Penyakit sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang sangat menular. Penyebab penyakit sipilis yaitu bakteri Treponema Pallidum (T. Pallidum). Penyakit ini menular terutama melalui aktifitas seksual, termasuk seks oral, seks vaginal dan seks anal, meskipun pada suatu wkatu seseorang dapat tertular penyakit sipilis melalui ciuman yang berkepanjangan dan kontak tubuh dengan orang yang terinfeksi.

Usia 15 tahun hingga 25 tahun adalah usia yang paling mudah untuk tertular. Penyakit ini menyebar melalui luka yang berkembang pada tahap primer sipilis, akan tetapi seringnya tidak terdeteksi atau disalahartikan sebagai luka atau maag. Seseorang yang menderita penyakit sipilis kemungkinan tidak mengetahui saat terinfeksi dan tanpa disadari dapat menginfeksi orang lain, karena luka pada awalnya tidak menimbulkan rasa sakit.

Penyakit sipilis yang tidak diobati dapat menjadi penyebab penyakit sipilis yaitu komplikasi jangka panjang termasuk kebutaan, kerusakan otak dan demensia. Pada wanita hamil dengan risiko penyakit yang menular ke bayinya dan mengakibatkan kelainan kelahiran, kelahiran mati atau kematian bayi tidak lama setelah kelahiran.

Apa Pengertian Dari Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis jika tidak dilakukan pengobatan, penyakitnya bisa memburuk seiring waktu dan menjadi penyebab penyakit sipilis atau masalah kesehatan yang serius. Infeksi dapat aktif sewaktu-waktu serta dapat tidak aktif di lain waktu. Ketika infeksinya aktif dan tidak memiliki gejala padahal masih memiliki penyakit sipilis. Akan tetapi ketika tidak memiliki gejala namun dapat menular ke orang lain. Tidak harus melakukan hubungan seksual untuk tertular penyakit sipilis. Hanya dengan berhubungan dekat dengan alat kelamin, mulut atau dubur orang yang terinfeksi sudah cukup untuk membuat terpapar infeksi.

Ketahui Berbagai Penyebab Penyakit Sipilis


Penyebab penyakit sipilis adalah IMS bakteri Treponema Pallidum (T. Pallidum). Bakteri ini adalah penyebab penyakit sipilis atau infeksi ketika masuk ke kulit yang rusak atau selaput lendir dan biasanya pada alat kelamin. penyakit sipilis paling sering ditularkan melalui kontak seksual meskipun juga dapat ditularkan dengan cara lain.

Penyakit sipilis paling umum. Jumlah kasus meningkat tercepat pada pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi. Seseorang dengan usia 20 tahun hingga 35 tahun adalah populasi dengan risiko tertinggi. Karena seseorang kemungkinan tidak menyadari saat terinfeksi penyakit sipilis, diperlukan untuk dilakukan tes atau pengujian sebelum menikah.

Semua wanita hamil yang mendapatkan pengobatan prenatal harus diskrining penyakit sipilis untuk mencegah infeksi menular ke bayi nya (penyakit sipilis kongenital). Tahapan daripada penyebab penyakit sipilis meliputi :

• Penyakit sipilis tahap primer.
• Penyakit sipilis tahap sekunder.
• Penyakit sipilis tahap laten.
• Penyakit sipilis tahap tersier.

Baca Juga : Bahaya Penyakit Sipilis pada Pria

Inilah Gejala Penyakit Sipilis Yang Harus Diketahui

Penyakit sipilis kemungkinan tampak seperti penyakit lain. Sangat sulit untuk mengetahui seseorang terinfeksi karena orang tersebut kemungkinan tidak melihat gejalanya sama sekali. Ada 4 tahap penyakit sipilis dengan berbagai gejala meliputi :

Gejala Penyakit Sipilis Tahap Primer

Tanda utama penyakit sipilis adalah chancre. Chancre adalah maag yang membentuk area seseorang terpapar. Pada kebanyakan orang tidak memperhatikan chancres karena tidak terasa nyeri dan seringnya tersembunyi di dalam mulut, di serviks (leher rahim) atau di anus. Chancre dapat tampat seperti benjolan berwarna merah pada kulit jika terlihat. Chancre dapat muncul dalam 10 hari hingga 3 bulan setelah paparan. Chancre akan hilang dalam beberapa minggu, akan tetapi orang tersebut masih dapat menularkan penyakitnya setelah chancre hilang.

