Herpes kelamin wanita merupakan salah satu infeksi menular seksual yang biasa menyerang organ kelamin. Penyakit herpes kelamin ditularkan melalui hubungan seksual, baik secara oral, anal, maupun vaginal. Infeksi yang terjadi disebabkan oleh virus herpes simpleks atau sering disebut HSV. Herpes akan menimbulkan gejala ringan, seperti demam dan nyeri pada penderitanya. Karena itu, bagi Anda yang menderita penyakit ini disarankan melakukan penanganan dari dalam tubuh terlebih dahulu.

Penyebab Penyakit Herpes Kelamin Pada Wanita


Pada dasarnya, penyakit herpes kelamin wanita bisa disembuhkan dengan mudah. Namun, banyak orang yang kurang tahu cara penanganan secara tepat sehingga terkesan sulit untuk dilakukan. Herpes merupakan penyakit yang menyerang kulit, wajah, dan juga kelamin. Penyakit ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

• Herpes Zoster

Herpes zoster dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Penyakit ini menyerang tubuh bagian kulit sampai selaput lendir namun tidak mengenai alat kelamin. Virus penyebab herpes zoster bersifat segmented, yaitu apabila area kulit yang terinfeksi adalah bagian kulit wajah maka hanya area itu saja yang terserang.

Gejala dari penyakit ini, seperti badan terasa demam, kepala pusing, dan nafsu makan menurun. Area yang terserang akan terasa perih, nyeri, dan muncul bintik kecil berisi air. Dalam beberapa hari, bintik ini akan bernanah serta menyerupai cacar air.

• Herpes Simplex

Untuk herpes jenis ini, terdapat dua tipe herpes yaitu herpes yang disebabkan oleh virus HVS-1 dan disebabkan oleh virus HVS-2. Pada herpes tipe pertama, gejala penyakit ditandai dengan luka di daerah bibir atau batas antara kulit dengan selaput lendir. Sementara, pada tipe kedua gejala biasanya menyerang daerah organ kelamin penderitanya.

Penyakit herpes dapat disembuhkan dengan penanganan medis yang tepat dan memadai. Untuk itu, melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter ahli sangat disarankan agar dampak atau efek dari gejala yang timbul tidak merugikan diri sendiri.

Baca juga: Ini Dia Cara Penularan Virus Herpes Kelamin

 

Ciri Utama yang Dirasakan Penderitanya

Gejala atau ciri utama pada herpes kelamin wanita terkadang tidak terasa sehingga mengakibatkan terlambatnya penanganan. Herpes kelamin memiliki gejala yang sama baik pria maupun wanita. Namun, Anda dapat mengetahui beberapa gejala khas dari herpes kelamin wanita maupun pria, seperti:


• Rasa nyeri atau gatal di sekitar organ kelamin.
• Munculnya benjolan atau lenting kecil.
• Terbentuk luka setelah lenting pecah
• Demam yang disertai sakit kepala.
• Sakit ketika buang air kecil.
• Pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Benjolan atau lenting kecil tersebut dapat muncul di sekitar mulut, organ kelamin, serta anus. Gejala yang menandakan adanya penyakit herpes kelamin wanita ini bisa berbeda-beda setiap orangnya. Selain itu, gejala dapat menghilang dan muncul kembali setelah bertahun-tahun. Sebagian orang akan mengalami gejala dalam beberapa kali dalam setahun dan sebagian lainnya tidak merasakan gejala apapun.

Beberapa Tes untuk Mendiagnosis Herpes Kelamin


Penegakkan diagnosis pada herpes kelamin wanita akan dilakukan dokter dengan menanyakan beberapa pertanyaan seputar gejala yang alami dan pemeriksaan fisik pada tubuh yang terinfeksi. Pada pemeriksaan fisik, terdapat beberapa tes yang biasa dokter lakukan guna mendapatkan diagnosis lebih tepat, antara lain:

• Pemeriksaan darah, dilakukan guna memeriksa antibody HSV dan mendeteksi ada tidaknya infeksi vitus herpes sebelumnya.

• Pemeriksaan Polymerase chain reaction atau PCR, merupakan tes yang dilakukan untuk memeriksa DNA dan memastikan adanya HVS serta tipe yang menginfeksi.

• Pemeriksaan kultur virus, dilakukan dengan menggunakan sampel dari ulkus di kulit untuk mengonfirmasi adanya virus herpes.

Penyakit Herpes Kelamin dan Cara Menanganinya

Penanganan yang tepat pada penderita herpes adalah dengan menjaga agar benjolan atau lenting yang berisi cairan tidak pecah. Lenting yang pecah dapat meninggalkan bekas luka yang terbuka sehingga memudahkan masuknya kuman atau virus lainnya ke dalam tubuh. Cara termudah mencegahnya adalah dengan memberikan bedak guna membantu melindungi dan melicinkan kulit. Selain itu, beberapa cara penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri, antara lain:

• Bersihkan luka dengan air biasa atau air garam. Hal ini dapat berguna untuk mempercepat penyembuhan pada luka yang diderita.
• Tutup luka dengan es batu yang telah dibalut kain. Es batu dapat membantu meringankan rasa sakit dan nyeri akibat munculnya luka.
• Gunakan krim penghilang rasa sakit dengan rutin. Selain itu, perbanyak pula konsumsi air minum guna memudahkan urin keluar saat buang air kecil.
• Pakailah celana yang longgar. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada area kulit yang mengalami luka lepuh.

Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Gracia


Herpes kelamin wanita dapat ditangani dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli. Salah satu klinik terpercaya dalam menangani masalah kulit dan kelamin, terutama herpes kelamin wanita adalah Klinik Utama Gracia. Klinik Utama Gracia merupakan klinik kesehatan terbaik karena didukung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dan peralatan medis serba modern. Segera hubungi hotline Klinik Utama Gracia di nomor 081336361555 untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Ini Dia, Cara Pengobatan Herpes Kelamin

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.