Images by: Studentloanplanner

Mungkin, Anda salah satu orang yang masih mencari informasi mengenai penyakit jengger ayam, lalu apa itu jengger ayam? Dan apa sajakah ciri-cirinya, lalu apakah ini sebuah penyakit yang berbahaya? Untuk itu, simak informasinya melalui artikel berikut.

Apa Itu Jengger Ayam?


Jengger ayam adalah jenis penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menyerang pria maupun wanita. Penyakit ini dikenal juga dengan sebutan penyakit kutil kelamin. Dimana, penyakit ini termasuk jenis penyakit yang dapat menular dari satu orang ke orang lain.

Penyakit ini ditandai dengan munculnya daging berukuran kecil disekitar area kelamin yang disebut juga dengan kutil. Pertumbuhan kutil ini biasanya meliputi area sekitar kelamin, dubur, pangkal paha, saluran kencing, hingga organ reproduksi bagian dalam, seperti rahim.

Baca Juga: Jenis-Jenis Penyakit Kelamin Berbahaya

Banyak yang bingung tentang apa itu jengger ayam? Sebenarnya, jengger ayam adalah sebutan untuk kutil yang tumbuh semakin besar. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa kutil awalnya tumbuh berukuran kecil, namun jika terus dibiarkan kutil dapat tumbuh menyerupai jengger ayam.

Penyebab Penyakit Jengger Ayam Pada Pria dan Wanita


Tidak hanya apa itu jengger ayam, namun banyak orang yang tidak mengetahui penyebab penyakit jengger ayam. Banyak penderita yang tidak mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan mereka terinfeksi dan menderita penyakit jengger ayam.

Sebenarnya, jengger ayam atau kutil kelamin adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus menular. Human papillomavirus (HPV) adalah jenis virus yang dapat menular dari satu orang ke orang lain dan menyebabkan kutil kelamin.

Virus ini akan menginfeksi tubuh melalui kelamin dan berkembang melalui aliran darah. Anda akan terinfeksi virus ini apabila melakukan hubungan seks dengan pasangan yang sudah terinfeksi penyakit jengger ayam sebelumnya.

Anda juga dapat meningkatkan risiko untuk terinfeksi penyakit ini apabila, melakukan hubungan seks bebas, seperti berhubungan seks dengan banyak pasangan seksual, kerap bergonta-ganti pasangan seks, berhubungan seks sesame jenis, dan hampir semua jenis aktivitas seks bebas akan meningkatkan Anda untuk terinfeksi penyakit kelamin.

Awas, Inilah Ciri Ciri Penyakit Jengger Ayam Atau Kutil Kelamin


Tidak hanya apa itu jengger ayam, namun Anda juga harus mengenali apa saja ciri ciri penyakit jengger ayam ataupun ciri ciri kutil kelamin. Karena, banyak penderita yang mengalami komplikasi akibat tidak menyadari adanya gejala yang muncul dan hal ini disebabkan tidak mengetahui setiap ciri ciri penyakit jengger ayam.

Mengenal setiap ciri ciri jengger ayam dapat Anda lakukan sebagai langkah pencegahan sebelum penyakit ini berkembang menjadi semakin besar dan berbahaya.

Umumnya, seseorang yang menderita jengger ayam akan memiliki ciri ciri ditandai dengan munculnya daging berukuran kecil yang tumbuh disekitar area kelamin. Biasanya, pertumbuhan daging ini muncul secara tunggal dan disertai rasa gatal.

Baca Juga: Mengerikan Ini Bahaya Kutil Kelamin yang Tak Diobati

Penderita juga akan mengalami beberapa ciri ciri, seperti rasa panas terbakar, sakit saat buang air kecil, mengalami pembengkakan kelenjar getah bening. Sementara pada wanita, akan mengalami pendarahan diluar masa menstruasi dan mengalami keputihan tidak normal.

Banyak yang tidak menyadari, bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit jengger ayam. Hal ini terjadi, karena gejala atau ciri ciri jengger ayam sulit untuk diketahui. Apabila Anda memiliki pertumbuhan kutil di sekitar kelamin, maka segera periksakan diri Anda dengan dokter.

Lalu, Dimanakah Jengger Ayam Akan Muncul?


