kencing nanah dan sipilis apakah sama
kencing nanah dan sipilis apakah sama

Kencing nanah dan sipilis apakah sama? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya ketahui dahulu apa itu kencing nanah dan sipilis. Berikut ini penjelasannya.

Kencing nanah pada wanita juga dapat menginfeksi serviks (leher rahim). Kencing nanah paling sering menyebar saat berhubungan seksual. Akan tetapi bayi dapat terinfeksi saat melahirkan jika ibunya terinfeksi. Pada bayi, kencing nanah paling sering menyerang mata. Kencing nanah adalah infeksi umum yang banyak kasusnya dan tidak menyebabkan gejala. Bahkan kemungkinan tidak mengetahui saat terinfeksi. Sipilis adalah infeksi bakteri yang biasanya menyebar melalui kontak seksual. Penyakit ini muncul sebagai luka yang tidak menyakitkan dan biasanya pada alat kelamin, dubur atau mulut. Sipilis menyebar dari orang ke orang melalui kulit atau kontak selaput lendir dengan luka ini.

Pengertian Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama?

Penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh Neisseria Gonorrhoeae yaitu kencing nanah. Sedangkan sipilis ditularkan secara seksual melalui Treponema Pallidum (T. Pallidum). Pada kencing nanah, bakteri dapat berkembang dan meningkat hanya di area yang hangat dan lembab di area reproduksi termasuk uretra (saluran kemih) pada pria dan wanita, uterus (rahim), tuba fallopi (saluran telur) pada wanita dan serviks (leher rahim). Bakteri juga dapat berkembang di anus, mulut, tenggorokan dan mata. Sipilis kelamin lebih sering ditularkan secara seksual. Sipilis bawaan adalah ketika ibu menularkan infeksi pada anaknya yang belum lahir.

Penyebab Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama?


Kencing nanah dan sipilis adalah penyakit menular yang ditularkan secara seksual akan tetapi keduanya disebabkan oleh 2 kuman yang sama sekali berbeda. Namun baik kencing nanah dan sipilis disembuhkan dengan antibiotik. Kencing nanah disebabkan oleh kuman tertentu dan memiliki serangkaian gejala tersendiri. Sipilis disebabkan oleh kuman yang sangat berbeda dan memiliki serangkaian gejala yang sama sekali berbeda.

Baca Juga : Waspada, Inilah Gejala Awal Sipilis Pada Pria dan Wanita

Tanda Dan Gejala Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama?


1. Tanda Dan Gejala Pada Kencing Nanah

Gejalanya muncul dalam 2 hari hingga 10 hari setelah kontak. Gejala terdiri dari cairan dari vagina, rektum atau penis dan sering terasa terbakar atau terasa gatal saat kencing.

2. Tanda Dan Gejala Pada Sipilis

Ada 4 jenis sipilis meliputi :

• Sipilis Primer

- Gejala ini muncul dengan luka pada kulit yang terpapar infeksi bisanya mulut, rektum atau alat kelamin.

• Sipilis Sekunder

- Setelah tahap primer, penyakit berlanjut ke tahap sekunder. Kemungkinan besar terjadi beberapa minggu setelah penyembuhan chancre ketika bakteri telah menyebar ke seluruh tubuh. Orang itu kemungkinan akan merasa pegal, kehilangan nafsu makan, adanya ruam dan sakit kepala.

• Sipilis Laten

- Seseorang dalam tahap laten sipilis masih bisa terkontaminasi dan penyakitnya dapat diidentifikasi melalui tes atau pengujian darah. Dalam tahap laten, seorang wanita hamil bisa menularkan sipilis ke janinnya.

• Sipilis Tersier

- Tahap terakhir sipilis adalah tahap tersier dan gejalanya meliputi nyeri, nyeri tulang, anemia, penyakit hati, borok pada kulit yang tidak sembuh dan demam.

Diagnosis Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama?


Dengan melakukan tes atau pengujian dapat dipastikan pengobatan yang sesuai dan memadai untuk pengobatan penyakitnya. Beberapa penyakit menular seksual (PMS) memang ada dan jika Anda memiliki salah satunya, maka harus menyingkirkannya dengan segera mungkin. Karena jika tidak segera diobati, beberapa penyakit menular seksual (PMS) dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti radang kandung kemih, testis atau nyeri panggul (pelvic) dan infertilitas atau kemandulan.

kencing nanah dan sipilis apakah sama
kencing nanah dan sipilis apakah sama

Pengobatan Untuk Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama?


Kencing nanah dan sipilis apakah sama? Pengobatan untuk kencing nanah bisa dilakukan dengan antibiotik yang berbeda. Untuk mencegah penyakit ini jangan melakukan hubungan seksual seperti seks anal, seks oral dan seks vagina dengan seseorang yang terkontaminasi. Ini dilakukan untuk pencegahan penyakitnya. Dengan menggunakan kondom hanya mengurangi bahaya tertular penyakit saat berhubungan seksual.

Pengobatan untuk sipilis juga jangan pernah melakukan hubungan seksual dengan orang yang memiliki sakit pada genital. Penggunaan kondom saat berhubungan seksual dengan pasangan seksual baru Anda tidak akan mencegah penularan. Dan jika terkontaminasi, maka harus menghindari hubungan seksual dan konsultasikan dengan dokter.

Segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter agar disarankan dilakukan tes atau pengujian prenatal untuk sipilis pada wanita hamil. Agar di rekomendasikan pengobatan yang tepat untuk jenis penyakit ini. Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan yang efektif. Hanya dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan layanan konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : 4 Dampak Buruk Dan Akibat Kencing Nanah Tidak Di Obati


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.