Kencing nanah apakah bisa sembuh sendiri? Kencing nanah adalah infeksi serius yang tertular karena berhubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Baik pria maupun wanita bisa tertular kencing nanah. Infeksinya mudah menyebar atau menular dan paling sering terjadi pada orang yang memiliki banyak pasangan seksual.

Kencing Nanah Apakah Bisa Sembuh Sendiri Pada Umumnya


Kencing nanah apakah bisa sembuh sendiri? Kencing nanah adalah infeksi bakteri yang ditularkan melalui kontak sekusal. Kencing nanah adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) tertua yang diketahui dan disebabkan oleh Neisseria Gonorrhoeae. Pria dengan kencing nanah kemungkinan memiliki cairan kekuningan dari penis yang disertai dengan rasa gatal dan terbakar. Sebagian wanita dengan kencing nanah tidak memiliki gejala apapun.

Jika gejalanya ada, kemungkinan termasuk tebakar atau sering kencing, keputihan yang kekuningan, kemerahan dan pembengkakan pada alat kelamin serta rasa terbakar atau gatal dari area vagina. Jika tidak diobati, kencing nanah dapat menyebabkan infeksi panggul (pelvic) yang parah dan bahkan kemandulan atau infertilitas. Komplikasi dalam kehidupan selanjutnya dapat mencakup peradangan pada katup jantung, radang sendi dan infeksi mata. Kencing nanah juga dapat menyebabkan infeksi mata pada bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi. Kencing nanah biasanya diobati dengan antibiotik.

Baca Juga : Mengenal Kencing Nanah Berbahaya Atau Tidak Saat Terinfeksi

Apa Yang Menyebabkan Kencing Nanah Muncul?


Kencing nanah apakah bisa sembuh sendiri? Kencing nanah adalah infeksi bakteri. Seseorang dapat terinfeksi ketika bakteri memasuki lubang di tubuh termasuk penis, anus, vagina atau mulut. Tempat infeksi paling umum pada wanita adalah serviks (leher rahim), lubang dari vagina ke rahim. Pada pria, infeksi paling sering muncul di uretra, tabung yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh.

Tanda Dan Gejala Pada Kencing Nanah

Tanda dan gejala kencing nanah pada wanita dan pada pria meliputi :
 
- Tanda Dan Gejala Kencing Nanah Pada Wanita
 
Sebagian besar wanita tidak memiliki tanda dan gejala. Ketika tanda dan gejalanya muncul, biasanya termasuk :
 
• Keputihan yang tidak biasa (cairan) dari vagina yang kemungkinan berwarna putih atau kuning.
• Nyeri perut bagian bawah atau panggul (pelvic).
• Nyeri atau terbakar saat kencing.
• Perdarahan antar periode.
• Infeksi tenggorokan dan rasa sakit (jika terinfeksi melalui seks oral).
 
- Tanda Dan Gejala Kencing Nanah Pada Pria
 
• Keluarnya cairan berwarna putih atau kuning dari penis.
• Nyeri atau terbakar saat kencing (sensasi terbakar bisa parah).
• Infeksi tenggorokan dan rasa sakit.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Kencing Nanah?


Jika menderita kencing nanah atau infeksi menular seksual (IMS), segera lakukan konsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa dan melakukan tes atau pengujian untuk menentukan adanya infeksi menular seksual (IMS). Sebagai bagian dari pemeriksana kencing nanah, wanita harus melakukan pemeriksaan panggul (pelvic). Dokter akan mengambil sampel cairan dari serviks (leher rahim) untuk dilakukan pengujian atau tes.

Pada pria, dokter akan mengambil sampel caoran dari penis. Selain itu dilakukan pemeriksaan di tenggorokan atau di dubur untuk melihat infeksinya. Kultur juga bisa diambil dari pengujian atau tes urine. Kencing nanah dan klamidia, infeksi menular seksual (IMS) umum lainnya sering terjadi secara bersamaan sehingga dapat dilakukan tes atau pengujian dan diobati untuk keduanya.

Tanpa Pengobatan Kencing Nanah Apakah Bisa Sembuh Sendiri?


Kencing nanah apakah bisa sembuh sendiri? Kencing nanah diobati dengan antibiotik, obat-obatan oranl dan intravena. Karena Anda dan pasangan seksual Anda terinfeksi maka harus melakukan pengobatan keduanya. Meskipun tanda dan gejalanya hilang, Anda harus tetap melakukan pengobatan sampai dinyatakan sembuh oleh dokter.

Anda tidak perlu khawatir, karena pengobatan kencing nanah bisa Anda lakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik spesialis yang menangani permasalahan kencing nanah. Klinik ini sangat terpercaya dalam menangani berbagai macam penyakit kelamin. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau bisa melalui chat online dibawah ini.

Baca Juga : Bahaya Mengabaikan Gejala Kencing Nanah


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.