tanda tanda penyakit sipilis
tanda tanda penyakit sipilis

Penyakit sipilis biasanya menyebar melalui kontak seksual melalui luka yang tidak menyakitkan pada alat kelamin, mulut dan dubur. Tidak semua orang yang terinfeksi akan mengalami tanda tanda penyakit sipilis. Infeksi menyebar melalui kulit atau selaput lendir pada luka dan dapat tertidur selama lebih dari 10 tahun sebelum aktif kembali.

Kurangnya pengobatan penyakit sipilis dapat menyebabkan kerusakan pada organ organ seperti jantung dan otak juga dapat mengancam jiwa pada kasus kasus yang parah. Dalam kebanyakan kasus, tanda tanda penyakit sipilis yang dihasilkan ini kemungkinan tidak muncul selama bertahun tahun.

Arti Dari Penyakit Sipilis Secara Umum

Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang berpotensi mengancam jiwa yang disebabkan oleh bakteri (kuman) yang disebut Treponema Pallidum (T. Pallidum). Penyakit ini jarang terjadi akan tetapi bisa menjadi umum dan adanya peningkatan jumlah infeksi penyakit sipilis. Saat menderita penyakit sipilis dan bahkan tidak mengetahuinya, karena tidak semua orang yang terinfeksi akan mengalami tanda tanda penyakit sipilis. Karena tanda tanda penyakit nya bisa mirip dengan penyakit lain. Tanda tanda penyakit nya bisa berupa kelenjar bengkak, demam, nyeri otot dan ruam pada telapak tangan dan telapak kaki.

Ketahui Penyebab Penyakit Sipilis


Bakteri yang menyebabkan penyakit sipilis memasuki tubuh melalui kulit atau melalui selaput lendir. Treponema Pallidum (T. Pallidum) adalah bakteri yang menyebabkan penyakit sipilis dan ditularkan dari 1 orang ke orang lain melalui luka terbuka atau luka. Menular terutama pada tahap primer dan sekunder dari infeksi bakteri. Ini juga dapat menyebar dari seorang ibu ke anaknya yang belum lahir atau dari kontak langsung dengan luka seperti berciuman. Ini tidak dapat menular melalui kontak dengan kursi toilet atau kolam renang dan bak mandi air panas.

Baca Juga : Salah Satu Penyebab Penyakit Sipilis Secara Umum

Kenali Tanda Tanda Penyakit Sipilis

Saat menderita penyakit sipilis dan tidak mengetahuinya. Tanda tanda penyakit sipilis mirip pada pria dan wanita. Tanpa pengobatan, penyakit sipilis dapat berkembang dalam 4 tahap, seperti :

1. Tahap Primer

Muncul dari 3 hari hingga 90 hari setelah kontak seksual, tanda tandanya seperti :
 
• Chancre (luka atau maag) akan muncul ketika kuman memasuki tubuh, terutama di vagina, penis, anus dan dubur atau di bibir dan di mulut.
• Chancre berbentuk bulan dan kecil dan tidak menyakitkan sehingga kemungkinan tidak diketahui.
• Chancre dapat sembuh tanpa pengobatan, akan tetapi penyakit ini bisa berlanjut ke tahap sekunder.

2. Tahap Sekunder

Muncul dari 2 minggu hingga 6 bulan setelah kontak seksual, tanda tandanya seperti :
 
• Chancre terlihat masih ada atau kemungkinan juga sudah sembuh.
• Ruam dapat muncul sebagai bintik bintik kasar, merah atau cokelat kemerahan dan dapat muncul pada telapak tangan dan telapak kaki.
• Tanda tanda penyakit sipilis lain yaitu demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok, penurunan berat badan dan nyeri otot dan sendi.
• Tanda tanda penyakit nya bisa ringan.
• Tanpa pengobatan, penyakit ini bisa berlanjut ke tahap laten.

3. Tahap Laten

Durasi bervariasi dari bulan ke tahun, seperti :
 
• Tanda tanda penyakitnya bisa tersembunyi atau seperti tanpa adanya tanda tanda penyakit sipilis.

4. Tahap Tersier


Muncul dari 10 tahun hingga 30 tahun setelah kontak seksual, seperti :

• Infeksinya akan tetap berada di dalam tubuh selama bertahun-tahun.

tanda tanda penyakit sipilis
tanda tanda penyakit sipilis

Penyakit Sipilis Dan Cara Mendiagnosisnya

Penyakit sipilis didiagnosis melalui pemeriksaan medis, tes atau pengujian darah atau bila memungkinkan tes atau pengujian dilakukan pada chancre. Terkadang tes atau pengujian keran tulang belakang dilakukan juga. Jika terinfeksi penyakit sipilis kemungkinan harus dilakukan tes atau pengujian untuk infeksi menular seksual (IMS) lain termasuk HIV.

Obat-Obatan Untuk Penyakit Sipilis


Penyakit sipilis dapat diobati dan penderita penyakit sipilis harus segera melakukan konsultasi dan pemeriksaan lalu pengobatan dengan dokter. Penyakit sipilis diobati dengan antibiotik, biasanya melalui intravena. Setelah pengobatan selesai, maka harus melakukan tes atau pengujian darah untuk memastikan infeksinya hilang.

Sangat penting untuk tidak berhubungan seksual sampai dokter mengatakan bahwa infeksinya sudah hilang. Seseorang yang terinfeksi penyakit sipilis kemungkinan memerlukan pengobatan untuk IMS lain. Untuk pengobatan Anda bisa lakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik yang paling rekomendasi mengenai penyakit sipilis. Untuk pengobatan, Anda bisa hubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan mengkonsultasikannya dibawah ini.

Baca Juga : Beberapa Bahaya Sipilis yang Perlu Diketahui


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.