Sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS), gejala awal sipilis biasanya dari infeksi bakteri. Gejala awal sipilis sangat ringan, dan disalahartikan sebagai ruam. Salah satu gejala awal sipilis yang paling umum adalah chancre dimana infeksi tersebut menyebar atau menular. Luka ini dapat muncul disekitar alat kelamin seperti di penis atau di vagina, di dalam vagina, di sekitar anus, di dalam rektum serta di dalam atau di sekitar mulut.

Dengan demikian, sipilis dapat ditularkan melalui hubungan seks vaginal, seks oral dan seks anal. Gejala awal sipilis selalu diabaikan, oleh karena itu tes atau pengujian penyakit menular seksual (PMS) harus dilakukan secara teratur, untuk mencegah penyebaran bakteri dan menghindari komplikasi berbahaya yang muncul pada tahap selanjutnya.

Apa Itu Sipilis?

Sipilis atau lebih umum infeksi bakteri disebut sebagai penyakit menular seksual (PMS) yang sangat menular. Setelah infeksinya terjadi, bakteri menyebar atau menular dengan cepat melalui sistem limfatik dan aliran darah orang yang terinfeksi dan menyebabkan sejumlah gejala awal sipilis. Jika masalahnya tidak segera diobati.
 
Infeksi melewati 3 tahap penting yaitu primer (3 minggu hingga 4 minggu setelah infeksi), sekunder (4 minggu hingga 8 minggu setelah infeksi) dan tersier (1 tahun hingga 30 tahun setelah infeksi). Luka kulit baik sipilis sekunder maupun sipilis primer dengan mudah sembuh dari beberapa minggu atau beberapa bulan. Tahap tersier dan tahap sekunder dibagi pada periode tidak aktif selama periode ini penderitanya tidak mengalami gejala apapun dan bahkan tampak sehat.

Penyebab Umum Sipilis


Infeksi yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum menyebabkan sipilis. Penyebaran atau penularannya melalui:

• Hubungan seks anal dan hubungan seksual mengarah ke sipilis. Seseorang dengan lebih dari 1 pasangan seksual berisiko terkena sipilis. Homoseksual pria memiliki risiko lebih ringgi terkena sipilis.
• Pada wanita hamil yang terinfeksi sipilis kemungkinan akan memindahkan infeksi ke janinnya. Sipilis juga dapat menular ke bayi pada saat melahirkan.

Baca Juga : Ketahui Penyembuhan Sipilis Dengan Tepat

 

Inilah Gejala Awal Sipilis

1. Gejala Sipilis Tahap Primer
• Chancre atau ulkus tanpa rasa sakit pada vagina, penis, mulut, area dubur atau serviks (leher rahim).
• Kelenjar getah bening membesar di area chancre.
 
2. Gejala Sipilis Tahap Sekunder
• Demam rendah.
• Ruam kulit pada telapak tangan serta pada telapak kaki.
• Radang tenggorokan.
• Kesehatan yang memburuk.
• Rambut rontok.
• Nyeri dan sakit kepala.
• Kelenjar getah bening yang membesar di pangkal paha, leher atau ketiak.
 
3. Gejala Sipilis Tahap Tersier
• Kehilangan kontrol kandung kemih.
• Kehilangan keseimbangan.
• Nyeri.
• Impotensi.
• Kebutaan.
• Gagal jantung kongestif karena kerusakan katup aorta.

Bagaimana Sipilis Didiagnosis?


Untuk melakukan diagnosis sipilis biasanya dokter dengan melakukan pemeriksaan fisik. Lalu untuk tes atau pengujian lanjutannya dengan tes atau pengujian darah atau bakteri dan antibodi. Tes atau pengujian mikroskopis cairan dari luka dan pungsi lumbal (tindakan medis lainnya). Tindakan-tindakan ini bisa mendiagnosis sipilis secara lengkap.

Bagaimana Sipilis Diobati Dengan Obat-Obatan?


Pemilihan untuk pengobatan sipilis termasuk:

• Pengobatan untuk membantu penyembuhan sipilis tahap sekunder atau sipilis tahap primer. Selain itu, ada pengobatan antibiotik yang lain untuk di rekomendasikan untuk seseorang yang alergi terhadap pengobatan. Pasangan seksual juga harus melakukan pengobatan.
• Pengobatan dilakukan untuk mencegah sipilis menyebar atau menular, usahakan tidak melakukan hubungan seksual saat menjalani pengobatan atau kemungkinan setidaknya melakukan pemeriksaan lanjutan. Untuk lebih spesifik, selalu pastikan untuk tidak melakukan hubungan seksual saat menjalani pengobatan atau kemungkinan setidaknya selama melakukan pemeriksaan lanjutan.

Segala bentuk pemeriksaan dan pengobatan bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Dan dengan pengobatan yang sangat efektif sangat membantu jalannya pengobatan. Biaya pengobatannya sangat terjangkau tidak terlalu mahal. Anda tidak perlu bingung dan khawatir ketika ingin melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Tinggal menghubungi nomor 081336361555 atau dengan konsultasi seperti dibawah ini.

Baca Juga : 4 Tahap Dan Tanda Tanda Seseorang Terkena Penyakit Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.