Kutil kelamin pada wanita adalah benjolan kecil, rata dan berwarna daging atau benjolan kecil seperti kembang kol. Kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Ada banyak jenis HPV, tidak semuanya dapat menyebabkan kutil kelamin. HPV dikaitkan dengan kanker vulva dan kanker anus. Namun, infeksi HPV tidak selalu menyebabkan kanker.

Kutil Kelamin Pada Wanita Secara Umum

Kutil kelamin adalah pertumbuhan kulit di area selangkangan, genital atau anal. Kutil dapat memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda. Beberapa terlihat seperti bercak putih datar dan yang lainnya bergelombang seperti bunga kol. Terkadang kutil tidak bisa dilihat sama sekali. Dengan menggunakan mikroskop untuk melihat kutil yang sangat kecil. Walaupun kutil tidak terlihat namun masih tetap dapat menularkannya ke orang lain.

Apa Yang Menyebabkan Kutil Kelamin?


Human Papilloma Virus (HPV) menyebabkan kutil kelamin. HPV adalah infeksi menular seksual (IMS). Cara paling umum tertularnya HPV adalah dengan melakukan hubungan seks oral, seks vaginal dan seks anal dengan seseorang yang terinfeksi HPV. Untuk mencegah kutil kelamin adalah tidak melakukan hubungan seksual.

Jika aktif secara seksual, melakukan hubungan seksual hanya dengan pasangan yang tidak terinfeksi HPV dan yang hanya berhubungan seksual hanya akan menurunkan risiko terkena kutil kelamin. Kutil kelamin yang tidak terlihat bukan berarti tidak bisa menular. Infeksi ini dapat memiliki masa inkubasi yang panjang.

Terkadang , kutil kelamin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Kutil kelamin pada wanita kemungkinan berada di area yang tidak bisa terlihat seperti di dalam tubuh dan di permukaan serviks (leher rahim). Dengan menggunakan kondom dapat mencegah tertular HPV dari seseorang yang memilikinya. Namun, kondom tidak selalu dapat menutupi semua kulit yang luka.

Baca Juga : Efek Kutil Kelamin Yang Tidak Segera Diobati

 

Apa Saja Gejala-Gejalanya?

Pada kebanyakan orang tidak memiliki gejala saat terinfeksi HPV dan tidak memiliki kutil kelamin. Virus HPV dapat tetap berada di tubuh dan tidak menyebabkan gejala apapun selam bertahun-tahun. Jika memiliki kutil kelamin, biasanya mulai tumbuh 3 minggu hingga 8 bulan setelah terinfeksi, akan tetapi bisa sampai 18 bulan juga. Kutil kelamin pada wanita kemungkinan tumbuh pada:
 
• Pada vulva (bibir di bagian luar vagina).
• Di dalam atau di luar vagina.
• Di serviks (leher rahim).
• Di dalam uretra (tabung yang membawa urine dari kandung kemih dan keluar melalui vulva).
• Di dalam atau di luar anus.

Bagaimana Kutil Kelamin Didiagnosis?


Jika melihat adanya kutil di area genital, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter kemungkinan dapat mendiagnosis kutil hanya dengan melakukan pemeriksaan. Pada wanita, tes pap dapat membantu mendeteksi perubahan pada serviks (leher rahim) yang disebabkan oleh kutil kelamin. Setelah berbagai tes atau pengujian dilakukan, diagnosis bisa ditentukan dan menentukan pengobatan yang akan dilakukan.

Cara Menyembuhkan Kutil Kelamin Pada Wanita


Ada banyak cara untuk mengobati kutil kelamin, akan tetapi juga merupakan pilihan untuk tidak melakukan pengobatan sama sekali. Kutil kemungkinan sembuh dengan sendirinya. Jika melakukan pengobatan, jenis pengobatan tergantung pada jenis kutil yang di miliki seperti ukuran kutil, letak kutil dan banyaknya kutil serta tingkat keparahannya.

Usahakan tidak menggunakan pengobatan lain untuk menghilangkan kutil. Karena bisa merusak jaringan sensitif di area genital. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi yang dialami. Dengan melakukan berbagai tes atau pengujian. Maka pengobatan untuk kutil kelamin bisa ditentukan.

Kutil dapat dihilangkan akan tetapi infeksi virus itu sendiri tidak dapat disembuhkan. Virus ini akan terus hidup di dalam kulit. Ada banyak pengobatan untuk kutil kelamin seperti laser, operasi atau dengan membekukannya. Pengobatan ini bisa Anda dapatkan di Klinik Utama Gracia. Klinik yang menangani permasalahan kutil kelamin pada wanita. Segera hubungi kami di 081336361555 untuk melakukan pengobatan. Atau dengan menggunakan layanan online dibawah ini.

Baca Juga : Kutil Kelamin Apakah Bisa Hilang Sendiri Tanpa Pengobatan

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.