Tahukah Anda bahwa diluar sana terdapat banyak sekali fakta maupun tanda penyakit kelamin, salah satunya yang paling sering terlihat adalah keluarnya cairan abnormal dari alat kelamin yang dibarengi dengan rasa gatal-gatal dan sakit.

Namun, nyatanya masih terdapat tanda penyakit kelamin maupun gejala penyakit kelamin yang seringkali disepelekan oleh beberapa orang dan alhasil mereka secara tidak sengaja telah menularkannya kepada pasangan seksnya.

Umumnya penyebab atau penularan Penyakit Menular Seksual (PMS) ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui aktifitas seks bebas yang dilakukan dengan banyak pasangan tanpa menggunakan kondom (pengaman) baik itu seks vaginal, anal, maupun oral.

Waspada, Inilah Tanda Penyakit Kelamin yang Paling Sering Muncul



Seperti yang telah dijelaskan di atas mungkin pada beberapa orang yang aktif secara seksual dengan banyak pasangan seksual, seringkali menyepelekan gejala maupun tanda penyakit kelamin yang telah diderita, padahal itu merupakan kesalahan yang fatal

Karena jika gejala-gejala maupun tanda tersebut tidak segera diatasi dengan melakukan pemeriksaan dari dokter maka kemungkinan besar bisa menyebarkan infeksi kepada pasangan seks Anda.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala maupun tanda penyakit kelamin pada pria maupun wanita yang paling sering muncul yang Kami rangkum dari beberapa sumber, diantaranya:

1. Tanda Penyakit Kelamin Herpes Genital


Herpes genital ataupun herpes kelamin disebabkan oleh adanya virus yang bernama herpes simplex virus-1 (HSV-1) dan herpes simplex virus-2 (HSV-2). HSV-1 lebih sering menyebabkan luka lepuh pada daerah mulut sementara HSV-2 lebih sering menyebabkan luka atau lesi di area kelamin atau di daerah sekitar anus.

Tanda penyakit kelamin herpes genital adalah adanya infeksi yang disebabkan oleh virus yang menyebabkan luka lecet yang jelas yang menyebabkan bisul pada kulit atau mukosa (lapisan bukaan tubuh) dari area seksual.

Baca Juga: Ciri-Ciri Herpes Pada Kelamin 

Meskipun seseorang masih bisa melewati infeksi, namun seseorang seringkali tidak pernah memperhatikan bahwa ia memiliki gejala dari infeksi HSV. Dan berikut di bawah ini adalah gejala maupun tanda penyakit herpes genital yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

- Terasa gatal atau kesemutan di sekitar alat kelamin atau di daerah anus.

- Terdapat luka berwarna merah di sekitar alat kelamin tanpa rasa sakit, gatal, atau kesemutan

- Terdapat luka lepuh kecil yang pecah dan menyebabkan luka yang menyakitkan dan luka ini mungkin timbul di sekitar alat kelamin Anda atau di bokong, paha, atau area dubur.

- Lebih jarang, luka tersebut dapat terjadi di dalam uretra - urin tabung melewati saat keluar dari tubuh Anda.

- Terasa nyeri ketika berkemih karena air urin yang melewati luka ini terutama terjadi pada wanita.

- Sakit kepala, sakit punggung yang dibarengi dengan gejala flu.

2. Tanda Penyakit Kelamin Sipilis Atau Raja Singa


Penyakit kelamin selanjutnya adalah sipilis atau raja singa dan sama halnya dengan penyakit herpes genital, penyakit ini ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui aktifitas seksual yang dilakukan dengan banyak pasangan dan disebabkan oleh adanya bakteri Treponema pallidum.

Kadang-kadang, penyakit ini dapat diteruskan ke orang lain melalui ciuman yang lama atau kontak tubuh yang dekat. Meskipun penyakit ini menyebar dari luka, sebagian besar luka tersebut tidak dikenali sehingga seseorang yang terinfeksi sering tidak menyadari penyakit dan tanpa sadar meneruskannya ke pasangan seksualnya.

