penyembuhan sipilis
penyembuhan sipilis

Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Treponema Pallidum (T. Pallidum). Pada kebanyakan orang mencari cara penyembuhan sipilis yang tepat. Namun sipilis adalah penyakit sistemik infeksius yang kemungkinan bersifat bawaan atau didapat melalui kontak seksual atau jarum suntik yang terkontaminasi.

Sipilis Pada Umumnya

Sipilis memiliki bentuk akut dan kronis yang menghasilkan berbagai gejala yang mempengaruhi sebagian besar sistem organ tubuh. Berbagai gejala membuatnya mudah bingung mengenai sipilis dan menganggap penyakit yang kurang serius dan mengabaikan tanda-tanda awalnya. Sipilis yang diperoleh memiliki 3 tahap yaitu primer, sekunder dan laten dan dapat disebarkan atau ditularkan melalui kontak seksual selama 3 tahap tersebut.

Penyebab Mendasar Mengenai Sipilis


Sipilis disebabkan oleh Spirochete, Treponema Pallidum (T. Pallidum). Spirochete adalah bakteri berbentuk spiral atau kumparan tipis yang memasuki tubuh melalui selaput lenderi atau pecahan di kulit. Spirochete ditularkan melalui kontak seksual. Penularan melalui transfusi darah dan kemungkinan terjadi akan tetapi sangat jarang. Spirochete mati dalam waktu 24 jam dalam darah yang disimpan. Penularan lainnya sangat tidak mungkin karena Treponema Pallidum mudah dibunuh oleh panas.

Baca Juga : 4 Tahap Dan Tanda Tanda Seseorang Terkena Penyakit Sipilis

Tanda Dan Gejala Sipilis Yang Harus Diwaspadai

Tidak semua orang dengan sipilis memiliki gejala sehingga mungkin tidak mengetahuinya jika memilikinya kecuali melakukan tes atau pengujian darah untuk itu. Ada 3 tahap infeksi yaitu primer, sekunder dan laten. Gejalanya bervariasi sesuai tahapan. Orang dengan sipilis primer atau sekunder dapat menularkan ke pasangan seksualnya.

• Sipilis Tahap Primer

Luka yang keras dan tidak nyeri biasanya terjadi pada alat kelamin atau di area kontak seksual lainnya seperti mulut atau anus. Karena biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan dapat terjadi di serviks (leher rahim) atau mulut dan kemungkinan tidak menyadarinya. Luka biasanya muncul 3 minggu hingga 4 minggu setelah infeksi. namun dapat terjadi 10 hari hingga 90 hari setelah infeksi yang kemungkinan membuat sulit untuk diketahui waktu terserang sipilis. Luka biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 4 minggu. Meksipun sakitnya sembuh, jika belum menjalani pengobatan, maka masih menderita sipilis dan dapat menularkannya pada orang lain.

• Sipilis Tahap Sekunder

Gejala dapat terjadi 2 bulan hingga 4 bulan setelah infeksi dan beberapa minggu terakhir. Kemungkinan adanya ruam kulit merah datar di punggung, dada, tangan dan kaki. Gejala lain termasuk demam, pembengkakan kelenjar di pangkal paha dan ketiak, ruam kelamin, rambut rontok dan kelelahan. Jika tidak segera diobati, gejala ini dapat muncul dan hilang hingga 2 tahun. Sementara ruam muncul, sipilis tahap sekunder sangat menular.

• Sipilis Tahap Laten


Jika sipilis tidak segera diobati dalam tahap primer atau tahap sekunder, maka akan menjadi tahap laten. Pada tahap ini ada gejala dan hanya diambil pada tes atau pengujian darah. Jika sipilis didiagnosis dan diobati sejak dini pada tahap laten biasanya tidak ada masalah. Sebagian dari orang yang memiliki sipilis tahap laten akan tetapi tidak diobati dari waktu ke waktu dapat mengembangkan sipilis tahap tersier. Ini dapat menunjukkan masalah serius dengan beberapa organ terutama otak dan jantung. Jika menderita sipilis tahap laten kemungkinan memerlukan tes atau pengujian lebih lanjut, untuk meninjau pengobatan yang lebih lama. Sipilis tahap laten tidak menular dan dapat dihindari dengan pengobatan dini.

penyembuhan sipilis
penyembuhan sipilis

Sipilis Dan Cara Mendiagnosisnya

Diagnosis sipilis tertunda karena berbagai gejala awal, periode inkubasi yang sangat bervariasi dan kemungkinan tidak memperhatikan adanya chancre awal. Penderitanya tidak selalu menghubungkan gejalanya dengan kontak seksual. Ada baik lakukan konsultasi dengan dokter, agar dilakukan pemeriksaan mengenai sipilis yang Anda alami.

Penanganan Dan Penyembuhan Sipilis


Pengobatan dan penyembuhan sipilis secara alternatif hanya ada di Klinik Utama Gracia. Karena penyakit ini memiliki masalah kesehatan dan beberapa risiko berbahaya. Penyembuhan sipilis tidak hanya dengan terapi alami. Namun pada kebanyakan orang melakukan penyembuhan sipilis dengan antibiotik atau obat-obatan yang diresepkan oleh dokter juga.

Pemulihan dari penyembuhan sipilis ini dapat dibantu oleh perubahan pola makan, tidur, olahraga dan pengurangan stress dan langkah-langkah yang mendukung imun. Untuk lebih jelas mengenai pengobatan dan penyembuhan sipilis. Anda bisa datang ke klinik kami yaitu Klinik Utama Gracia. Dengan cara menghubungi di nomor 081336361555 atau dengan konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Ketahui Cara Pencegahan Sifilis Dengan Tepat


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.