Kencing nanah adalah penyakit menular seksual (PMS) yang dapat terjadi pada wanita. Efek kencing nanah pada wanita itu sendiri ada banyak jika tidak segera diobati. Penyebab kencing nanah adalah bakteri yang dikenal dengan Neisseria Gonorrhoeae. Sebagian besar terjadi di bagian tubuh yang hangat dan lembab. Bagian-bagian ini dapat mencakup vagina, anus, uretra, tenggorokan, mata dan slauran reproduksi wanita lainnya.

Penjelasan Mengenai Kencing Nanah

Kencing nanah adalah infeksi bakteri pada alat kelamin, tenggorokan atau dubur. Kencing nanah dapat menyebabkan infertilitas pada wanita. Kenicng nanah dapat disembuhkan. Kencing nanah dapat menginfeksi serviks (leher rahim), uretra (saluran urine), rahim, saluran tuba, ovarium, testis, dubur, faring (tenggorokan) dan terkadang mata. Pada wanita cenderung tidak memiliki gejala apapun.

Apa Penyebab Utama Kencing Nanah?


Kencing nanah disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae dan menular melalui hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral tanpa kondom dengan seseorang yang terinfeksi. Ini juga dapat menular dari ibu ke bayinya selama kelahiran. Dalam kebanyakan kasus, kencing nanah ditularkan dari 1 orang ke orang lain melalui:

• Hubungan seks tanpa kondom (oral, anal dan vaginal).
• Rimming (kontak mulut ke anus).
• Penggunaan mainan seks (seks toys) tidak dicuci.

Kencing nanah tidak dapat menular melalui:

• Pelukan.
• Ciuman.
• Kolam renang atau sauna.
• Kursi toilet.
• Berbagi peralatan makan atau peralatan mandi.

Baca Juga : Sering Diabaikan Gejala Kencing Nanah Wanita

 

Apa Saja Gejala Dan Efek Kencing Nanah Pada Wanita?

Beberapa orang tidak mengetahui saat memiliki infeksi karena kemungkinan tidak memiliki gejala atau efek kencing nanah pada wanita. Jika gejala dan efek kencing nanah pada wanita terjadi, biasanya berkembang beberapa hari atau selama 1 minggu setelah bakterinya masuk ke area genital saat berhubungan seks dengan seseorang yang menderita kencing nanah. Beberapa gejala atau efek kencing nanah pada wanita meliputi:
 
• Nyeri kram di perut bagian bawah tepat diatas tulang kemaluan.
• Perubahan sekresi vagina (perubahan warna dan bau).
• Rasa sakit atau sensasi terbakar ketika kencing.
• Perdarahan atau bercak antara periode dan setelah berhubungan seksual.
• Rasa sakit selama atau setelah berhubungan seksual.
• Kelenjar yang terinfeksi membesar dan menyakitkan di dekat lubang vagina (kelenjar bartholin).
• Keputihan.

Cara Mendiagnosis Kencing Nanah


Jenis tes atau pengujian akan tergantung pada gejala atau efek kencing nanah pada wanita. Pada wanita, tes atau uji usap diambil dari vagina. Terkadang swab diperlukan dari tenggorokan atau rektum. Dokter dapat melakukan tes atau pengujian ini untuk mendiagnosis kencing nanah pada wanita. Agar pengobatan dapat ditentukan.

Penanganan Untuk Kencing Nanah Pada Wanita


Penanganan untuk kencing nanah dengan antibiotik. Penanganan biasanya terdiri dari kombinasi 2 pengobatan antibiotik. Pengobatan intravena ke otot dan pengobatan sebagai dosis tunggal. Pasangan seksual Anda juga harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan. Untuk menghidari penularan secara bolak balik.

Setelah pengobatan disarankan untuk melakukan tes atau pengujian guna memastikan infeksinya telah hilang. Tes atau pengujian ulang ini biasanya dilakukan 2 minggu setelah pengobatan. Pengobatan untuk kencing nanah ini sendiri bisa Anda lakukan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan kencing nanah dan penyakit kelamin lainnya.

Klinik Utama Gracia sangat merekomendasi setiap pengobatan penyakit kelamin. Pengobatannya dilakukan langsung oleh dokter ahli yang berpengalaman di dalam bidangnya. Klinik yang sangat terpercaya dan terjamin dalam hal pengobatannya. Untuk melakukan pengobatan di klinik ini Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan melakukan konsultasi dengan layanan konsultasi seperti dibawah ini.

Baca Juga : Ketahui Penyakit Kencing Nanah Menular Melalui Apa Saja?

 

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.