Gejala kencing nanah pada pria biasanya memunculkan rasa tidak nyaman pada uretra, nyeri saat berkemih, dan keluarnya cairan berupa nanah. Cairan ini yang kemudian menyebabkan penyakit yang disebut dengan kencing nanah. Gonore atau kencing nanah merupakan penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh infeksi dari suatu bakteri. Bakteri ini akan menginfeksi sejumlah bagian tubuh, seperti lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan mata.

Penyebab Utama Penyakit Kencing Nanah


Gonore atau kencing nanah disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria gonorrhea. Bakteri penyebab kencing nanah ini sering tertular melalui kontak seksual dari penderita ke orang lain. Bagian tubuh manusia yang hangat dan lembap menjadi tempat terbaik untuk bakteri dapat tumbuh dan berkembang. Salah satu tempat terbaik untukb bakteri berkembang adalah di saluran reproduksi, seperti leher rahim, saluran tuba pada wanita, dan uretra pada pria.

Bakteri penyebab gonore akan mudah ditemukan di cairan yang keluar dari organ kelamin penderitanya. Penularan bakteri selain melalui hubungan seksual juga dapat terjadi akibat penggunaan mainan seks yang telah terkontaminasi. Selain orang dewasa, bayi yang masih berada di dalam kandungan berpotensi tertular bakteri dari sang ibu. Namun, umumnya bakteri tidak dapat menular karena menggunakan toilet duduk yang sama, berbagi handuk, dan berciuman.

Baca juga: Penyakit Gonore Pada Wanita Perlu Diwaspadai

 

Apa yang Menandai Adanya Penyakit Ini?

Gejala kencing nanah tidak akan langsung muncul saat pertama kali tubuh terinfeksi. Biasanya, penderita kencing nanah akan mengalami gejala sekitar 10 hingga 20 hari setelah terinfeksi. Pada awal kemunculannya, gejala kencing nanah atau gonore harus segera ditangani sebelum muncul masalah lain pada tubuh. Beberapa hal akibat tidak melakukan penanganan, adalah ruam, demam, dan muncul rasa nyeri di persendian.
 
Gejala kencing nanah dapat dibedakan baik pria maupun wanita. Pada pria, gejala lebih mudah dikenali dibandingkan dengan pria. Hal ini dikarenakan gejala kencing nanah pada wanita sangat ringan dan tidak begitu jelas sehingga sering dianggap sebagai infeksi saluran kemih. Perbedaan gejala penyakit kencing nanah dapat dibedakan, sebagai berikut:


• Pada pria

Penyakit kencing nanah pada pria yang paling mudah dikenali adalah rasa panas atau terbakar saat buang air kecil. Gejala lain yang menyertai, dapat berupa keluarnya nanah dari organ kelamin, pembengkakan serta kemerahan pada bukaan kulup, keinginan buang air kecil meningkat, dan muncul rasa nyeri pada testis.


• Pada wanita

Gejala kencing nanah pada wanita sering disalahartikan dengan penyakit akibat infeksi saluran kemih. Ciri umum yang menandakan adanya panyakit gonore, meliputi rasa nyeri serta panas ketika buang air kecil, keluarnya cairan menyerupai nanah dari organ kelamin, muncul bercak darah, pembengkakan pada vulva, dan sakit pada perut bagian bawah.

Cara Dokter Mendiagnosis Penyakit Kencing Nanah


Penyakit kencing nanah didiagnosis melalui berbagai pemeriksaan pada tubuh. Salah satu tes atau pemeriksaan yang dilakukan, yakni tes dengan mengambil sampel urin. Urin yang diambil ini berguna untuk membantu mengetahui bakteri yang terdapat dalam uretra penderitanya. Selain itu, dokter juga memungkinkan untuk melakukan pengambilan jaringan pada tenggorokan, uretra, dan rektum guna melihat jenis bakteri yang menginfeksi tubuh penderita kencing nanah.

Beberapa Cara Mencegah Penyakit Kencing Nanah

Gejala kencing nanah pada dasarnya dapat dicegah dengan melakukan beberapa hal. Tindak pencegahan pada bakteri penyakit ini adalah sebagai berikut:


• Tidak bergonta ganti pasangan

Risiko terbesar penularan penyakit kencing nanah adalah kebiasaan sering berganti-ganti pasangan seksual. Memiliki pasangan yang lebih dari satu akan meningkatkan penularan bakteri karena riwayat seksual lawan jenis sering tidak diketahui secara pasti. Karena itu, Anda harus bertanggung jawab terhadap kegiatan seksual yang dilakukan dan menghindari kontak seksual dengan penderita kencing nanah.


• Gunakan pelindung atau kondom

Pelindung atau kondom merupakan salah satu cara mencegah dan menurunkan risiko terjangkitnya bakteri gonore atau kencing nanah. Penggunaan kondom akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit kelamin lainnya, seperti klamidia dan HIV. Jika Anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang baru, pastikan untuk selalu menggunakan pengaman atau pelindung organ kelamin, berupa kondom.


• Komunikasikan dengan pasangan

Berkomunikasi dengan pasangan sebelum melakukan hubungan seksual sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk mengetahui riwayat kesehatan seksual yang dimiliki oleh pasangan seksual. Anda dapat menanyakan beberapa pertanyaan, seputar kehidupan seksual sebelumnya, jumlah partner seks yang mungkin pernah dimiliki, dan jenis pelindung yang digunakan saat berhubungan seksual.

Kencing Nanah Serta Penanganan Tepat


Gejala kencing nanah dapat disembuhkan oleh dokter melalui pemberian obat antibiotik jangka pendek. Penanganan penyakit gonore atau kencing nanah biasanya dilakukan dengan satu suntikan antibiotik dan diikuti dengan komsumsi satu tablet antibiotik. Dalam melakukan perawatan kencing nanah, pasangan juga harus diperiksakan karena bakteri berpotensi ditularkan oleh pasangan seksual.

Lama penyembuhan penyakit bergantung pada tingkat keparahannya. Karena itu, obat antibiotik harus dihabiskan agar terhindar dari pengembangan kekebalan terhadap bakteri penyebab kencing nanah. Obat yang tidak dikonsumsi sampai habis bisa menyebabkan bakteri berkembang biak dengan subur dan memperparah penyakit. Jika gejala kencing nanah masih berlanjut dan semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter ahli.

Lakukan penanganan penyakit gonore bersama Klinik Utama Gracia. Klinik ini menawarkan berbagai perawatan mengenai penyakit kulit dan kelamin, termasuk kencing nanah. Klinik Utama Gracia dilengkapi dengan peralatan modern yang canggih sehingga memudahkan pasien. Anda akan mendapatkan pelayanan medis terbaik bersama dokter yang telah berpengalaman. Segera konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Gracia di nomor 081336361555.

Baca juga: Cara Menangani Gejala Gonore Pada Pria

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.