Tahukah Anda, bahwa akibat kencing nanah jika tidak diobati dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh? Sebelum itu, yang harus Anda ketahui bahwa kencing nanah termasuk jenis penyakit yang umum terjadi di Indonesia. Penyakit ini dapat menyerang pria maupun wanita dari berbagai usia.

Meskipun, kencing nanah atau gonore termasuk jenis penyakit yang sudah banyak diketahui. Namun, tidak banyak penderita yang mengetahui penyebab dan akibat kencing nanah jika tidak diobati belum banyak orang yang mengetahuinya

Sehingga untuk mengetahui dampak buruk dan akibat kencing nanah jika tidak diobati, maka ada baiknya Anda menyimak informasinya melalui artikel berikut sampai tuntas.


Apakah Penyakit Kencing Nanah Itu?

Kencing nanah adalah salah satu jenis penyakit kelamin ataupun penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi menular seksual. Penyakit ini dikenal juga dengan sebutan gonore. Biasanya, penyakit kencing nanah sangat mudah menyerang pria maupun wanita yang sudah aktif berhubungan seksual.

Penyakit gonore atau kencing nanah disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhea. Dimana, bakteri ini sangat mudah menular dan salah satu jenis infeksi menular seksual yang sangat sering menular melalui aktivitas seks bebas.

Seseorang yang aktif berhubungan seksual berisiko tinggi untuk terinfeksi bakteri ini. Bakteri akan menular melalui aktivitas seks dan menginfeksi melalui seks kelamin, anal dan oral seks. Bakteri ini akan menginfeksi area kelamin, rektum, dubur, dan mata serta ternggorokan.


Faktor yang Dapat Meningkatkan Risiko Infeksi


Tidak hanya akibat kencing nanah, namun masih banyak penderita yang tidak mengetahui bahwa selama ini mereka memiliki faktor yang dapat meningkatkan terjadinya infeksi dan biasanya, hal ini sering disebabkan oleh aktivitas seksual.

Karena seseorang yang aktif berhubungan seks sejak usia muda, maka sangat berisiko untuk terinfeksi dan menderita penyakit kencing nanah terlebih pada wanita. Faktor lain, yaitu aktivitas seks yang dilakukan dengan banyak pasangan seks dan kerap bergonta-ganti akan meningkatkan risiko Anda terinfeksi.
 


Baca Juga: Apalah Seks Oral Bisa Menyebabkan Kencing Nanah

Aktivitas seks yang dilakukan dengan sesama jenis juga akan meningkatkan seseorang untuk menderita penyakit kencing nanah. Pria yang berhubungan seks dengan sesama pria atau hubungan seks yang dilakukan antara wanita dan wanita.

Selain itu kebiasaan melakukan hubungan seks anal dan oral seks juga dapat meningkatkan seseorang untuk terinfeksi penyakit kencing nanah.


Lalu, Bagaimana Ciri Ciri Orang yang Menderita Kencing Nanah?

Mungkin, Anda salah satu penderita kencing nanah. Namun, tidak mengetahui bagaimana ciri ciri orang yang menderita kencing nanah. Sebenarnya, informasi seperti ini penting untuk diketahui tidak hanya pada orang yang menderita kencing nanah, namun untuk semua pria dan wanita.

Beberapa orang yang menderita kencing nanah mungkin tidak memiliki ciri ciri ataupun tidak merasakan adanya gejala. Hal ini mungkin saja terjadi, pada beberapa orang yang terinfeksi tanpa adanya gejala apapun, dan berikut ini beberapa ciri ciri orang yang menderita kencing nanah, diantaranya:

• Keluar cairan abnormal dari kelamin. Cairan ini mirip seperti cairan nanah sehingga disebut dengan penyakit kencing nanah atau gonore.

• Bengkak dan kemerahan pada area kelamin

• Terasa sakit saat buang air kecil

• Mengalami keputihan abnormal

• Pendarahan diluar masa menstruasi

• Sakit saat berhubungan seksual

Perlu Anda ketahui bahwa ciri ciri kencing nanah pada pria dan wanita memiliki perbedaan, namun, umumnya akan ditandai dengan keluarnya cairan yang mirip seperti cairan nanah dari area kelamin.


Apakah Kencing Nanah Dapat Disembuhkan?

Pertanyaan seperti ini sangat sering muncul ketika seseorang memiliki ciri ciri kencing nanah. Penyakit kencing nanah termasuk jenis penyakit yang dapat disembuhkan secara total. Namun, kondisi ini harus disesuaikan dengan tindakan pengobatan yang tepat dan sesuai.

