Sipilis merupakan jenis penyakit yang sulit diketahui gejalanya dan itulah mengapa sangat penting untuk Kita ketahui tanda tanda terkena sipilis untuk mencegah terjadinya berbagai macam kerusakan vital pada organ tubuh

Karena sipilis salah satu jenis penyakit menular seksual yang sangat berbahaya dan dapat mematikan penderitanya. Sehingga jika Anda aktif dalam hubungan seksual dan sering berganti-ganti pasangan seks maka harus mewaspadai penyakit kelamin ini karena mereka sangat berbahaya.

Baca Juga: Waspada Inilah Gejala Awal Sipilis Pada Pria dan Wanita

Penyakit sipilis ataupun biasa disebut dengan penyakit raja singa tentunya harus mendapatkan perhatian yang lebih karena dapat menyebabkan komplikasi yang serius dan penyakit ini bisa di alami oleh pria dan wanita yang aktif secara seksual.

Faktor yang Dapat Menyebabkan Seseorang Terinfeksi Sipilis

Tahukah Anda bahwa penyebab utama dari penyakit sipilis adalah adanya bakteri yang bernama Treponema pallidum yang merupakan salah satu jenis bakteri yang sangat mudah menular terutama melalui aktivitas seksual dan berikut di bawah ini adalah beberapa faktor penularan infeksi bakteri, yaitu:

- Hubungan Seksual Bebas
Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa infeksi ini sangat mudah menular melalui aktivitas hubungan seksual dan umumnya akan menular jika seseorang memiliki banyak pasangan seksual dan sering bergonta-ganti pasangan seksual, maka Anda sangat rentan untuk terinfeksi penyakit sipilis.

Selain itu bakteri ini dapat menyebar melalui hubungan seks vaginal, anal dan seks oral, bahkan dalam beberapa kasus juga menjelaskan bahwa infeksi ini dapat menular melalui kontak langsung dari luka (chancre).



- Melalui Cairan Pada Tubuh
Bakteri Treponema pallidum juga dapat menginfeksi seseorang melalui cairan tubuh, contohnya saja jika Anda menggunakan jarum suntik secara bersamaan dengan penderita sipilis maupun menggunakan jarum untuk membuat tato atau menggunakan obat-obatan terlarang maka kemungkinan besar bakteri bisa sangat mudah menyebar.

Baca Juga: 7 Bahaya Penyakit Kelamin, No 3 Sangat Mematikan

Sehingga pada intinya, sebaiknya Anda menghindari menggunakan peralatan seperti jamur suntik secara bersamaan dengan orang lain maupun dengan penderita sipilis.

Yang harus Anda ketahui adalah bahwa bakteri ini tidak dapat menular melalui peralatan yang digunakan secara bersamaan dengan penderita sipilis.

Peralatan ini seperti, peralatan makan, peralatan mandi, toilet dan kamar mandi, karena bakteri sipilis tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia.

Tanda Tanda Terkena Sipilis dan Bahayanya Bagi Kesehatan Manusia

 


Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penyakit sipilis merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang sangat sulit untuk diketahui gejalanya maupun gejalanya sangat ringan sehingga membuat seseorang tanpa sengaja telah menularkan kepada pasangan seksnya.

Namun, Penyakit ini umumnya memiliki 4 tahap sebelum menjadi kronis dan jika tidak diobati pada tahap awal, maka penyakit ini akan terus berlanjut hingga tahap akhir.

Inilah mengapa banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit sipilis dan berikut di bawah ini adalah beberapa tanda tanda terkena sipilis yang harus Anda ketahui diantaranya:

- Tahap Primer

Pada tahap primer maupun tahap awal sipilis biasanya akan muncul luka pada alat kelamin atau di sekitar mulut.

Luka ini disebut juga dengan chancre dan akan bertahan selama 1 hingga 2 bulan dan bisa sembuh dengan sendirinya meskipun tidak dilakukan pengobatan.

Sehingga jika Anda aktif secara seksual dan mengalami kondisi ini maka bisa jadi tanda tanda terkena sipilis sedang menyerang Anda.

- Tahap Sekunder

Di tahap sekunder maupun tahap kedua akan muncul ruam berwarna merah diseluruh tubuh, akan tetapi umumnya ruam ini lebih sering muncul pada telapak kaki dan tangan penderita sipilis.

Selain itu, penderita sipilis juga akan mengalami penurunan nafsu makan, demam, flu dan beberapa kasus dapat muncul kutil kelamin.

Tanda tanda terkena sipilis di tahap ini bisa bertahan selama 1 hingga 3 bulan dan gejala akan menghilang meski tidak dilakukan pengobatan.

Meskipun, tanda sipilis menghilang jika Anda tidak melakukan pengobatan di tahap awal dan tahap kedua, maka bakteri ini dapat menular ke pasangan Anda saat melakukan hubungan seksual dan secara tidak langsung Anda menularkan infeksi dan pasangan Anda berisiko untuk menderita penyakit ini.

- Tahap Laten
Pada tahap ini penderita sipilis tidak akan mengalami gejala apapun dan biasanya tidak ada tanda tanda terkena sipilis yang bisa ditemukan di tahap ini. Namun, bakteri sipilis masih berada di tubuh penderita dan berisiko untuk menular saat berhubungan seksual.

- Tahap Tersier

Tahap selanjutnya adalah tersier atau tahap akhir dari penyakit sipilis dan jika tidak diobati di tahap sebelumnya, maka penderita akan mengalami banyak kerusakan pada organ penting di tubuhnya sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Diketahui bahwa hal ini disebabkan oleh bakteri yang sudah menyebar dan menginfeksi kesehatan penderita. Bahkan dalam beberapa kasus penderita sipilis juga bisa kehilangan nyawanya karena komplikasi dan kerusakan pada organ tubuh.

Dan kerusakan tersebut akan meliputi kerusakan pada sistem saraf, kerusakan otak, kerusakan jantung bahkan penderita akan mengalami kematian jika tidak segera mendapatkan penanganan dari medis.

Sehingga wajib untuk kita ketahuilah bahwa tanda tanda terkena sipilis sulit untuk dikenali dan sebaiknya Anda segera melakukan pencegahan di awal mengalami gejala untuk menghindari terjadinya komplikasi dan kerusakan yang tidak di inginkan.


Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Mengalami Tanda Tanda Terkena Sipilis?


Jika Anda aktif secara seksual dan sering berganti pasangan seks dan merasa memiliki salah satu tanda tanda terkena sipilis maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah untuk segera berkonsultasi dengan tim medis Kami di Klinik Utama Gracia.

Selain itu ada baiknya Anda untuk tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu karena hal tersebut untuk mencegah menyebarkan infeksi dan hal selanjutnya jika Anda mengalami tanda maupun gejala adalah jangan panik dan segera hubungi dokter spesialis penyakit kelamin.

Dan biasanya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan dan memberikan tindakan pengobatan yang sesuai dengan tingkat keparahan sipilis yang diderita oleh pasien

Nah, itulah beberapa tanda tanda terkena sipilis yang bisa Anda jadikan sebagai informasi untuk mencegah adanya penyakit berbahaya ini dan ada baiknya untuk menghindari semua faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit sipilis.

Apabila Anda membutuhkan bantuan pemeriksaan dan pengobatan penyakit sipilis maka silahkan melakukan konsultasi dengan tim medis Klinik Utama Gracia melalui layanan konsultasi online dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.