Kutil kelamin apakah menular? Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) virus yang paling umum. Penyebabnya adalah Human Papilloma Virus (HPV) yang dapat ditularkan selama kontak seksual. Tidak semua orang yang menderita virus dapat mengembangkan kutil kelamin. Bagi kebanyakan orang, termasuk yang memiliki kutil yang terlihat, virus akan dihilangkan dari tubuh seiring waktu. Kutil kelamin jarang sekali menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

Pengertian Mengenai Kutil Kelamin


Kutil kelamin apakah menular? Kutil kelamin adalah kutil yang muncul di area genital. Kemungkinan ada 1 kutil atau sekelompok kutil. Orang-orang tertular kutil ini dari Human Papilloma Virus (HPV) dari seseorang yang sudah terinfeksi virus ini. Kemungkinan untuk menyebarkan atau menularkan kutil ini ketika tidak dapat melihatnya.

Dari 100 jenis HPV atau lebih, hanya beberapa yang dapat menyebabkan kutil kelamin. Beberapa tipe HPV dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim). Jenis lain dapat menyebabkan kanker dubur, kanker penis atau kanker mulut dan tenggorokan. Dan bisa tertular lebih dari 1 jenis HPV. Ada banyak cara untuk mengobati kutil kelamin. Karena kutil sering kali membandel dan harus melakukan konsultasi dengan dokter.

Baca Juga : Kenali Penularan Kutil Kelamin Sejak Dini

Penyebab Kutil Kelamin Yang Mendasarinya

Kutil kelamin apakah menular? Kutil kelamin menyebar dari seseorang yang menderita HPV ke orang lain melalui :
 
• Seks (vagina, anal dan oral).
• Kontak genital (sentuhan alat kelamin orang).
• Melahirkan (dari ibu yang terinfeksi ke bayinya).
 
Kutil kemungkinan tidak muncul sampai berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah berhubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi kulit pada area genital dan anal dengan Human Papilloma Virus (HPV). Ada lebih dari 100 jenis HPV yang dapat mempengaruhi bagian tubuh yang berbeda termasuk tangan dan kaki (kutil pada kaki disebut veruka). Sekitar 30 jenis HPV dapat hidup di dalam dan di sekitar area genital dan anal, akan tetapi sebagian besar kutil kelamin hanya disebabkan oleh 2 jenis virus (tipe 6 dan tipe 11) yang tidak menyebabkan kanker.

Gejala Utama Pada Kutil Kelamin Apakah Menular?


Kutil kelamin apakah menular? Kutil kelamin muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk. Beberapa orang mendapat beberapa kutil. Lainnya mendapatkan banyak kutil. Tanda-tanda paling umum dari kutil ini adalah :

• Benjolan kecil dan tersebar yang berwarna kulit atau sedikit lebih gelap.
• Sekelompok benjolan yang terlihat seperti bunga kol.
• Pertumbuhan di area genital yang bisa dinaikkan atau rasa dan halus atau kasar.

Cara Mendiagnosis Kutil Kelamin

Orang-orang sering merasa malu dengan pertumbuhan di area genitalnya dan segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Agar bisa diketahui diagnosisnya dan dilakukan pengobatan yang tepat. Dokter mendiagnosis kutil kelamin dengan memeriksa kutil. Terkadang dokter akan mengangkat kutil untuk dilakukan tes atau pengujian di laboratorium.

Jika Diobati, Kutil Kelamin Apakah Menular?


Beberapa kutil kelamin hilang tanpa pengobatan. Akan tetapi menghilangkan kutil memiliki manfaat karena pengobatannya dengan :

• Menurunkan risiko penyebaran virus.
• Dapat menghilangkan rasa sakit dan gatal.
• Memungkinkan seseorang tahu bahwa pertumbuhannya adalah kutil kelamin bukan kanker.
• Menghilangkan kutil yang sulit dibersihkan.

Jika ingin mengobati kutil kelamin yang terbaik dengan cara mengkonsultasikannya ke Klinik Utama Gracia. Dan sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan di luar resep dokter. Obat-obatan ini dapat mengobati kutil jenis lain. Kutil kelain membutuhkan pengobatan yang berbeda. Ada beberapa pengobatan untuk kutil kelamin di Klinik Utama Gracia. Anda hanya dengan menghubungi nomor 081336361555 sudah bisa melakukan pengobatan. Atau dengan konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Diam-Diam Berbahaya, Simak Fakta Kutil Kelamin Berikut


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.