Penularan kutil kelamin sangat mudah dengan cara melalui vagina, anal dan oral. Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum. Pengobatan dapat membantu agar infeksinya hilang. Infeksi yang disebabkan oleh strain Human Papilloma Virus (HPV) tertentu. Kutil kelamin dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan dan rasa gatal. HPV adalah virus yang paling umum dari semua infeksi menular seksual (IMS), termasuk kutil kelamin. Infeksi HPV sangat berbahaya bagi wanita karena beberapa jenis HPV juga dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim) dan vulva. Pengobatan dengan benar adalah salah satu cara untuk mengelola infeksi ini.

Pahami Penularan Kutil Kelamin Pada Remaja


Penularan kutil kelamin adalah kondisi umum yang disebabkan oleh tipe HPV tertentu. Kutil kelamin bisa sangat menyebalkan akan tetapi bisa diobati dan tidak berbahaya. Kutil kelamin sangat umum. Terjadi sebagai akibat dari infeksi kulit virus yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Tidak semua orang dengan HPV akan terus mengembangkan kutil kelamin.

Kutil kelamin muncul sebagai benjolan kecil dan berdaging atau perubahan pada kulit. Ditemukan disekitar alat kelamin atau area anal. Biasanya tidak sakit dan bukan merupakan risiko yang besar pada kesehatan, meskipun dapat menyebabkan tertekan bagi penderitanya. Sekitar 30 jenis HPV dapat hidup di dalam dan di sekitar area genital dan anal, namun kutil kelamin sebagian besar disebabkan oleh tipe 6 dan tipe 11.

Inilah Penyebab Penularan Kutil Kelamin


Kutil kelamin muncul pada kulit di sekitar alat kelamin dan anus. Kutil disebabkan oleh beberapa jenis Human Papilloma Virus (HPV). Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker, akan tetapi bukan jenis yang sama dengan kutil kelamin. HPV bisa menjadi penyakit kelamin yang sulit untuk dipahami. Ini adalah penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum, akan tetapi sebagian besar akan hilang dengan sendirinya seiring waktu.

Terkadang beberapa jenis HPV berisiko tinggi dan berkembang menjadi kanker jika tidak segera ditangani dan diobati. Jenis HPV risiko rendah lainnya dapat menyebabkan kutil pada vulva, vagina, serviks (leher rahim), dubur, anus, penis atau skrotum. Kutil kelamin adalah kondisi umum dan terjadi setiap tahunnya.

Baca Juga : Inilah Gejala Serta Pencegahan Penyakit Kutil Kelamin Pada Pria

Ketahui Gejala Dari Pada Penularan Kutil Kelamin

Pasangan Anda kemungkinan tidak mengetahui saat memiliki kutil kelamin, karena terkadang saat terinfeksi HPV namun tidak memiliki kutil yang terlihat atau gejala lainnya. Kutil kelamin tersebar selama kontak kulit ke kulit termasuk aktifitas seksual seperti seks vagina atau seks anal. Berbagi mainan seks dengan orang yang terinfeksi juga dapat membuat rentan terinfeksi sendiri.
 
Kutil kelamin terlihat seperti benjolan berwarna kulit atau keputihan yang muncul pada vulva, vagina, serviks (leher rahim), penis, skrotum atau anus. Kutil bisa terlihat seperti kembang kol, kutil bisa muncul secara tunggal atau bergerombol dan bisa kecil ataupun besar. Kemungkinan kutil terasa gatal, namun sebagian besar tidak terasa sakit.
 
Tidak semua benjolan pada alat kelamin adalah kutil. Ada infeksi lain dan kondisi kulit normal yang kemungkinan terlihat seperti kutil. Jika merasa memiliki kutil kelamin segera lakukan konsultasi dengan dokter dan lakukan pemeriksaan agar bisa dilakukan tes atau pengujian dan ditentukan pengobatan yang tepat.

Cara Mendiagnosis Penularan Kutil Kelamin


Jika mencurigai terkena kutil kelamin, maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Dokter dapat mendiagnosis kondisi Anda dan melakukan pengobatan sesuai penyakit dan tingkat keparahannya. Tidak ada tes atau pengujian darah untuk virus HPV aktif, dan kutil kelamin didiagnosis dengan pemeriksaan.

Anda juga dapat melakukan pemeriksaan secara internal (di dalam vagina) atau di sekitar dan di dalam area anus tergantung dimana kutil tumbuh. Pemeriksaan ini kemungkinan akan terasa sedikit tidak nyaman, akan tetapi biasanya tidak menyakitkan. Jika baru-baru ini melakukan hubungan seksual tanpa kondom dengan pasangan baru, atau pasangan seksual Anda melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan orang lain. Maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara seksual bahkan jika tidak mengalami gejala kutil kelamin sekalipun.

Obat-Obatan Untuk Mengatasi Penularan Kutil Kelamin


Pengobatan untuk kutil kelamin mengharuskan mendapat resep dari dokter. jenis pengobatan tergantung tingkat keparahannya. Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi Anda. Pengobatannya biasanya dengan :

• Obat-Obatan Lain

Pengobatan ini dapat menyebabkan rasa sakit, iritasi dan seperti sensasi terbakar.

• Pembedahan

Dokter akan menyarankan untuk dilakukan pembedahan kutil kelamin, dengan memotong, membakar atau laser kutil, ini dapat menyebabkan iritasi atau jaringan parut.

• Pembekuan Kutil

Dokter akan menyarankan untuk dilakukan pembekuan kutil, biasanya setiap minggu atau selama 4 minggu, ini dapat menyebabkan rasa sakit.

Pengobatan ini kemungkinan membutuhkan waktu selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, dan kutil kelamin dapat kambuh kembali. Pada beberapa orang pengobatannya tidak berhasil. Tidak ada obat-obatan untuk kutil kelamin, akan tetapi tubuh bisa membersihkan virus dari waktu ke waktu. Selain itu, Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Karena menurut rekomendasi kebanyakan orang, Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik yang menangani penularan kutil kelamin. Hanya dengan menghubungi nomor 081336361555 atau dengan konsultasi dibawah ini Anda sudah bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.

Baca Juga : Awas, Ini Bahaya Kutil Kelamin Jika Tidak Diobati Dengan Tepat


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.