Tahukah Anda bahwa ternyata salah satu ciri penyakit gonore pada wanita yang paling mudah untuk dikenali adalah keluarnya cairan seperti kencing nanah yang keluar dari alat kelamin? Meskipun begitu masih banyak orang yang belum mengetahuinya padahal dengan mengetahui sejak awal akan mempermudah Kita untuk mencegahnya.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit gonore pada wanita maupun pada pria termasuk kedalam jenis penyakit menular seksual (PMS) yang umumnya ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui aktifitas seks bebas tanpa menggunakan kondom sehingga salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan melakukan hubungan seks sehat dan berada dalam hubungan yang saling monogami

Dan ternyata seorang bayi juga dapat terinfeksi gonore selama persalinan, karena jika ibu mereka sudah terinfeksi maka pada bayi bisa menyebabkan hal mengerikan lainnya salah satunya adalah gonore paling sering menyerang mata pada bayi.

Baca Juga: Apakah Seks Oral Sebabkan Kencing Nanah?

Penyakit gonore paling sering mempengaruhi alat kelamin, uretra, rektum atau tenggorokan dan pada wanita, gonore juga dapat menginfeksi pada bagian serviks maupun pada bagian lainnya yang disebabkan oleh adanya bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Dan seperti halnya bakteri lain, seseorang bisa mendapatkan atau terinfeksi bakteri yang menyebabkan gonore hanya dengan menyentuh area yang terinfeksi pada orang lain, sehingga ada baiknya Anda tidak bersentuhan dengan Miss V, Mr P, mulut atau dubur dari seseorang yang membawa bakteri ini, karena mungkin bisa Anda bisa terinfeksi.

Waspada, Inilah Ciri Ciri Penyakit Gonore Pada Wanita Maupun Pada Pria

 



Tahukah Anda bahwa dalam kebanyak kasus, infeksi gonore tidak menyebabkan gejala dan ketika gejala muncul infeksi gonore dapat mempengaruhi banyak bagian di tubuh Anda, tetapi biasanya muncul di saluran kelamin.

Dan biasanya gejala mungkin tidak ada meskipun ada infeksi gonore yang aktif, selain itu dalam kebanyakan kasus gejala dapat muncul di mana saja dari 1-14 hari setelah paparan terhadap infeksi.

Perlu Anda ketahui bahwa gejala maupun ciri-ciri gonore pada pria dan wanita bisa saja berbeda-beda dan berikut di bawah ini adalah ciri ciri penyakit gonore pada wanita maupun pada pria yang perlu Anda waspadai yang Kami kutip dari Situs MedicalNewstoday, diantaranya:

A. Ciri Ciri Penyakit Gonore Pada Pria:

- Keluar cairan berwarna kuning, atau hijau, menyerupai nanah.

- Nyeri pada testikel atau skrotum.

- Saat buang air kecil terasa menyakitkan atau seringkali buang air kecil.

- Terasa gatal pada area kelamin maupun dubur.

- Kesulitan untuk menelan, atau pembengkakan kelenjar getah bening leher

- Sakit mata, kepekaan cahaya berkurang, atau terdapat kotoran di mata yang menyerupai nanah.

- Sendi-sendi terasa nyeri dan membengkak.

B. Ciri Ciri Penyakit Gonore Pada Wanita:

- Terasa sakit saat melakukan hubungan seksual.

- Mengalami demam.

- Ciri-ciri penyakit gonore pada wanita yang selanjutnya adalah keluar cairan keputihan tidak normal yang berwarna kuning atau hijau.

- Ciri-ciri penyakit gonore pada wanita yang selanjutnya adalah terjadi pembengkakan pada bagian vulva.

- Ciri-ciri penyakit gonore pada wanita adalah mengalami perdarahan di antara periode.

Baca Juga: 7 Bahaya Penyakit Kelamin Pada Wanita

- Periode menstruasi yang lebih berat.

- Ciri-ciri penyakit gonore pada wanita adalah bisa mengalami pendarahan setelah berhubungan seksual.

- Sering muntah dan nyeri perut atau panggul.

- Sering buang air kecil yang terasa menyakitkan.

- Ciri-ciri penyakit gonore pada wanita selanjutnya adalah mengalami sakit pada tenggorokan akibat seks oral, terasa gatal, kesulitan menelan, atau pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

- Ciri-ciri penyakit gonore pada wanita selanjutnya adalah sakit mata, kepekaan cahaya berkurang, atau terdapat kotoran di mata yang menyerupai nanah.

- Sendi-sendi terasa nyeri dan membengkak.



