Kencing nanah wanita adalah penyakit kelamin bakteri yang dapat menyebabkan infeksi parah di area genital, rektum dan tenggorokan. Ini adalah infeksi yang sangat umum di kalangan anak muda usia 15 tahun hingga 24 tahun. Kencing nanah menyebabkan kerusakan serius dan permanen pada sistem reproduksi wanita.

Pengertian Kencing Nanah Pada Umumnya

Kencing nanah wanita adalah infeksi bakteri. Kencing nanah adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh Neisseria Gonorrhoeae. Tes atau pengujiannya untuk mencari DNA bakteri kencing nanah. Sampel diambil dari serviks (leher rahim), uretra dan dubur. Sampel dikirim ke laboratorium untuk dilakukan analisis. Tes atau pengujian ini dilakukan untuk mengetahui bakteri kencing nanah dari bakteri klamidia. Chlamydia adalah infeksi menular seksual yang umum, karena klamidia yang kencing nanah menyebabkan gejala yang sama.

Apa Penyebab Kencing Nanah Wanita?


Kencing nanah disebabkan oleh Neisseria Gonorrhoeae. Kencing nanah disebarkan pada seseorang yang melakukan hubungan seks anal, seks oral dan seks vaginal dengan seseorang yang menderita kencing nanah. Seorang wanita hamil juga dapat menularkan infeksinya pada anaknya saat melahirkan.

Baca Juga : Pahami Penyebab Kencing Nanah Pada Laki-Laki

Gejala Kencing Nanah Wanita


Pada kebanyakan wanita dengan kencing nanah tidak memiliki gejala apapun. Bahkan ketika seorang wanita memiliki banyak gejala, biasanya ringan dan dapat disalahartikan sebagai infeksi kandung kemih atau infeksi vagina. Wanita dengan kencing nanah berisiko mengalami komplikasi serius dari infeksi, dan bahkan jika tidak memiliki gejala. Gejala pada wanita bisa meliputi :

• Sensasi nyeri atau terbakar saat kencing.
• Peningkatan keputihan vagina.
• Perdarahan vagina antar periode.
• Paparan atau gejala kencing nanah.
Keputihan berwarna kekuningan, tebal dan berbau.
• Perdarahan pertengahan siklus yang tidak terduga.
• Perdarahan setelah berhubungan seksual atau douching.
• Nyeri panggul (pelvic) yang parah.
• Nyeri perut bagian bawah disertai keputihan dan demam.
• Kencing yang menyakitkan atau sering dan ketidakmampuan untuk kencing.
• Komplikasi seperti nyeri dada.

Karena kencing nanah sering tanpa gejala pada wanita, wanita yang aktif secara seksual harus melakukan tes atau pengujian untuk kencing nanah 1 tahun 1 kali. Jika seorang wanita hamil atau berencana untuk memiliki anak, maka harus melakukan pengujian juga. Pada kebanyakan orang tidak memiliki gejala, oleh karena itu harus melakukan tes secara teratur. Gejala dapat terjadi kapan saja.

Bagaimana Kencing Nanah Didiagnosis?

Untuk mendapatkan tes atau pengujian kencing nanah. Semua wanita yang aktif secara seksual dibawah usia 25 tahun harus melakukan tes atau pengujian untuk kencing nanah setiap tahunnya dan pada wanita usia 25 tahun ke atas harus melakukan tes atau pengujian jika memiliki pasangan baru, banyaknya pasangan atau memiliki pasangan dengan penyakit menular seksual (PMS). Tes atau pengujian kencing nanah yang membutuhkan sampel urine. Pada wanita, tes atau pengujian untuk kencing nanah juga dapat dilakukan dengan mengusap serviks (leher rahim) atau vagina selama pemeriksaan panggul (pelvic).

Penanganan Cepat Untuk Kencing Nanah Wanita


Kencing nanah wanita dapat diobati dan disembuhkan dengan 2 antibiotik berbeda yang digunakan secara bersamaan. Usahakan tidak melakukan hubungan seksual sebelum infeksinya dinyatakan sembuh oleh dokter. Kencing nanah sangat menular dan dapat menyebabkan komplikasi serius. Dan harus segera diobati.

Kencing nanah bisa menjadi resisten terhadap berbagai antibiotik dan karenanya bisa lebih sulit untuk diobati. Setelah pengobatannya selesai, sangat penting untuk melakukan tes atau pengujian ulang untuk memastikan infeksinya sudah sembuh. Infeksi kencing nanah sering terjadi, oleh karena itu semua pasangan seksual harus melakukan pengobatan.

Pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik yang menangani kencing nanah dengan sangat efektif. Ditangani langsung oleh dokter ahli dan dibantu dengan peralatan medis canggih. Namun tidak perlu khawatir biaya yang harus dikeluarkan sangat terjangkau. Tunggu apa lagi, segera lakukan pengobatan dengan menghubungi nomor 081336361555 atau konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Pencegahan Terhadap Penyebaran Kencing Nanah Gonore


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.