Fakta kutil kelamin kadang tidak disadari oleh penderitanya dan sering kali mengindikasikan kondisi penyakit serius dalam tubuh. Kutil kelamin dapat menyerang baik pada wanita maupun pria dewasa karena melakukan kontak seksual dengan penderita. Beberapa fakta kutil kelamin yang diam-diam berbahaya dapat Anda simak sebagai berikut.

• Kutil kelamin disebabkan oleh virus

Fakta kutil kelamin yang pertama adalah munculnya penyakit yang disebabkan oleh adanya virus HPV. Virus akan menjangkiti tubuh karena melakukan hubungan seksual sehingga organ kelamin menjadi tidak normal.

• Memiliki banyak virus lainnya

Fakta kutil kelamin lainnya yaitu HPV ternyata mengandung 100 jenis virus lainnya. Dari sekian banyak virus ini, sebanyak 40 jenis virus dapat menyebabkan penyakit kutil kelamin.

• Virus HPV tidur di dalam tubuh

Virus ini akan tinggal selama beberapa tahun dan mengikis sistem kekebalan tubuh yang bersifat baik. Berkurangnya kekebalan dalam tubuh dapat menyebabkan virus menyebar dengan mudah dan cepat.

• Tidak selalu menyerang organ kelamin


Fakta kutil kelamin selanjutnya, yaitu penyakit tidak selalu tumbuh atau berada di sekitar organ kelamin. Virus HPV dapat menyerang area tangan dan leher sehingga daerah tersebut sering ditumbuhi kutil dengan ukuran kecil dan dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga : Tak Ditangani, Apakah Penyakit Kutil Kelamin Berbahaya?

 

Penyebab Munculnya Penyakit Kutil Kelamin

Pada dasarnya, penyebab munculnya kutil kelamin adalah karena virus HPV dan sebagian besar disebabkan oleh virus HPV tipe 6 dan 11. Penyakit kutil kelamin dapat pula disebabkan oleh kontak fisik atau menyentuh sendiri area genital yang terinfeksi. Selain kontak fisik, kutil kelamin ditularkan melalui kontak seksual, baik secara oral, vaginal, anal, dan dari mainan seks.
 
Seorang ibu yang sedang mengandung dapat menularkan penyakit ke anaknya melalui proses persalinan normal. Karena itu, penanganan tepat harus dilakukan sebelum berlanjut menjadi lebih serius. Beberapa kondisi lain yang dapat memicu munculnya penyakit kutil kelamin, antara lain kencing manis atau diabetes melitus, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan stres.

Apa Saja Gejala atau Tanda Kutil Kelamin?

Beberapa fakta kutil kelamin yang telah disebutkan di atas memiliki tanda atau gejala yang cukup jelas. Gejala kutil kelamin pada wanita terjadi di daerah paha bagian atas, vulva, saluran anus, dan leher rahim. Sementara itu, pada pria biasanya tumbuh di ujung atau batang kemaluan, selangkangan, paha bagian atas, di dalam saluran kemih, dan testis.
 
Area yang menghasilkan banyak keringat akan menjadi lembap dan basah sehingga membuat bakteri dan virus berkembang dengan baik. Karena itu, sangat baik untuk menjaga kelembapan area yang memiliki kelenjar keringat paling banyak, termasuk bagian vital. Gejala atau tanda yang perlu Anda ketahui dari penyakit kutil kelamin, yaitu :
 
• Pembengkakan di area organ kelamin.
• Terdapat beberapa kutil sehingga menyerupai kembang kol.
• Gatal dan tidak nyaman di area yang terinfeksi.
• Pendarahan ketika melakukan hubungan seksual.

Diagnosis Penyakit Kutil Kelamin


Diagnosis kutil kelamin yang biasa dilakukan dokter adalah melihat dengan kasat mata kondisi jika area yang terinfeksi mudah dijangkau mata. Namun, fakta kutil kelamin jika berada di dalam anus atau rahim, maka perlu dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan spekulum atau proktoskop. Penyakit kutil yang disertai dengan gangguan pada aliran urin akan dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan dokter spesialis.

Bagaimana Penanganan Penyakit Kutil Kelamin?

Penanganan penyakit kutil kelamin bergantung pada tingkat keparahannya. Untuk itu, pemeriksaan dengan dokter perlu dilakukan guna mengetahui penanganan yang cocok untuk dilakukan. Beberapa penanganan yang biasa diberikan oleh dokter, antara lain :

• Pemberian obat topikal

Obat-obatan yang diresepkan dokter agar digunakan selama masa perawatan dapat berupa salep, krim, atau cairan yang mengandung zat kimia khusus. Beberapa obat dapat Anda aplikasikan dengan bantuan staff medis atau melakukannya sendiri di rumah.

• Prosedur operasi

Kutil yang sudah berukuran cukup besar perlu dilakukan tindak operasi. Beberapa pilihan prosedur operasi yang dapat dilakukan adalah cryotherapy, elektrokauter, dan laser. Tindak operasi tersebut biasa disebut prosedur ablasi, yaitu penghancuran jaringan kutil dengan cara dibakar, dibekukan, dan dibedah.

Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Gracia


Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menangani masalah fakta kutil kelamin adalah berkonsultasi dengan dokter Kami di Klinik Utama Gracia. Klinik Utama Gracia merupakan klinik kesehatan terbaik yang berada di daerah Jakarta. Klinik khusus penyakit kelamin ini sudah terpercaya karena ditangani oleh dokter yang telah ahli dan juga menggunakan peralatan yang sudah modern.

Anda dapat langsung menghubungi hotline Kami di nomor 081336361555 dan melakukan perawatan lebih spesifik dengan Klinik Utama Gracia. Penyakit kutil kelamin yang dibiarkan akan menyebabkan munculnya komplikasi serius. Karena itu, segera hubungi Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga : Penyakit Kutil Kelamin Apakah HIV?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.