terjangkau. Kutil kelamin pada remaja ada baiknya ditangani sejak ini. Penanganannya bisa dilakukan di 081336361555 atau dengan layanan online dibawah ini.

Baca Juga : Efek Kutil Kelamin Yang Tidak Segera Diobati

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.