5 Fakta Menarik Kencing Nanah Atau Gonore yang Perlu Anda Ketahui


Meskipun penyakit gonore menjadi salah satu penyakit menular seksual yang mengerikan karena bisa menyebabkan dampak buruk dan sangat menular, akan tetapi terdapat banyak fakta menarik yang perlu Anda ketahui seperti Kami kutip situs Healthresearchfunding, diantaranya:

1. 73% Orang Muda Yang Memiliki Gonore Akan Terinfeksi PMS Lain dalam 1 Tahun atau Kurang

Meskipun data tidak dapat disimpulkan, akan tetapi mereka yang menerima infeksi gonore yang masih aktif melakukan hubungan seksual tampaknya lebih rentan terhadap infeksi ataupun penyakit menular seksual di masa depan, bahkan menurut penelitan 73 % orang yang memiliki gonore bisa terinfeksi jenis penyakit menular seksual dalam 1 tahun atau kurang.

Dan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa salah satu cara untuk mencegah PMS adalah dengan tidak melakukan hubungan seks dengan orang yang memiliki infeksi aktif itu sendiri.

Jika tidak segera ditangani, maka kemungkinan besar penyakit gonore dapat menyebabkan jaringan parut di dalam saluran reproduksi dan bahkan menyebar ke bagian tubuh yang lain.

2. Penyakit Gonore Lebih Cenderung Menginfeksi Orang yang Lebih Muda

Tahukah Anda bahwa penyakit gonore lebih cenderung menginfeksi seseorang yang berusia lebih muda dibandingkan dengan seseorang yang berusia lebih tua?

Dan ternyata hal ini disebabkan oleh seseorang yang lebih muda lebih cenderung aktif secara seksual dengan banyak pasangan dalam waktu yang lebih singkat daripada mereka yang berada di usia yang lebih tua.

Baca Juga: Bukan Cuma Karena Seks, Ini 2 Penyebab Penyakit Kelamin Lainnya

Bahkan menurut penelitian sebagian besar kasus gonore yang didiagnosis setiap tahun terjadi pada orang yang berusia antara 15-29 tahun dalam kategori usia muda dan penyakit menginfeksi sekitar 700.000 orang setiap tahunnya.

3. Gonore Tidak Dapat Disebarkan Melalui Handuk Atau Bak Mandi

Fakta selanjutnya adalah penyakit gonore tidak dapat disebarkan melalui bak mandi atau kursi toilet, karena seseorang tidak bisa menularkannya jika Anda berbagi bak mandi panas dengan seseorang yang memiliki infeksi Anda bahkan tidak akan mendapatkannya jika Anda berbagi handuk dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Satu-satunya cara untuk menularkan infeksi gonore adalah melalui cairan atau selaput lendir seseorang yang langsung bersentuhan dengan cairan tubuh yang terinfeksi, sehingga segala jenis hubungan seksual apa pun dapat menularkan infeksi ini.

4. Pria Lebih Mungkin Mengalami Gejala Gonore Dibandingkan Wanita

Tahukah Anda bahwa dibutuhkan waktu antara 2 hingga 5 hari untuk gejala gonore muncul? Dan seorang pria lebih cenderung mengalami gejala dibandingkan dengan ciri ciri gonore pada wanita.

Dan bagi wanita mungkin diperlukan waktu hingga 10 hari atau lebih untuk melihat adanya gejala gonore.

5. Kondom Tidak Selalu Menghentikan Penyebaran Gonore

Fakta selanjutnya adalah kondom tidak selalu menghentikan penyebaran gonore dan seorang pria tidak perlu ejakulasi untuk menularkan kepada pasangan seksnya.

Karena hanya dengan kontak seksual dengan area tubuh yang terinfeksi diperlukan selama hubungan seksual untuk menularkan penyakit gonore, bahkan ketika kondom digunakan mungkin penyebaran gonore masih bisa terjadi.

Hal ini terjadi karena kondom tidak selalu menutupi daerah yang terinfeksi sepenuhnya dan paparan ini cukup untuk mentransfer penyakit.

Saya Mengalami Penyakit Gonore Apa yang Harus Dilakukan?


Jika Anda merupakan seseorang yang aktif melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan dan merasa memiliki salah satu gejala maupun ciri penyakit gonore pada wanita maupun pria maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan panik dan langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah jangan melakukan hubungan seks terlebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan agar infeksi yang disebabkan oleh penyakit gonore tidak menyebar luar dan langkah akhir yang harus Anda lakukan adalah dengan menjalani pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Utama Gracia yang merupakan salah satu Klinik Spesialis Penyakit Kelamin terbaik dibidang nya.

Dan sangat penting untuk diperhatikan adalah pastikan pasangan seks Anda ikut serta dalam pemeriksaan PMS, karena kemungkinan besar pasangan seks Anda berpotensi untuk mengidap penyakit gonore jadi Anda berdua wajib untuk melakukan pengobatan dan perawatan di Klinik Utama Gracia.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai ciri ciri penyakit gonore pada wanita sampai fakta menarik gonore dan jika misalkan Anda terinfeksi maka segera datang langsung ke Klinik Utama Gracia atau Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi online dengan mengklik tombol chat online di atas ini.


Panduan Penting 

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.