Pada pria biasanya penyakit jengger ayam dapat menginfeksi uretra, Mr P, skrotum, dan area dubur dan kutil kelamin dapat muncul pada batang penis) dengan banyak benjolan seperti kembang kol.

Pada wanita, kutil kelamin memiliki penampilan yang mirip dengan kembang kol yang bergelombang dan biasanya terjadi di daerah lembab seperti: labia minora dan pembukaan vagina, dan sebagian besar kutil vagina terjadi tanpa gejala.

Apakah Benar Virus Kutil Kelamin Tak Dapat Disembuhkan?


Tahukah Anda, bahwa apa itu jengger ayam termasuk jenis penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara total. Anda tetap berisiko untuk menderita penyakit ini meskipun sudah melakukan pengobatan. Hal ini disebabkan oleh virus yang menjadi penyebab utama penyakit jengger ayam.

Virus yang menginfeksi tubuh Anda dapat aktif kembali pada waktu yang tidak dapat ditentukan. Virus akan aktif kembali, apabila Anda melakukan beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda terinfeksi. Saat sistem kekebalan tubuh Anda melemah, maka virus juga dapat aktif kembali.

Hal yang harus Anda ketahui, bahwa penyakit jengger ayam lebih berbahaya jika menginfeksi kaum wanita. Beberapa kasus yang pernah terjadi, bahwa penyakit jengger ayam yang menginfeksi kaum wanita dapat meningkatkan untuk terjadinya penyakit kanker serviks.



Baca Juga: Gejala Awal Kutil Kelamin

Hal ini disebabkan oleh HPV yang memiliki ratusan jenis virus dan menjadi banyak penyebab penyakit kanker, seperti kanker serviks, kanker dubur, kanker penis, kanker mulut, dan lainnya.

Virus ini juga dapat mengakibatkan kerusakan yang sangat berbahaya pada sistem jaringan syaraf di tubuh. Tidak sedikit penderita yang mengalami komplikasi, seperti rusaknya organ vital dan fungsi syaraf hingga mengakibatkan kematian.

Cara Mencegah Penyakit Jengger Ayam


Sebelum terjadi bahaya yang sangat buruk, maka sebaiknya Anda melakukan berbagai cara pencegahan penyakit kelamin agar tidak terinfeksi oleh virus penyakit ini. Beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan cara:

• Menghindari aktivitas seks bebas.

• Melakukan hubungan seks hanya dengan satu pasangan seks yang terhindar dari infeksi menular seksual jenis apapun.

• Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kelamin.

• Tidak memiliki pasangan seks sesama jenis.

• Melakukan pemeriksaan secepat mungkin saat memiliki ciri ciri jengger ayam.

• Jangan berbagi alat bantu seks.

Selain itu dengan melakukan pemeriksaan penyakit menular seksual di awal gejala dapat memudahkan proses pengobatan dan mencegah virus berkembang menjadi semakin besar.

Lalu, Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Jengger Ayam?


Setelah Anda mengetahui apa itu jengger ayam, maka penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana proses pengobatan penyakit jengger ayam dengan tepat. Meskipun, penyakit ini tidak dapat disembuhkan secara total, namun pengobatan tetap harus dilakukan.

Banyak penderita yang berpikir, bahwa pengobatan penyakit jengger ayam dapat dilakukan hanya dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal yang bebas dijual di pasaran. Padahal, pengobatan penyakit jengger ayam harus dilakukan dengan bantuan dokter spesialis penyakit kelamin.

Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Anda untuk memberikan tindakan pengobatan yang tepat dan sesuai dengan tingkat keparahan yang Anda derita. Sehingga, pengobatan akan lebih tepat, cepat dan aman.

Jika Anda membutuhkan informasi mengenai apa itu jengger ayam, maka segera hubungi dokter. Anda juga bias melakukan konsultasi dengan dokter Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan informasi lanjut mengenai apa itu jengger ayam dan penanganan dengan tepat.

Itulah, informasi mengenai apa itu jengger ayam yang dapat menambah informasi Anda mengenai penyakit kelamin. Apabila Anda membutuhkan pengobatan, segera hubungi tim medis Klinik Utama Gracia melalui 081336361555 atau konsultasikan melalui tombol chat online di atas ini.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.