Kencing nanah pada laki laki adalah infeksi menular seksual (IMS). Ini adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri (kuman) yang disebut Neisseria Gonorrhoeae. Dan dapat tumbuh di uretra (saluran kemih) pada pria. Kencing nanah juga bisa tumbuh di mulutm di tenggorokan, di mata dan di anus (dubur).

Penjelasan Mengenai Kencing Nanah

Kencing nanah adalah IMS yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Kencing nanah dapat menginfeksi lapisan uretra, rektum, tenggorokan atau selaput yang menutupi bagian depan mata (konjungtiva dan kornea). Kencing nanah pada laki laki sangat berbahaya dan harus segera mencari cara mengobatinya.

Inilah Penyebab Penyakit Kencing Nanah


Kencing nanah pada laki laki disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae dan dapat ditularkan melalui hubungan seks oral, seks vaginal atau seks anal dari orang yang terinfeksi. Terkadang dapat menyebabkan infeksi mata ketika tangan terinfeksi dengan cairan anal atau dari cairan penis dan menyentuh mata. Seseorang yang terinfeksi dapat menularkan infeksinya tersebut kapan saja sehingga harus segera diobati dengan antibiotik. Selain itu juga bisa ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke bayinya selama kelahiran.

Baca Juga : Kencing Nanah Jika Dibiarkan Berakibat Fatal

 

Apa Saja Gejala Kencing Nanah Pada Laki Laki

Pada pria yang kemungkinan menderita kencing nanah tanpa adanya gejala apapun sehingga dapat terinfeksi atau menyebarkan dan menularkan infeksi. Beberapa pria tidak pernah mengalami gejala, akan tetapi pada kebanyakan yang memiliki gejala termasuk:
 
• Infeksi tenggorokan dan infeksi anal dapat terjadi setelah berhubungan seks oral dan seks anal reseptif dan infeksi ini sering terjadi tanpa adanya gejala.
• Nyeri sendi dan infeksi (radang sendi).
• Konjungtivitis (radang selaput mata dan mata) pada orang dewasa dan anak-anak. Pada bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi dapat terinfeksi ketika melewati serviks (leher rahim) yang terinfeksi dan dapat mengalami konjungtivitis gonokokal setelah lahir.
 
Memiliki infeksi menular seksual (IMS) meningkatkan risiko infeksi HIV jika terpajan virus HIV saat infeksi lainnya ada. Kencing nanah pada laki laki dapat menyebabkan urethritis (infeksi uretra, saluran kemih yang keluar dari kandung kemih keluar di ujung penis yang menyebabkan:
 
• Keluar nanah dari penis.
• Sensasi terbakar pada penis saat kencing.

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?


Dokter dapat mengambil sampel dengan menyeka area yang terinfeksi (uretra, dubur dan tenggorokan). Tes atau pengujian urine juga umum digunakan untuk mendiagnosis. Sampel dilakukan analisis di laboratorium untuk dilakukan pengujian. Tes atau pengujian tindak lanjut untuk memastikan kesembuhannya sangat dianjurkan. Tes atau pengujian tindak lanjut dengan urine harus dilakukan setiap minggunya setelah dilakukan tes atau pengujian kultur (swab).

Penanganan Efektif Kencing Nanah Pada Laki Laki


Pengobatan antibiotik yang efektif sesuai dengan resep dari dokter. Setelah melakukan pengobatan, tes atau pengujian tindak lanjut kemungkinan diperlukan untuk melihat adanya infeksi yang telah sembuh. Pengobatan jika diberikan dengan segera setelah infeksi. Maka infeksinya dapat menyebabkan komplikasi dalam seumur hidup.

Kencing nanah diobati dengan antibiotik. Usahakan tidak melakukan hubungan seksual sebelum dinyatakan sembuh oleh dokter. Gejala-gejalanya akan hilang dalam beberapa hari setelah pengobatan. Jika gejalanya tidak hilang, maka lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter karena infeksi kemungkinan memerlukan pengobatan tambahan.

Sangat penting untuk melakukan pengujian ulang untuk memastikan infeksinya hilang. Pengobatan ini bisa Anda dapatkan di Klinik Utama Gracia. Klinik yang menangani kencing nanah beserta penyakit kelamin lainnya. Hanya dengan menghubungi nomor 081336361555 Anda sudah bisa melakukan pengobatan di klinik kami, atau dengan konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Inilah Penyakit Kencing Nanah Laki Laki Yang Umum

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.