Kutil Kelamin Apakah Bisa Hilang Sendiri
Kutil Kelamin Apakah Bisa Hilang Sendiri

Kutil kelamin apakah bisa hilang sendiri? Kutil kelamin adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum dan merupakan pertumbuhan kulit pada area genital yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Kutil kelamin biasanya tidak berbahaya dan sering hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Kutil kelamin dapat ditemukan pada penis, skrotum, vulva (seluruh area genital wanita bagian luar), anus (dalam dan luar) atau selangkangan.

Apa Kutil Kelamin Itu?


Kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Kutil kelamin bisa tertular di sekitar anus dan penis. Beberapa orang yang menderita HPV sering mendapatkannya. Pada kebanyakan pria adalah pembawa HPV tanpa pernah mengalami gejala apapun. Kutil kelamin apakah bisa hilang sendiri? Kutil kelamin akan sering menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Baca Juga : Kutil Kelamin Apakah Bisa Sembuh Dengan Pengobatan Yang Tepat?

Penyebab Umum Kutil Kelamin


Kutil kelamin disebabkan oleh salah satu virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV). Virus HPV ditularkan melalui kontak kulit termasuk seks oral dan seks anal. HPV dapat ditularkan meskipun tidak adanya kutil yang terlihat. Lalu, apakah kutil kelamin bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan?

Gejala Yang Mempengaruhi Kutil Kelamin

Gejala pertama kemungkinan sudah muncul setelah 3 minggu, akan tetapi bisa juga memakan waktu hingga 1 tahun sebelum terlihat. Kutil yang kecil yang kemungkinan pertama kali muncul di sekitar penis atau didalam dan di sekitar anus akan hampir tidak terlihat. Meskipun kecil pada awalnya, namun akhirnya dapat berkembang menjadi kutil berwarna seperti kembang kol yang bentuknya tidak beraturan. Kutil biasanya tidak terasa gatal dan tidak sakit. Pada kebanyakan orang pembawa HPV tidak mengetahui saat tertular kutil kelamin atau tidak menyadari saat terdapat kutil kelamin.

Diagnosis Kutil Kelamin Dan Kutil Kelamin Apakah Bisa Hilang Sendiri?


Tidak ada tes atau pengujian untuk kutil kelamin, kutil didiagnosis selama pemeriksaan area genital. Dengan melihat kelainan pada kulit, dokter dapat menyatakan Anda memiliki kutil kelamin atau tidak. Tidak diperlukan tes atau pengujian darah atau tidak dan tidak memerlukan kultur. Konsultasikan lebih lanjut mengenai kondisi yang Anda alami.

Kutil Kelamin Apakah Bisa Hilang Sendiri
Kutil Kelamin Apakah Bisa Hilang Sendiri

Kutil Kelamin Apakah Bisa Hilang Sendiri? Inilah Pengobatannya


Jika kutil tidak membuat ketidaknyamanan maka diperlukan pengobatan. Kutil kelamin apakah bisa hilang sendiri? Kutil kelamin biasanya hilanga dengan sendirinya dalam waktu 2 tahun. Jika kutil kelamin menyebar atau Anda merasakan ketidaknyamanan, segera cari cara untuk mengobatinya. Ada berbagai pilihan pengobatan untuk kutil kelamin.

Bisa dengan obat-obatan lain atau dengan membekukannya atau dengan menghilangkannya dengan laser atau pembedahan. Menghilangkan kutil tidak akan menghilangkan virus yang menyebabkannya dari tubuh. Yang berarti setelah selesai melakukan pengobatan, maka masih bisa tertular kembali. Pengobatan untuk kutil kelamin tergantung pada jenis kutil yang dimiliki dan dimana kutil itu berada.

Biasanya Anda tidak perlu melakukan pengobatan jika tidak ada kutil yang terlihat. Kutil pada serviks (leher rahim) tidak memerlukan obat-obatan kecuali jika menyebabkan gejala. Pengobatan kemungkinan memakan waktu beberapa minggu untuk menghilangkan kutil yang terlihat akan tetapi tidak dapat menghilangkan virus sepenuhnya dari kulit. Kutil kelamin apakah bisa hilang sendiri? Jika tidak diobati, kutil kelamin bisa hilang dengan sendirinya. Dengan berhenti merokok dapat meningkatkan pembersihan kutil yang terlihat.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa melakukan konsultasi mengenai kutil kelamin di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan kutil kelamin. Klinik Utama Gracia adalah klinik yang mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. Hanya dengan menghubungi nomor kami di 081336361555 atau dengan layanan konsultasi dibawah ini maka konsultasi dapat dilakukan.

Baca Juga : Kutil Kelamin Apakah Menular Jika Tidak Diobati?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.