Baca Juga: Selain Seks Ini 5 Penyebab Raja Singa

Dan perlu Anda ketahui bahwa sipilis terbagi menjadi 4 fase (primer, sekunder, laten dan tersier) dan masing-masing tahap bisa memiliki gejala yang berbeda-beda dan tahapan bisa tumpang tindih, dan gejala tidak selalu berkembang dalam urutan yang sama, diantaranya:

- Getah bening membesar.

- Timbul chancre atau luka pada mulut, alat kelamin atau pada anus.

- Timbul ruam pada kulit.

- Sakit kepala.

- Demam.

- Berat badan turun.

- Nyeri pada otot.

 

3. Tanda Penyakit Kelamin Gonore Atau Kencing Nanah


Penyakit kelamin selanjutnya adalah gonore atau penyakit kencing nanah dan sama halnya dengan jenis penyakit kelamin lainnya yaitu ditularkan melalui aktifitas seksual yang dilakukan dengan banyak pasangan dan gonore disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae.

Bahkan dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, seseorang bisa mendapatkan bakteri yang menyebabkan gonore hanya dengan menyentuh area yang terinfeksi pada orang lain.

Baca Juga: Apa Seks Oral Bisa Menyebabkan Kencing Nanah

Contohnya saja jika Anda bersentuhan langsung dengan Mr P, Miss V atau dubur dari seseorang yang sudah bakteri ini, Anda bisa mendapatkan kencing nanah. Dan berikut di bawah ini adalah gejala maupun tanda penyakit kelamin yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

- Keluarnya cairan berwarna kuning, putih, atau hijau dari alat kelamin sehingga penyakit ini dinamakan kencing nanah.

- Perasaan terbakar ketika berkemih.

- Sakit ketika berkemih.

- Terasa sakit pada testis dan testis membengkak.

- Berkemih lebih sering dari biasanya.

- Lebih banyak cairan pada Miss V daripada biasanya.

- Timbul pendarahan pada Miss V antara menstruasi.

- Mengalami perdarahan setelah berhubungan seks.

- Nyeri saat berhubungan seks.

- Nyeri perut atau panggul.

4. Tanda Penyakit Kutil Kelamin


Penyakit kelamin selanjutnya adalah penyakit kutil kelamin (genital warts) dan sama halnya dengan jenis penyakit kelamin lainnya yaitu ditularkan melalui aktifitas seksual yang dilakukan dengan banyak pasangan dan gonore disebabkan oleh adanya human papillomavirus(HPV) jenis tertentu.

Tanda penyakit kelamin itu dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, dan gatal dan kutil kelamin sangat berbahaya bagi wanita karena beberapa jenis HPV juga dapat menyebabkan kanker serviks dan vulva.

Baca Juga: Waspada Inilah Gejala Awal Kutil Kelamin

HPV adalah yang paling umum dari semua jenis PMS dan baik pria maupun wanita yang aktif secara seksual dengan banyak pasangan sangat rentan terhadap komplikasi HPV, termasuk kutil kelamin. Dan berikut di bawah ini adalah tanda maupun gejala kutil kelamin yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

- Umumnya gejala-gejala kutil kelamin yaitu timbul benjolan kecil atau kelompok benjolan di area kelamin dan kutil dapat muncul di dalam atau di luar Miss V di sekitar anus, atau di leher rahim

- Terdapat pertumbuhan kutil pada area kelamin.

- Timbul benjolan yang berbentuk kembang kol.

- Kutil kelamin bisa berukuran kecil atau besar.

- Kutil kelamin akan berwarna daging atau sedikit lebih gelap

Kutil kelamin pada wanita mungkin hilang, tetap sama, atau tumbuh dalam ukuran atau jumlah yang berbeda-beda dan kutil kelamin biasanya tidak terasa sakit mungkin juga terasa gatal di area kelamin atau mengalami keputihan tidak normal.

7 Fakta Menarik Penyakit Menular Seksual


Meskipun penyakit menular seksual terdengar sangat menyeramkan karena salah satu jenis penyakit ini merupakan penyakit yang mematikan akan tetapi terdapat banyak fakta menarik PMS yang Kami kutip dari situs Webmd, diantaranya:

1. 1 Dari 5 Orang Di Amerika Terinfeksi Herpes Simpleks Virus

Herpes simpleks Virus -2 (HSV-2), juga dikenal sebagai herpes kelamin dan ternyata terdapat fakta menarikan karena sekitar satu dari lima orang Amerika yang berusia di atas 12 tahun telah terinfeksi Herpes simpleks Virus.