Banyak penderita kencing nanah yang sudah melakukan pengobatan, namun mengalami kondisi yang buruk. Hal ini sering disebabkan oleh, tindakan pengobatan yang tidak sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan yang di alami.
 
Inilah 4 Dampak Buruk Dan Akibat Kencing Nanah Apabila Kencing Nanah Tidak Di Obati

 

 

 

Seperti yang sudah Kita ketahui bahwa dalam kebanyakan kasus berbagai macam penyakit yang tidak disembukan atau tidak diobati bisa berdampak buruk bagi kesehatan, begitu juga dengan dampak buruk akibat kencing nanah, diantaranya:

1. Penularan Infeksi Semakin Luas
Dampak buruk yang pertama akibat kencing nanah apabila tidak diobati, yaitu meluasnya penularan infeksi bakteri. Jika Anda terinfeksi kencing nanah, lalu Anda tidak melakukan pengobatan dan Anda berhubungan seks dengan banyak pasangan, maka pasangan seks Anda berisiko untuk terinfeksi.

Baca Juga: 7 Bahaya Penyakit Kelamin Pada Wanita

Tidak hanya itu, akibat kencing nanah juga berdampak pada bayi. Seorang wanita yang terinfeksi kencing nanah dan sedang hamil berisiko untuk menularkan infeksi kepada bayi pada saat masa kehamilan atau proses persalinan berlangsung.

Bayi yang terinfeksi dari ibunya, berisiko untuk menderita penyakit yang sama. Untuk itu, sebaiknya segera lakukan pengobatan sejak dini.

2. Kerusakan Pada Organ Dalam Dan Sistem Reproduksi
 
Tahukah Anda bahwa bakteri yang sudah menginfeksi tubuh melalui area kelamin akan terus berkembang jika penyakit kencing nanah tidak segera diobati.

Bakteri Neisera ghonorrea akan terus berkembang dan menginfeksi bagian tubuh lainnya, seperti pada saluran prostat, rahim, saluran kencing, dan lainnya.

Baca Juga: Gejala Awal Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita

Infeksi yang sudah berkembang dapat menyebar ke organ reproduksi akan menyebabkan terganggunya sistem reproduksi, bahkan pada wanita yang menderita gonore dan tidak melakukan pengobatan, maka akibat kencing nanah akan berdampak pada peradangan pada panggul (PID) atau penyakit radang panggul.

3. Mengindikasi Munculnya Penyakit Kelamin Jenis Lainnya
 
Banyak yang tidak mengetahui, bahwa kencing nanah yang dibiarkan tanpa adanya penanganan apapun dapat menyebabkan terjadinya penyakit kelamin jenis lainnya. Biasanya, penderita kencing nanah jika tidak melakukan pengobatan berisiko untuk menderita penyakit kelamin,

Seperti: Klamidia, kutil kelamin, dan banyak jenis penyakit kelamin lainnya. Kondisi seperti ini tentu sangat buruk dan harus segera ditangani sebelum terjadi komplikasi yang lebih berbahaya.

4. Kematian
 
Meskipun kencing nanah termasuk jenis penyakit kelamin yang dapat disembuhkan, namun jika tidak dilakukan pengobatan dan penanganan apapun, maka penyakit ini akan sangat berbahaya dan mengakibatkan penderita kehilangan nyawa.

Bakteri yang terus berkembang dan merusak banyak organ reproduksi serta sistem reproduksi hingga syaraf penderita akan berakibat pada kematian. Namun, masih banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya akibat kencing nanah tidak diobati dapat mengakibatkan kematian.


Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Dampak Buruk Kencing Nanah?


Bagi Anda yang tidak ingin mengalami dampak buruk penyakit kencing nanah. Maka, hal yang harus Anda lakukan, yaitu dengan mengetahui apa saja ciri ciri penyakit kencing nanah dan segera melakukan pemeriksaan sedini mungkin apabila memiliki ciri ciri tersebut.

Karena dengan melakukan pemeriksaan di awal mengalami gejala dapat membantu mencegah perkembangan bakteri dan memudahkan dokter untuk membantu Anda terbebas dari infeksi mematikan ini.

Maka ada bainya jika Anda merasa memiliki salah satu gejala maupun ciri-ciri kencing nanah seperti di atas maka segera periksakan diri Anda dengan dokter spesialis di Klinik Utama Gracia karena sudah berpengalaman dalam melakukan tindakan pengobatan kencing nanah.

 
Nah, jika Anda tidak ingin menderita dampak buruk akibat kencing nanah maka segera hubungi Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan tindakan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Maka segeralah hubungi tim medis Kami Klinik Utama Gracia melalui 081336361555 atau segera konsultasikan melalui tombol chat online gratis di atas ini dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat bagi Kita semua.
 

Panduan Penting
 
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.