Ciri ciri penyakit sipilis wanita dapat dibedakan berdasarkan tahapannya. Penyakit sipilis merupakan infeksi kelamin yang menyebabkan komplikasi jangka panjang bila tidak diobati dengan segera. Pada umumnya, infeksi penyakit sipilis menyebar melalui hubungan seksual dengan orang yang menderita.

Penyakit ini ditandai dengan rasa sakit pada area organ kelamin, rektum, dan juga mulut. Sipilis dapat menyebar dengan mudah melalui kontak seksual. Namun, tidak akan mudah menyebar karena penggunaan toilet duduk yang sama, mengenakan pakaian secara bergantian, berbagi peralatan makan, memegang gagang pintu, dan berendam di kolam air panas yang sama.

Apa Penyebab Munculnya Penyakit Sipilis?


Penyebab utama penyakit sifilis adalah penyebaran infeksi akibat bakteri bernama Treponema Pallidium. Bakteri ini biasanya menular dengan cepat karena perilaku hubungan seksual secara bebas dan sering bergonta ganti pasangan. Penyebaran bakteri masuk melalui selaput lendir di tubuh manusia. Setelah bercampur dengan lendir baik di organ kelamin, mulut, serta kulit, selanjutnya bakteri akan menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Orang yang sudah pernah terinfeksi penyakit sipilis tidak akan menjadi kebal dan bisa kambuh kapan saja. Bahkan, gejala penyakit yang kedua bisa lebih parah dari infeksi pertama. Ciri ciri penyakit sipilis wanita lainnya dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem saraf, organ jantung, otak, kelumpuhan pada organ kelamin, hingga kematian.

Baca juga: Gejala Akibat Infeksi Bakteri Sipilis

 

Gejala Penyakit Sipilis Berdasarkan Tahapannya

Ciri ciri penyakit sipilis wanita yang muncul bisa berbeda-beda berdasarkan keberadaannya. Misalnya, pada area selangkangan akan muncul bisul yang menyakitkan, luka, dan tumbuhnya kutil kelamin. Sementara pada kulit, ciri ciri penyakit sipilis wanita ditandai dengan ruam, benjolan kecil, atau luka. Pada seluruh tubuh, ciri ciri penyakit sipilis wanita dapat berupa mudah lelah dan demam. Selain itu, gejala juga dapat dibedakan berdasarkan tahapan yang sedang dialami, seperti:
 

• Sipilis Tahap Primer

Ciri ciri penyakit sipilis wanita pada tahap primer biasanya hanya berupa luka yang tidak menimbulkan rasa sakit. Pada pria, luka muncul pada area kelamin dam sering menimbulkan rasa sakit. Sementara pada wanita, luka dapat berkembang di bagian luar kelamin dan tanpa rasa sakit.


• Sipilis Tahap Sekunder

Gejala atau ciri ciri penyakit sipilis wanita tahap sekunder muncul selama 2 sampai 12 minggu setelah luka berkembang. Tanda yang sering muncul adalah ruam berwarna kemerahan serta muncul luka kecil pada selaput lendir yang berisi cairan nanah.


• Sipilis Tahap Laten

Tahap laten atau disebut dengan tahap tersembunyi biasanya menyebabkan penderitanya tidak mengalami gejala apapun. Pada tahap ini, dokter memerlukan pemeriksaan tes darah guna mengetahui diagnosis tepat pada penyebab penyakit sipilis yang diderita pasien.


• Sipilis Tahap Akhir

Ciri ciri penyakit sipilis wanita ditandai dengan masalah pada pembuluh darah dan jantung, gangguan mental, masalah pada sistem saraf, kebutaan, hingga kematian. Di tahapan ini, penderitanya juga akan mengalami komplikasi berupa gummata atau luka besar pada kulit, sipilis kardiovaskular, dan neurosipilis.

Bagaimana Cara Dokter Mendiagnosis Sipilis?


Diagnosis dokter mengenai masalah sipilis dapat diperoleh berdasarkan sejarah medis dan pemeriksaan pada organ tubuh penderitanya. Pada awal pemeriksaan, dokter akan menanyakan seputar keluhan, seperti gejala yang dirasakan. Selanjutnya, pemeriksaan fisik di sekitar organ kelamin dilakukan guna melihat pertumbuhan ruam atau kulut di mulut dan tenggorokan. Beberapa tes lanjutan lain untuk masalah sipilis ini, adalah sebagai berikut:

• Tes darah

Setelah pemeriksaan fisik selesai, tes darah akan dilakukan guna memastikan keberadaan infeksi sipilis dalam tubuh. Tes darah juga bisa memastikan ada tidaknya antibodi yang dihasilkan oleh tubuh untuk melawan infeksi dari bakteri Treponema pallidum di dalam darah. Tes ini dapat dilakukan untuk menguji apakah penularan berasal dari pasangan seksual Anda.

• Tes cairan luka

Dalam pemeriksaan ini, dokter akan mengambil sampel cairan dari luka yang kemudian dianalisis di laboratorium. Tes terhadap cairan dari penderita hanya bisa dilakukan untuk sipilis yang berada pada tahap primer atau sekunder. Sampel ini bisa menunjukkan ada tidaknya bakteri penyebab penyakit sipilis.

Pencegahan Dini Pada Masalah Sipilis

Penyakit sipilis dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Hal ini dikarenakan penularan sipilis tak hanya terjadi melalui kontak seksual, namun juga menyebar pada janin saat hamil. Untuk menghindari infeksi penyakit sipilis, Anda dapat melakukan beberapa pencegahan sejak dini. Pencegahan terbaik adalah dengan tidak berhubungan seksual bersama orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya. Mencegah munculnya ciri ciri penyakit sipilis wanita dapat dilakukan dengan:

• Hindari konsumsi alkohol berlebih serta obat-obatan terlarang.
• Tidak memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
• Selalu gunakan pengaman atau kondom saat berhubungan seksual.
• Hindari kontak seksual, baik anal, oral, dan vaginal dengan penderita.
• Bicarakan riwayat seksual secara terbuka bersama pasangan.

Penyakit Sipilis Beserta Penanganannya


Penanganan terhadap penyakit sipilis dapat dilakukan melalui pemberian suntikan antibiotik. Satu suntikan obat antibiotik tersebut akan menghentikan perkembangan penyakit yang sudah menginfeksi selama kurang dari satu tahun. Sementara itu, jika infeksi sudah terjadi lebih dari satu tahun akan diberikan suntikan dengan tambahan dosis sesuai anjuran dokter ahli. Pada sipilis yang berada di tahap tersier, penyembuhan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jika penanganan penyakit dengan pemberian antibiotik sudah selesai dilakukan, pasien biasanya akan diminta untuk tes darah. Tes darah harus dilakukan secara rutin guna memastikan bila infeksi sudah benar-benar hilang dari tubuh. Penanganan terhadap penyakit sipilis harus dilakukan dengan benar karena infeksi dapat kembali menjangkiti tubuh meskipun sudah dinyatakan sembuh oleh dokter.

Cara menangani infeksi penyebab sipilis bisa Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Gracia. Di klinik ini Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena ditangani oleh dokter ahli yang telah berpengalaman di bidangnya. Tak perlu menunggu lama, Anda dapat segera melakukan konsultasi atau reservasi secara online dan gratis. Atau hubungi hotline Klinik Utama Gracia di nomor 081336361555.

Baca juga: Ketahui Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.