Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak segera diobati. Tanda dan gejala sifilis itu sendiri ada beberapa tahap diantaranya tahap primer, tahap sekunder, tahap laten dan tahap tersier. Ada berbagai tanda dan gejala sifilis yang trekait dengan setiap tahapnya.

Sifilis Dan Penjelasannya

Sifilis adalah IMS yang mempengaruhi banyak organ atau sistem tubuh. Biasanya ditularkan selama hubungan seks vaginal, seks oral dan seks anal tanpa komdom. Ini juga dapat ditularkan dari kontak langsung dengan alat kelamin pasangan seksual, bahkan jika tidak ada ejakulasi. Seorang ibu yang terinfeksi dapat menularkan sifilis ke anak atau bayinya yang belum lahir selama persalinan dan dapat menyebabkan konsekuensi lain, oleh karena itu pada sebagian besar wanita hamil disarankan untuk melakukan tes atau pengujian skrining sifilis sejak awal kehamilan.

Inilah Penyebab Dari Pada Sifilis


Sifilis disebabkan oleh bakteri yang disebut Treponema Pallidum (T. Pallidum). Seperti halnya penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri yang serupa, infeksi menular dari orang ke orang melalui cairan tubuh paling umum melalui aktifitas seksual tanpa pelindung, yang terkadang ketika luka yang terinfeksi bersentuhan dengan luka terbuka atau goresan.

Baca Juga : Simak, Penanganan Sifilis Secara Tepat

 

Beberapa Tanda Dan Gejala Sifilis Yang harus Diketahui

Tanda dan gejala sifilis pada orang dewasa sangat bervariasi menurut tahapannya:
 
• Tahap Primer
Selama tahap primer sifilis, kemungkinan adanya 1 luka atau beberapa luka. Luka di area dimana sifilis memasuki tubuh. Luka biasanya berbentuk bulat dan tidak nyeri. Karena tidak menimbulkan rasa sakit maka tidak diperhatikan. Luka biasanya berlangsung 3 minggu hingga 6 minggu dan sembuh tanpa pengobatan. Jika tidak segera ditangani dapat berpindah ke tahap sekunder.
 
• Tahap Sekunder
Selama tahap sekunder, kemungkinan memiliki ruam kulit atau luka membran mukosa. Luka membran mukosa adalah luka di mulut, di vagina atau di anus. Tahap ini biasanya muncul dengan ruam pada 1 atau lebih area di tubuh. Ruam dapat muncul ketika luka primer sembuh. Ruam dapat terlihat seperti bintik-bintik kasar, merah atau kemerahan pada telapak tangan atau bagian bawah kaki.
 
Ruam biasanya tidak gatal sehingga tidak menyadarinya. Tanda dan gejala sifilis lain yang kemungkinan dimiliki adalah demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok, sakit kepala, penurunan berat badan, nyeri otot dan kelelahan. Tanda dan gejala dari tahap ini akan hilang, namun jika tanpa adanya pengobatan akan berlanjut ke tahap laten.
 
• Tahap Laten
Tahap laten sifilis adalah ketika adanya tanda dan gejala sifilis yang terlihat. Jika tidak segera ditangani, akan terus memiliki sifilis di tubuh selama bertahun-tahun tanpa adanya tanda dan gejala sifilis.
 
• Tahap Tersier
Kebanyakan orang dengan sifilis yang tidak diobati tidak mengalami sifilis tersier. Namun, ketika itu terjadi, itu dapat mempengaruhi banyak sistem organ yang berbeda. Ini termasuk jantung dan pembuluh darah, dan otak dan sistem saraf. Sifilis tersier sangat serius dan akan terjadi 10-30 tahun setelah infeksi Anda mulai. Pada sifilis tersier, penyakit ini merusak organ internal Anda dan dapat menyebabkan kematian.

Diagnosis Sifilis Secara Umum


Sifilis dapat diidentifikasi dari tes atau pengujian darah yang sederhana. Seseorang yang menderita luka selaput lendir. Tes atau diagnosis dilakukan dilaboratorium. Tes atau pengujian dilakukan agar diagnosis didapatkan. Setelah didiagnosis, pengobatan untuk sifilis ditentukan oleh dokter. Karena pengobatan dilakukan lebih cepat akan lebih baik.

Obati Sifilis Sejak Dini Sebelum Parah


Sifilis dapat diobati dengan antibiotik. Lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk memeriksa infeksinya dan untuk memastikan pasangan untuk dilakukan pemeriksaan dan pengujian juga agar tidak saling menginfeksi kembali. Selain itu, usahakan hindari kontak seksual untuk mencegah infeksinya bertambah semakin parah.

Pengobatan efektif untuk sifilis ini bisa Anda lakukan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan penyakit kelamin. Anda bisa menghubungi kami untuk melakukan pengobatan di nomor 081336361555 atau dengan menggunakan layanan konsultasi online dibawah ini. Klinik kami dilengkapi dengan peralatan medis terbaru, canggih dan modern.

Baca Juga : Ketahui Gejala Penderita Sifilis Yang Sering Diabaikan

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.