Gejala Penyakit Sipilis Tahap Sekunder

Ada banyak gejala penyakit sipilis tahap sekunder, dan kemungkinan termasuk :
 
• Adanya ruam kulit (dapat menutupi seluruh tubuh atau hanya pada beberapa area tubuh).
• Demam yang ringan.
• Kelelahan.
• Sakit kepala.
• Sakit tenggorokan.
• Kerontokan rambut yang merata.

Gejala Penyakit Sipilis Tahap Laten

Pada tahap ini bisa bertahan lama. Tidak ada gejala pada tahap ini dan orang-orang masih terinfeksi penyakit sipilis. Namun tidak dapat menularkan penyakit ke orang lain selama tahap ini.

Gejala Penyakit Sipilis Tahap Tersier

Pada tahap ini dapat terjadi jika seseorang telah terinfeksi untuk waktu yang sangat lama. Pada tahap ini, seseorang yang belum melakukan pengobatan dapat merusak jantung, mata, hati, otak, tulang dan persendiannya. Orang-orang juga dapat menjadi sakit mentalnya, menjadi buta, menderita penyakit jantung dan bahkan kematian.

Penyakit Sipilis Dan Cara Mendiagnosisnya


Penyakit sipilis didiagnosis dengan pemeriksana cairan dari luka, dengan tes atau pengujian darah dan pemeriksaan cairan tulang belakang. Diagnosis penyakit sipilis dapat dilakukan dengan tes atau pengujian darag sederhana. Cairan dari luka penyakit sipilis juga dapat diambil untuk dilakukan pengujian atau tes.

Jika adanya gejala neurologis, dokter dapat melakukan pungsi lumbal untuk menguji penyakit sipilis dalam cairan serebro spinal. Jika memiliki luka, benjolan, ruam atau kutil di sekitar area genital atau anal, dan jika terpapar IMS maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan akan menanyakan gejala dan riwayat seksual.

Kemungkinan akan melakukan 1 kali atau lebih tes atau pengujian darah untuk memeriksa infeksi. Karena luka terbuka akibat penyakit sipilis membuat infeksi HIV lebih mungkin terjadi dan kemungkinan juga akan dilakukan tes atau pengujian untuk HIV. Untuk mencegah bayi terkena penyakit sipilis, dokter akan merekomendasikan semua wanita hamil melakukan pengujian atau tes darah penyakit sipilis.

Pengobatan Utama Penyakit Sipilis


Penyakit sipilis dapat disembuhkan dan diobati. Antibiotik lain dapat digunakan jika seseorang alergi terhadap obat-obatan. Jumlah dan lamanya pengobatan tergantung pada berapa lama seseorang telah terinfeksi penyakit sipilis. Penyakit sipilis dapat disembuhkan dengan antibiotik. Anda dan pasangan seksual Anda juga harus melakukan pengobatan saat terpapar infeksi.

Sangat penting untuk mengetahui bahwa penyakit sipilis bukanlah infeksi yang dapat diobati dengan sendirinya. Namun harus diobati dengan obat-obatan sesuai resep dari dokter. Karena dengan pengobatan dapat menghindari masalah kesehatan serius lainnya. Dengan dilakukan pengobatan maka tidak akan menlarkan penyakit sipilis ke orang lain.

Jika seorang wanita hamil dan memiliki penyakit sipilis yang tidak diobati, maka dapat menjadi penyebab penyakit sipilis yaitu keguguran atau kelahiran mati. Ini juga dapat menjadi penyebab penyakit sipilis pada bayi yang terlahir dengan infeksi. Ini bisa disebut penyakit sipilis bawaan. Pada dasarnya setiap tahap infeksi penyakit sipilis, antibiotik mampu bekerja dengan baik untuk menyembuhkan penyakit sipilis.

Pengobatan tidak dapat memperbaiki kerusakan dari penyebab penyakit sipilis tahap tersier. Akan tetapi dapat membantu menghindari masalah lebih lanjut dari infeksi. Di Klinik Utama Gracia menangani berbagai permasalahan penyakit sipilis pada wanita. Hanya dengan menghubungi nomor 081336361555 atau dengan konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Apa Penyakit Sipilis Itu, Bagaimana Cara Mencegahnya


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.