Dan sekitar 45 juta orang menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) diperkirakan 1 juta kasus baru terjadi setiap tahunnya.

2. 5,5 Juta Kasus HPV di Amerika Baru diidentifikasi Setiap Tahunnya

Human papilloma virus (HPV) adalah penyebab penyakit kutil kelamin dan faktanya sekitar 20 juta orang Amerika terinfeksi dan sekitar 5,5 juta kasus baru diidentifikasi setiap tahunnya.

3. Sebagian Besar Orang yang Terinfeksi Chlamydia Tidak Menunjukkan Gejala

Fakta menarik penyakit menular seksual lainnya adalah sebagian besar orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala, sehingga perkiraan prevalensi dan kejadian sulit untuk dilakukan.

Bahkan menurut organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sekitar 89 juta infeksi Chlamydia baru terjadi pada tahun 1997, dan American Social Health Association (AHSA) memperkirakan bahwa sekitar 3 juta infeksi baru terjadi di Amerika Serikat setiap tahunnya.

Baca Juga: Bahaya Penyakit Kelamin Pada Wanita

4. Gonore Menyebabkan 62 Juta Kasus

Menurut organisasi Kesehatan Dunia WHO memperkirakan bahwa ada 62 juta kasus baru di seluruh dunia pada tahun 1997, bahkan AHSA mengatakan sekitar 650.000 kasus baru terjadi setiap tahun di Amerika Serikat.

5. 70.000 Kasus Sipilis Baru Didiagnosis Setiap Tahun Di Amerika Serikat

Menurut CDC, sekitar 12 juta kasus baru terjadi di seluruh dunia pada tahun 1997, dan sekitar 70.000 kasus baru didiagnosis setiap tahunnya di Amerika Serikat.

6. 420.000 Orang Meninggal Karena AIDS di Amerika Serikat

Tahukah Anda bahwa diperkirakan 800.000 hingga 900.000 orang Amerika memiliki HIV (Human Immunodeficiency Virus) hari ini, dengan sekitar 40.000 infeksi baru didiagnosis setiap tahun, lebih dari setengah di antara orang Afrika-Amerika.

Dan hampir 712.000 kasus AIDS telah dilaporkan di Amerika Serikat hingga Juni 1999 dan sekitar 420.000 orang telah meninggal karena AIDS di Amerika Serikat.

7. 3 perempat dari satu juta orang di Amerika Serikat Diperkirakan Menderita Hepatitis B

Tahukah Anda bahwa sekitar tiga perempat dari satu juta orang di Amerika Serikat diperkirakan menderita Hepatitis B, dengan hampir 80.000 kasus baru terjadi setiap tahun sebagai akibat dari aktivitas seksual.

Saya Memiliki Gejala Maupun Tanda Penyakit Kelamin, Dimana Saya Bisa Mengatasinya?


Jika Anda seorang pria maupun wanita yang aktif melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan dan memiliki salah satu gejala maupun tanda penyakit kelamin yang sudah disebutkan di atas maka sudah saatnya Anda melakukan pemeriksaan.

Karena dengan melakukan pemeriksaan di Klinik Utama Gracia Anda maupun pasangan dapat memastikan apakah telah terinfeksi penyakit kelamin atau tidak, karena sangat dikhawatirkan beberapa penyakit kelamin tidak menimbulkan gejala atau gejalanya sangat ringan.

Namun, bukan berarti jika Anda tidak memiliki gejala maupun tanda penyakit kelamin bisa terbebas dari PMS sehingga ada baiknya segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih awal di Klinik Utama Gracia yang merupakan salah satu Klinik Spesialis Penyakit Kelamin terbaik di bidangnya.

Anda juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi chat online dengan mengklik tombol di atas ini dan semoga saja artikel mengenai tanda penyakit kelamin dapat bermanfaat bagi Kita semua.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.